Periksa ke SPOG di masa pandemi

Bun ada pengalaman periksa dokter kandungan pas pandemi ? Apa di smua tmpt periksa gini ya ? ternyata kalo ada salah satu gejala mirip covid misal batuk ringan, suhu normal tanpa flu dan pilek itu ga boleh masuk ke tmpt SPOG ? malah disuruh ke dokter umum dulu? Gmn ya kok baper sih saling lempar gini, termasuk d klinik tmpt saya periksa juga ga ada layanan online, jadi pas di WA ttp dilempar harus ke dokter umum, ada pengalaman yang sama ? Edit : makasih ya mom semua, yang digarisbawahi saya adalah tdk apa2 tdk boleh masuk (aturannya tdk tertulis jelas di klinik tsb), tp baper saja ketika dilempar ke dokter umum dan klinik tidk menyediakan cara lain untuk ttp berkomunikasi ke dokter. Apa semua klinik gt ?

27 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

biasanya setiap faskes ada peraturan dan protokol kesehatan masing2 mama ๐Ÿค— mungkin peraturan di klinik demikian karna setiap yg berkunjung pada poli rawat jalan umum nya tidak rapid / swab PCR dahulu. jadi skriningnya dengan dokter umum untuk antisipasi bila ada yang dinyatakan suspek. btw kmrn saat terakhir kontrol di puskemas sebelum lahiran di RS, salah Satu bumil yang di skrining di depan sebelum masuk ruang periksa mengaku sudah demam 4 hari (kebetulan dia sudah lebih dari HPL) saat itu juga tidak masuk ruang periksa dan langsung diarahkan ke dokter umum dulu mama. dan saat saya ke bagian kasir rujuk untuk RS suaminya juga ikut taruh surat rujuk ke RS. ternyata istrinya positif covid. ๐Ÿค— saling menjaga saja mama sayang. mereka tidak bermaksud menyinggung ๐Ÿค— semangat ya ๐Ÿค—

Baca lagi
3y ago

sama2 mam ๐Ÿค—

VIP Member

Iya mom atau dihimbau ga datang dulu sampe sembuh. Aku awalnya jg baper, tp coba sebelum baper kita koreksi dulu apa yang terjadi mom. Mengingat yang dibutuhkan untuk hidup oleh keluarganya dan berharga adalah semua orang. Udah banyak banget nakes yang meninggal. Dan SpOG kan tempat ibu hamil yang rentan. dimana kalau ternyata mom + bisa bikin berapa banyak bumil yg + juga? Aku awalnya sebel banget jg, tersinggung dsb. Tapi kalau mom sebagai pihak yg sehat trs jadi + gara2 cek ke SpOG, apa mom ga sedih? tempt yg seharusnya bikin mom merasa lebih baik karena bisa tau kondisi dede, malah membuat mom sakit. Yok jangan baper yok. namanya jg bumil dikit2 sensitif.

Baca lagi
3y ago

saya tgl 18 juli kmren Usg di RS dan kebetulan memang saya lgi batuk pilek dan tenggorokan sakit,jdi udah beberapa RS saya datengin dan peraturannya sama klo ada gejala2 tsb harus swab dlu..alhasil y saya swab dri pda mondar mandir tpi prosedurnya sama... tpi alhamdulillah hasilnya negatif cuma batuk pilek biasa

semua aturan diterapin buat kenyamanan bersama ya bun,jadi misal saya balik pertanyaannya,sebelum bunda kesana dr obgyn sudah bertemu dengan ratusan pasien lain,jika tidak diberlakukan seperti itu apa bunda yakin pulang dari rs bunda tidak terpapar virus? kenapa ke umum? karena obgyn itu jauh lebih sensitif bun,ibu hamil itu imunnya kurang baik. Jangan difikirin dampak negatifnya tapi apa positifnya buat kita. Yang penting kan kita berangkat dan kembali pulang dalam kondisi yang sehat.

