Tria Permata Rati profile icon
PlatinumPlatinum

Tria Permata Rati, Indonesia

Anggota VIP

About Tria Permata Rati

Ibu dari 1 baby boy :)

Posts(18)
Replies(694)
Articles(0)

Perjalanan Menyusui

Bunda2 aku mau sharing cerita lika liku menyusui aku selama ini sampe dapet ASI sebanyak itu sbnrnya apa si tipsnya. Hmm.. oke aku cerita dr awal dulu ya bun.. Tepatnya tgl 16/08/19 saya melahirkan normal, setelah melahirkan Alhamdulillah ASIku udah keluar tapi masih tetes2 gitu. Seneng kan dengernya. Langsung deh aku susuin si dd, tp dd blm pinter nyusuin wktu itu jd nangis2 mulu. Awalnya aku mau ASIX, dengan Pedenya aku nyusuin dd asi wktu itu. Lalu usia dd 5 hari ada jadwal kontrol d RS, pas kontrol BB dd turun lebih dr 10% dari berat lahir (catatan : BB bayi di awal kelahiran turun kurang dr 10% dari berat lahir masih normal, tp kalo udh lebih ga baik ya bun, pasti ada sesuatu). Bayiku jg dehidrasi dan bdannya panas 37,7°C, Alhamdulillah sih ga kuning. Krena hal tsb pihak RS merekomendasikan harus di rawat krena dehidrasiny itu dan demam. Aku dan suami panik dong wktu itu, ga tega klo bayi sekecil itu baru lahir harus di infus. Aku tegas menolak rawat inap, karena aku paham betul bayiku ga knpa napa hanya kekurangan cairan ya cairan asi. Makannya bisa dehidrasi dan panas bdannya. Jadi ketika tubuh kekurangan cairan akan menyebabkan panas dan dehidrasi. (Kebetulan sayapun tenakes jg jd InsyAllah paham sedikit ttg ilmu kandungan dan anak). Setelah menolak ranap, pihak RS blg tidak tnggung jawab jika terjadi apa2. Dan harus gempur asi agar bayiku tdk dehidrasi dan panas. (Diagnosaku benar bahwa bayiku hanya kekurangan cairan). Mungkin anakku dehidrasi krena ASIku sedikit dan kurang sekali dan dd masih bljr nyusu. Aku bngun cari donor asi dmn? Apakah harus sufor? Sama sekali bun gda pilihan lain wktu itu, sesegera mungkin anakku harus terckupi keb cairannya agar tdak dehidrasi dan panas. Dengan ikhlas dan berat hati mau gamau saya memberikan anakku sufor untuk kasus tsb. Sbnrnya ga terpikirkan mau ngasih sufor, tp gpp aku gaboleh egois jd ibu , demi kebaikan anak akan dilakukan. Singkat cerita selang 2 minggu BB anakku naik kembali seperti berat lahir. Jadi selama sebulan lebih aku sambung sufor, dd ttap menyusui asi langsung dan sufor. Tapi tiba2 dd nangis trus klo di kasih sufor pake dot gamau, maunya nyusuin langsung. Yaudah dari usia anakku usia 1,5 bulanan lepas dot dan sufor. Bismillah aja lah nyusuin langsung pake ASI. . . Ehh iseng2 coba pumping awalnya dpet 60 ml, seneng dong yg biasanya dlu klo pumping cuma 10 ml bahkan tuk sampe 30 ml tuh ya Allah susah banget, sempet pesimis tp yaa gamau nyerah sih jalanin aja.. Terus tambah semangat aku tuk memperbnayak asi jdlah aku mencoba POWER PUMPING setiap subuh atau jam 2/3 pagi gitu. Alhamdulillah ASI terus meningkat: Hari ke 1 : 80 ml Hari ke 2 : 120 ml Hari ke 3 : 150 ml Hari ke 4 : 160 ml Tipsnya apa yaaa simple sih : - Lakukan hobi yg bikin seneng dan semangat misal suka dengerin musik ya setel dulu biar mood boster, atau yg lainnya - sering di susuin lama kelamaan asi bakal banyak dengan sendirinya - pumping buat nambah produksi asi - banyak minum air putih - jus buah apa aja - makan bergizi - jgn terlalu stress banget yaa, ya boleh sesekli tp jgn sering ? - yakin asiny cukup aja - klo mau nambah kualitas asi bs mnum susu menyusui kaya lactamond, anmum materna, dll/ blackmores, HOG Catatan dari aku : Gini ya bun.. booster asi itu sbnrnya ga begitu terlalu membntu memperbanyak ASI sepengalamanku. Tapi ASI muncul banyak dengan sendirinya dan seiring berjalannya waktu tp ya ttep di pancing dengan di susuin ke ddny, pumping, minum air putih yg banyak, makanna bergizi, dan pake booster asi boleh kok pling nambahnya lumayan tp ga banyak. Semangat terus buat pejuang ASI lainnya, buat yg sufor jg sama kalian ttaplah seorg ibu yg baik buat anak2nya :) Gda yg salah dengan seperti apa kita menyusukan anakknya. tapi memberikan ASI yang cukup adalah hal yg patut kita Syukuri ? Pasti masing2 ibu akan memberikan yg terbaik buat anak2nya kelak dengan appaun caranya.. ? #Semoga postingan saya bermanfaat dan tidak menyinggung siapapun ?

Read more
Perjalanan Menyusui
 profile icon
Write a reply