Bagaimana menurut bunda?

Bun saya mau bertanya, saya bingung banget harus ambil keputusan apa. Barangkali disini ada nakes, atau ada yg faham prosedur rumah sakit, atau ada yg pernah mengalami hal serupa begitu. Jadi adik saya semalam jam setengah 2 masuk igd dg keluhan kepala dn dada sakit hebat, badan panas, badan sakit semua. Sebelumnya sudah berobat, tdk ada perubahan samsek. Diurut juga sudah, tp tdk ilang sakit badan nya. Akhirnya memutuskan ke igd, sudah ditangani dokter, sudah dapat kamar juga. Ternyata diagnosa dbd. Tapi masih belum ada perubahan, padahal sdh masuk obat beberapa kali. Malah kali ini badan panas tinggi, menggigil sampe bed ikutan goyang, udah pake 4 selimut tetap terasa dingin katanya. Dia nangis terus, minta pulang aja katanya enggak kuat. Mau pulang aja mau pulang. Ibu saya yg ngejagain jadi ikutan sedih dan nangis. Adik saya nangis, ibu saya nangis. Saya sendiri ga bisa gantiin krna punya bayi. Pertanyaan saya apa pindah rs atau gmna ya? Atau terus aja kasih tau perawatnya tentang keluhan. Takut bgt dibilang bawel, secara kami hanya pasien bpjs kis kls 3. Apa obat kelas 1 dan kelas 3 beda ya bun obatnya? Dlu saya sempat tipes dirawat dikelas 1 baru diinfus udh terasa perubahan nya. Pas adik saya ini ko kaya enggak mempan ya obatnya. Apa emg dbd separah itu ya bun? Tlong bun ya bantuan jawab keresahan saya. Saya harus gmn?. #SeriusTanya #SeriusTanya #SeriusTanya

25 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

itu telat penangan,adek nya telat dirawat jadi semakin sini semakin menjadi sakit nya dbd itu ada fase fase nya kalau telat penanganan ya lama juga perawatan nya kan setiap hari di cek dokter, jelasin atau tanya aja semua nya sama dokter nya gapapa dikatain bawel juga yg penting puas dalam bertanya catat yg mau di tanyakan sama dokter nya biar ga lupa soalnya dokter cuman datang sehari 1x biasanya yg jaga harus banyak nanya kalau misal di cek darah udh keluar hasil nya tanya, bagus ga hasil nya biar bisa tau ada perubahan atau ngga lain kali kalau sakit 3 hari belum sembuh walau sudah berobat langsung ke igd ya bunda jangan di nanti nanti apalg dbd tuh mengancam nyawa beda sama tipes tipes di akibatkan oleh bakteri ada obat nya antibiotik bisa langsung mati bakteri nya kalau dbd itu virus jadi daya tahan tubuh nya yg harus matiin si virus, perawatan rumah sakit untuk membantu aja menunjang perjuangan si imun untuk bunuh virus nya

Baca lagi
1mo ago

Iya bun, kami sangat khawatir. si adek bner bner enggak masuk makan bun, dimuntahin trs. minum dikit pun muntah. kami udh minta dia buat semangat, buat lawan sakitnya. sampe trombositnya turun bun, khawatir sekali.

demam hari ke brpa bun ini? takutny sudah trlmbat penanganan jdi sampe menggigil hebat anakny. setau saya kalau dbd emg begitu bun, saat demam tinggi kepala sakit sprti ditusuk tusuk. saat demam turun badan menggigil dan pasti terasa sakit sekujur tubuh makany sprti itu. dbd sbnerny ga ada obatny bun krna yg menyerang itu virus, obat2 yg diberikan untk menunjang aja spya gejalany berkurang, sprti saat demam diberikan obat demam, diberikan antibiotik juga spya ga trjadi infeksi tmbahan oleh bakteri, kalau saat sakit badan diberikan obat antinyeri, diinfus juga spya tidak kekurangan cairan. yg bahaya itu ketika penangananny terlambat, misalkan baru 5-7 hari baru dibawa ke rs. pdhal kalau di hari ke 3 atau 4 demam sudah dirawat akan segera tertangani. semoga lekas sehat yaaa

Baca lagi
1mo ago

aamiin 🤲

Halo saya bantu jawab berdasar pengalaman suami saya dgn kasus DBD berat krn sampai muntah darah dan penumpukan cairan di perut. Gejalanya emg seberat itu, suami saya demam hampir 40 derajat tidak turun2 dlm 2 hari pdhal segala obat dan suntikan sudah masuk lewat infus. Selalu menggigil pdhal AC uda dimatikan, jaket dan selimut berlapis. Tp setelah lewat 2 hari semua mulai membaik. Demam perlahan turun tp trombosit msi terjun bebas. Setelah hari ke 6(hitungan dr awal demam) trombosit baru mulai naik. kalau ada keluhan ga usa sungkan utk menghubungi perawat. Sbg informasi tambahan suami saya ga pakai bpjs tp ada kerjasama antara kantor dan RS tempat di rawat. Semoga adiknya cepat sembuh yaa 🙏🏻

Baca lagi
1mo ago

iya bun sama persi itu kaya adek saya, aamiin ya allah, semoga adik saya bisa melalui masa masa ini. makasih ya bun 🙏

ngomong aja ke perawat yang jaga bund , anaknya ada keluhan apa aja di sampaikan langsung. soalnya setahu aku dokter itu bakalan visit / kunjung cuma 1x dan itu gak tentu waktunya entah pagi - siang - sore - malam. anakku kemarin habis di ranap juga di RS ,pake BPJS kls 2 itu juga perawat setiap hari cek dan nanyain keluhan tiap pergantian shift. dokter biasanya datang sore / malam. soalnya pas masih pada cuti , itu aja dokter umum bukan dokter anak spesialis. ohiya bunda jangan pulang dulu , itu kemungkinan masih tanda masuk masa kritis bisa bahaya kalo langsung pulang. harus cek laborat dulu liat trombositnya , kalo udah naik biasanya baru boleh pulang dari RS.