Baca lagi
3y ago

sehat selalu bun๐Ÿ™

Puji Tuhan aku cek kehamilan d klinik mandiri dokter spog ga gitu bund prosedurnya...sebelum masuk ruang pemeriksaan usg d cek dulu sama asisten dokternya d tanya keluhan sgala macam, klo gada keluhan dan cuma mau kontrol hamil ya ga masalah ga sampe d suruh rapid test atau swab test dulu....Ga tau kalo kebijakan d daerahยฒ lain kemungkinan bedaยฒ. Yang penting tetap patuhi prokes, pake masker cuci tangan sebelum masuk klinik..sama d semprot desinfektan sama asisten dokternya.

Baca lagi
3y ago

Makasih moms sarannya

Tiap klinik beda aturannya bun. Saya dari awal hamil sampai skrg 34w selalu batuk pilek krn saya asma n sinus. Spog yg lama gak masalah dg itu. Baru minggu lalu saya pindah spog krn lahirannya beda kota. Trus disuruh antigen dlu. Sebel banget rasanya. Untungnya 3 hari sebelumnya saya sdh antigen n hasilnya negatif. Tapi sebelnya masih ada, mau ke dokter kok dipersulit.. Ya kali tiap konsul saya hrs antigen dlu ๐Ÿ˜…. Ini saya mau pindah spog aja..

Baca lagi
3y ago

Wah betul bun, saya dengar juga ada beberapa ibu hamil yang batul pilek disepanjang kehamilan, selain ribet juga ya tiap konsul mesti antigen juga biayanya yang cukup lumayan kalo setiap ke klinik mesti antigen. Bisa2 sama dengan biaya konsul dokter nya hehe smngt ya bunnn. Kalo saya alhmdulillah sdh sembuh batuk nya .

Di tempatku cukup ketat, wajib masker & face shield. Per minggu lalu harus menyertakan hasil tes antigen negatif minimal h-1 sebelum kontrol. Juga pada saat masuk di tes dulu disemprot bau2 an di tangan & kita harus tebak itu bau apa ๐Ÿ˜‚ Tapi jadi lebih nyaman sih baik bagi kami para pasien juga bagi dokter & perawat disana. Semoga keadaan bisa segera menjadi lebih baik ya..

Baca lagi
3y ago

Nah betul bun, makasih ya sarannya.. semoga smuanya sehatโ€ฆ amiin

ya emg gtu bund . saya aja yg priksa di puskes pk bpjs prosedur nya sama . kl ada gejala ya di lempar ke puskes umum , kl ga ada gejala ya lgsg priksa ke khusus priksa hamil ibu dan anak . puskes tmpat saya priksa dipisah gedung antara priksa ibu hamil sm priksa umum . jd alhamdulillah nyaman setiap kontrol ga penuh rame gabung org2 yg priksa sakit

Baca lagi
3y ago

Wah siappp makasih bunda

emang begitu bunda . setiap mau USG akubdaftar dulu by online dan disitu selalu dijelasin klo lg batuk pilek gak akan diterima . pernah saat aku lg nunggu dokter dateng ada calon pasien yg lg discreaning ditanya ada gejala pilek ,dya bilang ada pagi tp malamnya sudah mendingan yauda gabole masuk .trus calon pasien itu pulang deh

Baca lagi
3y ago

Betul bun, kan kalo dijelasin dulu sblm berangkat enak ya..

emang selama pandemi ini rata2 klinik SPOG protokolnya seperti itu kok, kalau ada keluhan demam, batuk, pilek, diare harus ke dokter umum/ penyakit dalam dulu. malahan di dokter langganan saya sejak pandemi ada kuota pendaftaran tiap harinya, daftar hari ini dapat kuotanya 4 hari lagi, kecuali kalau keadaan darurat ๐Ÿ˜Š

Baca lagi
3y ago

Makasih bunda pencerahannya .. sehat selalu

VIP Member

Alhamdulillah sih bund, aku di rs ngga digituin Tapi memang pasti ditanya sama suster ada gejala apa yg dirasa cm ngga dilempar2 ke dokter umum dulu. Karna kan kita ke obgyn buat kontrol dedek bayi.. tapi mungkin tiap rs/klinik punya prosedur yg berbeda ya bund..

3y ago

Iya bunda maksihh ya doanya, memang sdh smbuh ini flu nya hanya 3 hari, dengan istirahat dan jaga makanan dulu .