Galau

ada yg galau habis lahiran mau dirumah ortu sendiri atau dirumah mertua gak? aku lagi galau bget bun .. udah masuk 8 bulan , pinginnya dirumah ortu sendiri .. tapi suamiku anak tunggal aku sungkan takut kalau mertua nanti tersinggung kalau aku dirumah ortuku .. deket bget sih rumahku sama rumah suami, satu gang cuman jarak berapa rumah aja sebenernya.. menurut bunda gimana ? dan gimana ya enak nya ngomong sama mertua kalau habis lahiran mau dirumah ortu dulu .. jangan dibuly ya bun , bingung saya ..

80 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya ngalamin ini ko. suami anak tunggal dan saya anak pertama. jd ini sama2 cucu pertama. rumah mertua dan rumah orangtua jg deket banget jaraknya. awalnya sempet berdebat sama suami, maunya 2 minggu saja di rumah orangtua saya. tapi ternyata saya lahir SC, jadi pemulihan lebih lama. saya maunya sampai cuti saya habis di rumah orangtua. skrg baru berjalan satu bulan di rumah orangtua. kasih pengertian ke suami, bagaimana pun lebih enak dan lebih nyaman di rumah orangtua sendiri. karena melahirkan bukan hanya anaknya yg butuh perawatan, tapi ibunya pun butuh perawatan juga pasca pemulihan. kalau di rumah mertua, sebaik2nya mertua pasti kita sungkan untuk minta tolong ini itu. komunikasikan saja dgn suami dan mertua, krn ibu2 melahirkan banyak yg pasca melahirkan tinggal dirumah orangtuanya sendiri.

Baca lagi
5y ago

iya bun , karna emaknya juga butuh pemulihan.. terimakasih banyak atas masukanya .. akan coba didiskusikan lagi sama suami..

saya ngerasain habis lahiran di mertua karena ngikutin apa kata paksu, lahiran ditempat mertua... padalah ortu saya sudah nyaranin, lahiran dirumah ortu aja tp paksu bersikeras... alhasil seminggu habis lahiran saya kena baby blues karena mertua terlalu banyak ngatur, sedangkan saya posisi habis lahiran gampang banget emosian dan cape luar biasa... sampe saya ribut sama paksu karena mertua terlalu ikut campur urusan kami... alhasil seminggu di rumah mertua saya tlpn ortu saya minta dijemput, langsung saat itu juga ortu saya jemput, bahagianya saya dirumah ortu, sampai saya nyesel kenapa gak di ortu aja kemarin...

Baca lagi
VIP Member

Suami anak tunggal, dan aku anak pertama yg nikah. Sekarang kondisi merantau jauh dari ortu, dari rantauan ke mertua 7jam naik kereta, kalo ke rumah ortu 4 jam aja. Awalnya emang disuruh di rumah mertua lahirannya. Tapi aku gak mau soalnya kalo di tempat mertua terpaksanya nanti di rsud 😰😰 itu rsud dah banyak kasus yg aneh2 kalo lahiran disana. Jadinya aku kekeuh gak mau di mertua, mending sendirian di rantauan. Gak enak si sama mertua tapi mau gimana lagi aku gak mau ambil resiko.

Baca lagi
5y ago

πŸ˜… aku pas punya adek bayi juga takut si bun kalo disuruh bantuin gendong bentar. Takut tar malah tak jatohin. πŸ˜­πŸ˜­πŸ˜‚ akibatnya sampe sekarang gak punya pengalaman sama sekali.

Sama bgt ky wkt aku dl , kami tetanggaan hanya beda bbrp rumah . Tp wkt itu saya ngotot mau tinggal di rmh ortu , wlaupun pd akhrny bnyk drama , mulai dr ibu mertua yg drama pura2 skt atau apa lah . Tp sy ga kuat berada di rmh bumern, cape , batin dll . Terlebih kk2 suami ku pun yg sudah berkeluarga tinggal di rmh bumer smw . Kebayang dong bund ga nyaman ny sprt apa . Hmm . Pilih yg ternyaman bund , jgn smp nnt mempengaruhi kesehatan bunda . Dl sy smp kena post partum sangking stress ny .

