Plus minus screen time?

Anak saya usia 11 bulan. Belum tertarik screen time. Orang tua saya nonton TV, anak saya asyik dengan mainan dan aktivitasnya sendiri. Saya dan suami lagi main HP, anak saya tidak tertarik main HP, paling direbut sebentar, habis itu dicampakkan. Pernah iseng coba kasih tonton YouTube ke anak saya, dia nggak betah, nggak tertarik, walau tayangannya full suara dan berwarna. Paling dilihat bentar aja, habis itu ya pergi. Sebenarnya screen time ini penting nggak sih bund? Dimulai sejak umur berapa? Apa plus minusnya bagi pertumbuhan anak?

21 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bagus dong anaknya ga tertarik karena untuk bayi dibawah 2thn tidak boleh screen time kecuali video call. Diatas 2thn jg masih dibatasi. Soalnya dibawah 2thn itu butuhnya komunikasi 2 arah supaya bayi bisa belajar berkomunikasi, sedangkan kalau dikasih tv atau hp itu komunikasi 1 arah. Dan screen time itu banyak menyebabkan anak sering tantrum, speech delay jg. Untuk media edukasi bisa tp untuk usia di atas 2 thn dan didampingi orang tua supaya anak lebih mengerti dengan ditambah penjelasan dr orang tua bukan lihat dan telan mentah2 yg dilihat.

Baca lagi

malah bagus Bu ga suka nonton YouTube. kan hp ada radiasi nya . apalagi tontonan d YouTube Uda GDA edukasi nya . Masi kecil Masi bs kita atur tontonan nya , klo anak dah makin besar dah nyaman sama gadget tar ke tonton yg ga berguna . kaya anak saya dulu suka nonton yg edukasi kaya bernyanyi, berhitung, nari kartun . pas dah mulai nyaman sm YouTube bisa ganti sndri malah bnyk tonton an ga edukasi

Baca lagi

malah bagus klo anak gak tertarik, terutama gadget, klo udh tertarik udah selesai bisa kecanduan dan susah lepas Bun. biar anak itu main mainan aja dan berimajinasi dengan mainannya dan bunda juga harus dukung sambil temani anak main, berimajinasi, kreatif gitu Bun. ntar aja saatnya dia tertarik tapi lebih baik tayangan tv aja, khusus anak2. jangan di gadget

Baca lagi

baiknya kalau anak belum lancar bicara jangan dikasih dulu deh. kalau anak ga suka dikasih screentime justru bagus, manfaatin kesempatan itu sama orangtuanya untuk mengasah kemampuan anak yang lain. kalau anak rebut hp kita habis itu ga dimainin lagi itu artinya dia mau main sama orangtuanya, dan ortunya harus peka langsung ajak anak bermain juga

Baca lagi

bun, usia segitu malah sebaikno NO SCREEN TIME. bun tau ya skrg anak2 kecil matanya udah pada minus. kalo anaknya gamau nonton itu malah buagus.. carilah aktivitas yg bs mensupport tumbuh kembang si kecil. bacakan dongeng, baca cerita.. screen time dini jg bs bikin anak telat bicara loh..

Baca lagi

Bagus banget buuun anaknya tertarik screentime dan sebaiknya gausah dikenalin buun soalnya klo anak uda kecnduan susah banget kyk keponakanku 2,5th kcnduan sm hp bun klo ga dikasih nangis tp klo dkash bsa berjam2 main hp terus dimarahin mamanyaa pdahal yg kenalin hp siapaaa.

Kalau menurut saya pribadi ga penting. Malah bagus kalau anak ga terlalu tertarik gadget dan malah sibuk main sendiri. Biarkan anak bermain utk mengeksplor diri dan lingkungan. Kalaupun mau memperkenalkan screen time lebih baik diawasi dan dibatasi waktunya.

VIP Member

justru bagus bun ga kenal screen time jd anak gak kecanduan hp. anakku jg kenal youtobe pas umurnya udh 1 th lebih itu jg aku batasin nntonnya di tv dan cuma saat makan aja krn anakku susah makannya maunya sambil nnton.

bunda kalo pas main hp sambil nanggepin anak main aja bun kaya lg bikin apa? itu ngapain. kalo g dikasi gadget dan tv pun ga masalah malah bagus. screentime justru dikasi pas anak kenal layar jd lgsg kasi aturan main

anak dibawah 2th memang blm boleh screen time mba, kecuali VC dgn keluarga jauh. kenapa malah mba nya risau? justru bagus itu anaknya gak kenal gadget. gadget bikin telat perkembangan loh.