ASI

Bun, kemaren kan saya bawa si dede ke Dokter Anak. Soal BB dede yang susah naik. Dede ku kan dah 3bulan sekarang BB nya 4kg, kata dokter nya masih normal . Trs pas di teliti kata dokter nya, saya nya kurang darah jadi ASI nyalur ke dede juga sama ikutan si dede jg kurang darah kata nya makanya si dede BB nya susah naik. Suruh tambah darah saya sama anak saya nya tapi berhubung keuangan rada sulit biaya nya jg mahal jadi terpaksa nanti klo dh ada rezeki, tanya ke dokter cocok pake sufor apa katanya gaboleh pake sufor ASI aja ntar takutnya si dede gemuk tapi malah alergi sakit2an trs. Dilemaaa bngt ini bun, kepikiran trs kudu gimanah yaaa? ?

18 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

"diteliti" disini sudah pemeriksaan lab Bun? Btw, saya kok ragu ya sama yang dikatakan dokternya. Sependek pengetahuan saya, jika Ibu mengalami anemia nanti pengaruhnya ke persediaan ASI dan LDR. Selengkapnya https://aimi-asi.org/layanan/lihat/diet-sambil-menyusui Dari AIMI : TANYA: Apakah semua bayi rentan mengalami Anemia Defisiensi Besi (ADB)? JAWAB: Ada beberapa kategori bayi yang rentan anemia, misalnya bayi yang lahir dari ibu yang juga anemia saat hamil, bayi yang lahir prematur, atau bayi yg lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR). Bayi yang lahir prematur biasanya cenderung anemia karena dia belum sempat menumpuk zat besi saat dalam kandungan yang cukup utk stoknya di bulan-bulan pertama kehidupannya. Sementara ibu yang mengalami anemia saat kehamilan, biasanya berpeluang melahirkan bayi dengam berat badan di bawah normal dan bayinya juga memiliki cadangan zat besi yang lebih rendah. Ibu yang mengalami diabetes juga akan melahirkan bayi yang memiliki cadangan zat besi yang lebih rendah dalam tubuhnya (admin) Lalu tambah ragu juga 3 bulan BB 4 kg dibilang normal sama dokter padahal itu di garis merah loh. Sebaiknya segera ganti dokter Bun biar segera dicari akar permasalahannya. Biar segera diperiksa dedeknya...

Baca lagi
4y ago

Ada banyak sebabnya bund.. bisa karena ada pendarahan dalam yg gak disadari, atau kurang asupan makan, atau kecapekan atau kaya saya genetik. Ada ambeien gak bund? Kl HB nya 8 biasanya disarankan transfusi biar cepet stabil. Tp kl masih diatas 8 bisa dikasih vitamin dan asupan makanan aja.

Kok aku curiga dokternya sihh 1. Kalo di kms 3bulan 4kg itu ada di garis merah loh, tapi kok dia masih bilang normal, harusnya dsa nge plot ada di kurva mana . 2. Kalo emng asi bunda kurang, kenapa gak di bolehin pake sufor malah bilang kegemukan nanti sakit2an? Baru tau ada dsa yg gini, biasanya kalo emng asi kurang dan bikin bb seret dr ngerekomendasiin sufor. 3. Di teliti, apakah di teliti ini sudah melakukan cek lab? Brp hb bunda dan dd?

Baca lagi
4y ago

Bunda TS : konsul ahli gizi di puskesmas gratis

Tambah darah itu transfusi darah maksudnya? Kok gampang banget suruh transfusi.. transfusi itu ada efek nya loh buat tubuh. Kl masih bisa dikejar sama vitamin dan asupan makanan,.. mending dr situ aja. Kecuali bunda punya penyakit kelainan darah yg cuma bisa naik kl pake transfusi atau emang sudah urgent menyangkut nyawa.. baru transfusi.

Baca lagi
4y ago

Bunda Uchi dan Bunda Nessi : memang disuruh transfusi darah kok Bun. Coba cek komentar Bunda TS di komentar saya

Bunda mending cari DSA lain yg concern masalah pertumbuhan anak.. saya ngalamin .. 2 DSA bilang bb anak saya masih wajar padahal masih d garis merah.. akhirnya cari DSA lain yg emang benar2 recomend yg cerewet lah istilahnya masalah tumbuh kembang anak.

Kalau memang bunda kurang darah coba banyakin makan makanan penambah zat besi plus susu juga bun.. Kalau ga bunda minum vitamin penambah darah yg disarankan dokter atau bidannya..

VIP Member

Kalo aku dulu juga kurang darah bun sama dokternya dikasih vitamin penambah darah sama disuruh banyak makan sayur2an terus sama ibuku direbusin kacang hijau juga tiap hari

gak minum vitamin Tablet tambah darah aja bun? dan makan2an tnggi proHe, sayuran hijau, kurma buah2an gitu aja dl bun. Kurang darah karen Hb nya rendah kan?

4y ago

Oh gitu yaudaaaah bun klo memang khawatir kenapa2 ya transfusi aja gapapa tp ttp minum2 vitamin dan bunda nya jg makan2an bergizi biar gak kejadian lg

Makan ati alpukat kurma bun buat bantu nambah darah Turban, jilbab, headwrap anak bunda... IG @syafababy.kids 😉 https://www.instagram.com/syafababy.kids/

Baca lagi

Kalo memang asi tidak bisa mencukupi lebih baik sufor atau donor asi bunda.. Jangan sampai bb baby dibawah garis merah.. Cegah stunting itu penting..

4y ago

Donor asi harus berhati2 tpi bun, harus di screening bener2 soalnya ada beberapa penyakit yg bisa menular dri asi kayak aids dan hepatitis. Dulu rs saya meskipun pro asi tpi tidak menyarankan donor asi meskipun itu sodara sendiri

Cari makanan yg bisa meningkatkan tp masih trjangkau harganya aja bun.. Atau Dokternya ga ngasih obat/vitamin gitu kah?