Baca lagi
4y ago

Begitu Bun, sabar. Semua ada balasannya kok Bun..percaya deh. Apa yg kita tanam maka itulah yg kita tuai

Suami maunya lahiran di daerahnya suami, bund. Apalagi bagi mertua cucu pertama. Kalau dari ortu cucu ke 4. Malahan ibu saya nyuruh lahiran di mertua aja biar mertuanya seneng. Alhamdulillaah ibu saya mau ngalahi tinggal di kontrakan sebulan. Saya dan suami ngontrak di sebelah rumah mertua. Jadi meskipun nggak di rumah sendiri masih ada ibu yg nemenin. Saudara2 dari ortu pun banyak yg jengukin ke kontrakan. Padahal jarak rumah sama kontrakan sekitar 3 jam.. Alhamdulillaah

Baca lagi

Sma bun, sya jga bingung kmren*. Orngtua kndung maksa saya harus lahiran drmh orngtua sya, pdahal suami sya kerjanya jauh klo harus drmh orngtua sya bun kasian aja sma suami klo sya tnggal . Smpe ibu saya nangis,, jdi sya sharing sma suami , alhamdulillah suami izinin cuma saya mkirin dia ntr makan nya gmna ga ada yg urusinπŸ˜‚. Klo mesti bolak balik jga terlalu bnyak pngeluaran, jdi yaa gtu bun sya drmh orngtua suami drmh kami sndrian. Tpi ga tau dh nnti pas lahiran gmna.

Baca lagi
5y ago

saya juga masih punya adek sekolah sd sama sma .. kan kalau bolak balik kasian ibuku juga , namanya orangtua pasti nda keberatan sih bolak balik buat anak , tapi akunya yg kasian bun ..

VIP Member

Sama sih bun, saya juga galau sebenernya pengen di rumah ortu sendiri. Tapi suami gamau karna ada tanggungan antar jemput bumer padahal ada bapak mertua juga sih samping itu suami anak tunggal. Entahlah urusan mereka selalu ribet dan gak bisa dipahamin. Kalau dirumah bumer takut gaada yang bantu soalnya kerja semua, ya kalo lahiran normal saya masih bisa atasi, kalo misalnya harus sc harus ada yang bantu. Cuma bisa mendem aja gatau harus gimana, pasrah aja dah

Baca lagi

Kalau saya bilang sama abinya, bahwa saya bissmillaah setelah lahiran mau dirumah sndiri. Keluarga saya jauh dan saya masih satu kota dg mertua, tp saya lebih memilih dirumah sndiri.. Repot pasti, tapi bagi saya kewarasan lebih penting dibanding dibantu tetapi dikelilingi oleh orang2 'toxic' Alhamdulillah suami ngerti Krn suami tau saya kurang akur dg orgtuanya. Intinya bicarakan baik-baik ya Bun, bilang seadanya tetapi dg kalimat yg tidak menyinggung suami.

Baca lagi
4y ago

Iyeees bismillah bund . Fase ini sdg saya jalani hmmm

VIP Member

Kalo pengalamanku mending dirumah ortu. Aku lahiran dlu dirumah mertua karena suami ga bsa cuti kerja dan aku lagi di sulawesi (kebetulan suami orang sulawesi), dan aku org lampung. Ditambah ipar masih tinggal bareng sm aku. Yah sebaik baiknya org tetep banyak minusnya. Jahitanku belum kering terpaksa aku nyuci dan ngapa2in sendiri. Kurang istirahat dan setres ngebatin sampe bikin asiku ga keluar sama sekali.

Baca lagi

Klo sya drumah ortu bun.klo drmah mertua itu ttp beda.sebaik2ya mertua ya ttp baik ortu kta.mau ngp2n gk sungkan.mw nyuruh ini itu.blm lgi ank rewel mlm hri.klo ortu sndiri psti bantuin.soalnya sya ngrsain bun.jauh beda lah mertua m ortu sndiri.dpikirin lgi bun.jgn ampk nyesel.klo sya sih berani ngmng m paksu.krn sya yg jalanin.bodo amat lah mertua mw omng apa

Baca lagi