Ank usia 1,9 bulan belum bisa berbicara banyak masih bahasa planet

Anak saya usia 1,9 bulan msh bisa mengucapkan mama. Papa bisa tapi gk sering lbh sering mama anknya aktv tp bahasanya blm banyak ap gpp.. Apa ntik dia bisa berkmbg sdri pdhl saya selalu ajak gbrol anaknsaya laki laki

19 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

teruntuk ibu2 cantik yang komen cuma gegara ts nulis 'bahasa planet', itu it's literally bahasa planet mak. bahasa baiknya 'Babbling'. apa itu babbling? search di google. babbling ini continuously biasanya karna over stimulus pada anak saat fase perkembangannya... biasanya gadget punya peran besar untuk terbentuknya babbling yang bahasa planet. pingin tau gak babbling atau bahasa planet itu gimana? share di youtube. ini bukan gak bisa bicara makk, bukan gak paham pembicaraan, bukannnnn... dia ngomong, tapi rapidly dan biasanya cepet intonasinya. ayo ya, women support woman. sekiranya gak bisa bantu mending jangan komen yang nylekit. bisa?

Baca lagi

anak pake gadget? handphone atau tv? stop ya mak. ajak anak stimulasi 'Grounding' bisa merangkak, injek2 rumput, nyeker gitu. terus tekstur makan gimana? tekstur makan itu memperngaruhi aspek oral motor mak buat perkembangan komunikasi... jangan sungkan buat konsul ke domter tumbuh kembang, sarannya mungkin akan dibawa terapi. semangat yaaa makkkk~ better late than never, and stop said 'anakku aktif' ya alhamdulillaah kalo aktif. tapi aktif bukan tolak ukur baby dengan perkembangan yang tepat yaa mak ?? semangat, warm regards Fisioterapi pediatri ?

Baca lagi
VIP Member

saya pernah posting pengalaman anak saya mam. cirinya, diagnosanya, pengalaman screening, terapi, biaya terapi tanpa bpjs, Dan link cara rujukan terapi dengan bpjs, cara termudah penanganan pertama untuk bantu anak belajar komunikasi. semoga bisa membantu mama ??? saya taruh link dibawah ya mama sayang ??? https://community.theasianparent.com/q/kadang_ada_terbesit_iri_melihat_kiri_kanan_depan_belakang_anak2_sebayanya_sudah_/3202409?d=android&ct=q&share=true

Baca lagi
VIP Member

rata2 malah komentar soal bahasa planet ya, tapi tidak memberikan solusi. buat ibuk ts tetep semangat ya, dan ya benar mungkin bisa pakai bahasa yang lebih baik di forum ini. sudah cukup ya yang komentar bahasa planet sudah 80% dari total 15komentar. sepertinya sudah cukup banyak dibaca sama ts. kalau terlalu banyak yang mengingatkan aku takut malah jadi berdampak negatif buat mbaknya.

Baca lagi
VIP Member

https://community.theasianparent.com/q/kadang_ada_terbesit_iri_melihat_kiri_kanan_depan_belakang_anak2_sebayanya_sudah_/3202409?d=android&ct=q&share=true mungkin tiap diajarin ngomong anaknya kurang fokus kayak anakku, walau anakku kosakata udah banyak sih, tapi dia tiap di ajak ngobrol jarang fokus. sekarang aku terapin beberapa tips itu dia jadi mau ngikutin aku ngomong apa.

Baca lagi
VIP Member

klo berkembang sendiri bisa jadi jika emg anak dibebasin main di luar sama temen² nya n terbiasa bersosialisasi. namun jika hape yg dia liat tiap hari tidak menjamin bun. lalu klo ngobrol usahakan sejajar dg anak n tatap mata anak. ajarkan jika berbicara menatap lawan bicara. biar anak perlahan meniru untuk melatih fokus. itu pengalaman saya saat mengajari bicara bun.

Baca lagi
VIP Member

Yah bu, kok saya miris baca kalimat "masih bahasa planet" . Berarti bunda dan ayahnya alien dong? Maaf maaf bun, saya blm punya anak jd gabisa kasih saran sebaiknya gmn. Saya cuma mau kasih masukan aja, biasakan gunakan bahasa yg baik bun agar anak juga bisa mencerna dan meniru yang baik baik.

Baca lagi
3y ago

Nah bunda dena, you got the point! ?

Sbnernya aku bingung dng pernyataan “tapi anaknya aktif kok..” Aktif bukan tolak ukur semua hal terhadap perkembangan anak. Bahkan anak dng kondisi tertentu jg bisa aktif. Anak cacingan jg bisa aktif. Saran sy,jika memang khawatir langsung ditanyakan ke dokter. Perbanyak stimulasi bun.

Baca lagi

stimulasi lagi bun, anak saya 18bulan. saya kalo stimulasi dia yang ulang2 kata katanya bun, biarkan otaknya merekam kosa kata terlebih dahulu. bisa bunda bantu lg dengan benda, misal nya 'boneka' bunda ksh tunjuk boneka gitu. ini cara ya ku ya bun, semoga bisa bunda terapkan jika berkenan

berkatalah/berucaplah dengan kata dan bahasa yg baik dan benar yaa bunda Rayyanka Mishab A ada kata lain kok untuk penyamaan arti "bahasa planet" saya miris bacanya.. ? . "Ank usia 1.9 bulan belum bisa berbicara banyak masih sulit untuk memahami ucapannya" enakkan bacanya ?

Baca lagi