MPASI

Bun mau tanya kalau menu MPASI 6 bulan boleh pake telur engga? Katanya kalau pakai telur bisa menyebabkan alergi. Terus ada yg blg juga boleh pake msg sama garam sdkt untuk perasa. Apakah boleh bun?

24 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

klo yg saya tau ya bund, dicoba kuning telurnya dulu untuk bayi di bawah usia satu tahun. pemberiannya bisa beberapa hari berturut2 agar terlihat apa ada efek alergi pada bayi bunda. selama mencoba, biarkan dikasih lauknya kuning telur itu dl, krn lebih memudahkan bunda untuk liat efek alergi ada atau tdk setelah konsumsi kuning telur ini. kalau garam dan penyedap lainnya, jangan dulu bund. lidah bayi masih sgt sensitif, buat bayi yg memang blm pernah nyicipi makanan berbumbu, bubur gandum tanpa bumbu misalnya, udh terasa nikmat bagi bayi .. bisa ditambahkan buah pisang / daging buah kurma untuk makanan sayuran biar wangi bisa pakai daun bawang sedikit sj lalu ikut dihaluskan.

Baca lagi

Bunda atau ayah ada riwayat alergi telur? ga cuma telur yg bisa jd penyebab alergi, kalo mau tau ada alergi atau ga ya dicobakan bun atau tes alergi. Sumber protein itu berpotensi menjadi alergen. Kalo tanpa tes alergi mudahnya dicobakan kepada baby. Lihat reaksi tubuh, kalo memang dia bereaksi ya tgl dua pilihan, dihindari dan dilanjutkan supaya anak membentuk "antibodi" Tp yg dilanjutkan ini jg perlu dilihat tingkat alerginya seberapa berat..cmiiw Kalo gulgar sebaiknya diberikan saat baby di atas 1 tahun. MSG no, BIG NO.

Baca lagi

Klau saya dlu bun tanya slu ke dojter anak saya apa boleh. Saya pake menu tunggal dulu bun selama 1 minggu, jadi waktu itu saya cobain kuning tekurnya saja sedikit2 sambil di liht reaksinya. Ika tidak reaksi besoknya d coba putihnya saja, trus kalau g alergi baru kuning dan putihnya. Jadi sebaiknya tanya dokternya adek bun boleh ap nggak. Kalau di beri garam jangan duku bun katena kasihan kerja hati adek jadi berat. Saya beri garam itu waktu usia anak saya 8 bulan.

Baca lagi

Boleh semua bun.. kalo belum dicoba mana tw alergi.. anakku jg kukasi smua bun walaupun kata org gk boleh karna ABCD tp kukasiin aja asal dokter bilang oke.. dan skrg anaknya ternyata gk ada alergi makanan sm skali alhamdulillah Kalo garam boleh bun asal disesuaikan sm umur ya kadarnya.. untuk msg bisa diganti gula aja

Baca lagi

Kalau alergi telur seharusnya udh terdeteksi ketika masa menyusui bund. Kalau unk msg sebaiknya jng dulu deh. Pembuatan mpasinya unk aromatik bisa ditambah bawang putih, daun salam, bawang merah, serta sekarang juga ada keju bisa ditambahkan juga. Dari protein hewani juga udh berasa enak kok

VIP Member

Telur justru bagus Bun, makanan yg menimbulkan alergi harus di kenalkan lebih cepat . Terus mengenai garam + msg sebaiknya jangan dulu Bun, untuk asin bunda bisa mengganti nya dengan kaldu buatan sendiri atau keju, margarin atau santan.

telur dicoba dlu kuningnya lalu putihnya, kalau aman dan ga alergi boleh diteruskan, garam kalau saya usia 8 bln keatas krn baby sudah pemilih rasa, kalau msg big no, nanti usia 1 th saya tambahin gula, kalau bs ga perlu kasih msg..

Boleh bun, pake aja, kalo emg alergi telur tinggal distop. Kalau ga dikasih ga akan tau apa bener alergi atau nggak. Kasus alergi ga sering kok. Garam sm MSG jg boleh, sedikit aja sampai terasa pas rasanya.

Baca dari ig dr. Citra Amelinda, Sp.A justru makanan yg berpotensi menimbulkan alergi sebaiknya dikenalkan lebih cepat ke anak, jd lebih sedikit ngasi respon alerginya kalo sejak dini.

Makasih ya bunda2 infonya kebanyakan yg respon boleh pake gula dan garam. Alhamdulillah ga ada alergi telur anaknya, saya sama suami jg ga ada alergi. Makasih bnyk ya bun πŸ™