Anak 4 tahun diajak komunikasi ga nyambung

Anak saya usia 4 tahun Bun, tpi tumbuh kembangnya beda dengan anak seumurannya, kalau diajak bicara masih ga nyambung, kalau ditanyain ga pernah nyambung jwbnya, sedih rasanya.. Gmna caranya biar anak aku bisa nyambung kalau diajak ngobrol??

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

lbh baik konsul ya bun ke dsa .. cs saya dulu klo diajak bicara orang dewasa nyambung apapun nyambung giliran temen gak bun . makanya saya sangat sulit berteman .. krn yg saya ingat kebutuhan emosional saya saat kecil sangat sedikit sehingga apresiasi dr ortu sendiri kurang n saya suka bgt n nyaman bgt klo ngobrol sama orang diatas saya. tp ortu saya gak pernah membawa saya ke dsa hingga saya keterbatasan mengasah kemampuan saya baru menyadari saat dewasa. tp ya itu belum tanek bagi saya meluapkan emosional saat kecil. saya jadi suka merenung kadang lelet bgt. itu saat saya masih kecil. saya inget bgt gmn rasanya. dg bunda konsul ke dsa setidak nya bunda akan tahu penyebab nya n berharap bisa ada stimulasi khusus.

Baca lagi
3y ago

misal dsa kurang memuaskan untuk konsul bisa ke psikolog anak bun .. yg khusus untuk terapi buat anak mengingat pandemi kan di rs biasanya klinik tumbang terpisah n dsa bnyk yg menangani anak sakit juga cs kmrn saya vaksin sudah bnyk anak sakit yg diperiksakan ke rs biasa saya vaksin. bisa browsing dulu ya bun psikolog yg rekomended lalu review²nya misal emg ada masalah nanti bisa diberi solusi n stimulasi yg tepat kok bun. klo bisa penanganan anak lambat bicara, tidak nyambung, dll. biasa nya berbeda agar anak bisa belajar dg nyaman kadang bnyk anak yg angger masuk sekolah tp tidak melewati tahap screening preschool di psikolog secara mandiri. jadi kita selalu tau nya mengajari sama kyk anak lain. padahal belum tentu dg metode sama. makanya saya kurang jika pendidikan indonesia tidak melibatkan psikolog dlm screening sebelum masuk dunia sekolah. saya termasuk murid terbodoh bun sering dpt 0 dulu. guru nya sering marah krn saya gak bisa nulis jarang ngerjain PR n suka main. gak ada ket

coba ajak nyanyi2 bunda.. ajak sambung lagu, sebagian lirik bunda yang nyanyi trus minta anak lanjutin.. bisa juga ajak anak bermain tebak2an untuk melihat seberapa tanggap nya dia dgn instruksi kita. yg ringan2 aja bun. misal pakai poster bergambar hewan buah sayur. minta anak untuk menunjuk nama yg bunda sebut. kalo untuk poster hewan minta anak untuk cari hewan yg bunda sebut dan gmn suara nya.. saya rasa itu cara sederhana untuk stimulasi ketanggapan anak bun. kalo bunda khawatir banget bisa konsul ke DSA, biasanya dikasih saran untuk melakukan apa. sabar dan tetap semangat yaa bunda 🥰🤗

Baca lagi

apa biasa dikasih komunikasi 1arah(seperti hp, Tv dsb)? kl anak" yg dibiasakan berinteraksi dgn komunikasi 1 arah, biasa nya memang begitu. lebih baik dibawa ke tumbuh kembang ya bun, kl sekira nya sdh mengkhawatirkan. mungkin untuk sementara bisa dihentikan dulu komunikasi 1arah nya, dan bunda nya bisa lebih bawel lg dgn anak.

Baca lagi

itu biasanay sibuk dg dunianya sendiri bun,, jd kalo d ajak ngomong gak nyambung.. sama kayak aq dulu jd di pikirannya itu cuma film kartun, kalo d ajak ngomong gk pernah di perhatiin.. di stimulasi terus,, sering d ajak ngobrol, main bareng,, jgn di kasih hp, ataupun nonton tv..

Baca lagi
VIP Member

anak tetangga saya sama bun bahkan ngmng itu masih kaya anak baru belajar ngmng padahal udah 5 tahun, ditanya gak nyaut, diajak ngmng gak bisa respon akhirny di bawa ke dokter dan di terapy bun, coba cuz bawa ke dsa bun, biar tau masalahnya dimna semangat bun

maaf klo bunda tanya adek udh makan apa belum atau adek mau minum susu enggak jawabnya gimana bund.. klo dia jawab gag nyambung sm sekali baiknya bawa ke dsa.. biar di observasi lbh lanjut dgn ahlinya..

smaa bun keluhananya seperti aq. kdg anakq ditanyain org cuma cuek diem aja.malah ngedumel sendiri

VIP Member

Distimulasi terus, diajak ngobrol terus atau bisa ke dsa bun biar dicek tumbangnya.

VIP Member

sering-sering di ajak ngobrol Bun. anaknya gak usah di kasih hp/tv dulu.

VIP Member

udh telat bgt itu bu. segera ke DSA takutnya kenapa²

3y ago

telat mgkn iya bun.. anak kawan saya pun gitu, diajak ngobrol diem aja gak pedulian gitu.. suka gak nyambung. bisa jd krn anak sibuk dgn dunianya aja. anak kawan saya itu kalo sdh main dgn mainan nya fokus banget gak bisa diajak ngobrol, kalo ditanya jawab nya gak nyambung. tp lama2 dia mau kok ngomong, bisa di ajak ngobrol. alihkan perhatian nya dr benda2 yg buat dia terlalu fokus itu. skrg alhamdulillah sdh mau ngomong ngobrol trus main dgn kawan2 nya.. sebenernya peran kitalah yg terpenting disini.. kita juga jgn sibuk sendiri, sampe gak sadar kalo anak sdh 3tahun lebih gak bersuara..