Baca lagi
1mo ago

usahakan anak itu tetap masuk makan minum bund , kasih jus jambu bisa juga

langsung tanya ke bagian suster jaga aja bun.... obat bpjs sama aja....kelas berapapun setahu saya ini masalahnya adik bunda telat penanganan apa gimana? soalnya kalo telat penanganan kegawat darutanya beda saya dulu oas kena dbd hampir telat karna dah sampe pendarahan ringan, tapi cepet pulih. sedang temen saya benr telat, kata dia udah gak tau antara sadar dan enggak, sma menggigil pokoknya udah gak tau selamet ato nggak..... dia pulih agak lama bun, sedang bed sebelahnya meninggal, sama sama dbd bun..... terus dipantau bun, kalo ada dirasa darurat langsung ke ruang suster jaga

Baca lagi
1mo ago

diajak ngomong terus adeknya jangan sampe tidur lama....klo adeknya tertidur, bentar² dibangunin dan suruh minum

Saya pernah dbd di usia 30th..memang begitu rasanya bu. Badan dari ujung rambut sampe kaki rasanya sakit,ngilu. Tiap malam menggigil,kepala seperti dipukul2. Sayapun nangis kalo pas kumat begitu. Seingat saya, per berapa jam sekali disuntikan paracet dosis tinggi lewat infus dan itu rasanya ya Allah 🥲 Pas obatnya masuk,sebadan rasanya kayak disilet tapi setelah itu langsung mendingan. Nahh, pas mendingan ini saya langsung minta makan minum mumpung badan enakkan soalnya pas kumat udah g bisa ngapa2in. Saya opname seminggu,recovery hampir 2 bulan sampe bener2 fit.

Baca lagi
1mo ago

Iya bun, adek saya tdk masuk makan/minum, minum mungkin masuk dikit. soalnya dimuntah trs. sampe bkin trombositnya turun. itu yg bkin khawatir, fikiran enggak karuan 🥺

Kalau belum ada perubahan langsung konsultasi ulang ke dokternya bun, bukannya bawel tp memang kan makin menjadi². Sy pun kalo merasa gak ada perubahan bakal selalu ngomong akhirnya sy dapat tambahan tes² pemeriksaan lg sampai dapat penyakitnya jelasnya apa. Misal RS tsb gak tanggung jg akan dirujuk ke RS yg lebih lengkap fasilitasnya. Intinya jgn diam aja takut dibilang bawel. Utk pelayanan bpjs kelas berapapun di daerah sy sama aja bun. Dbd memang parah bun kalo terlambat penanganannya.

Baca lagi
1mo ago

Baik bun, makasih banyak ya bun sudah jwab pertanyaan saya 🙏. minta doanya agar adik saya segera pulih kembali

DBD emg gitu bu, menggigil pastinya. kuncinya emg Harus sabar. gabisa kita buru2 pindah, soalnya manifestasi DBD itu sampe hari ke 4 atau lebih trombosit Harus naik, nanti kan di cek tiap hari. kalo berangsur membaik ya berarti kondisinya bagus. jgn takut kasih tau adeknya, semangat banyak in minum, sari kurma atau jus jambu merah. itu membantu menaikan trombosit. bahaya bgt DBD ini kalo uda parah amit2 nih nyerang nyawa. semoga adeknya lekas sembuh ya bun. aamiin ya

Baca lagi
1mo ago

kalo dari RS sih kayaknya gaboleh yaa. cm sembunyi2 aja sih bun klo trombosit uda naik Walo dikit. kejar biar makin cepet membaik. sari kurma, pocari gpp kok. soalnya penanganan dari RS emg sesuai prosedur sih gitu. nanti Harus dari antibody org itu sendiri yg membaik, kasih tau adeknya semangat terus buat sembuh.

dadah bs mengancam nyawa bun,sepupu sy ada bgitu soalnya,tp jangan terlalu khawatir ya,dan ttp ikuti anjuran dokternya ya bun,jangan pulang dlu kalau kondisinya bgitu,kalau mau ganti rs silahkan tanyakan ke rs nya gimana prosedurnya,cb tanyakan apa bs dirujuk ke rs yg lbh besar krn kondisi adiknya seperti itu,gpp bun lapor terus kondisi adiknya,gpp dibilang rewel juga namanya jg kondisi adiknya mengkhawatirkan kan

Baca lagi
1mo ago

amiin bunda semoga bs segera pulih adiknya ya

Bun mau kasih saran, cari madu sari angkak untuk menaikkan trombosit bun, dulu suami mnum jus jambu bnyak sekali trombosit ny hanya naik sdikit, setelah mnum madu sari angkak lngsung deh naik banyak banget, tapi dbd memang bgtu harus melewati masa kritis demam menggigil it bun, dlu suami sampai menggigil keringetan, sprei bed rs aj smpai bener” basah, semangat ya smoga adek lekas sembuh

Baca lagi
1mo ago

ohiya bun, makasih ya. nanti saya coba cari di toko madu