Debat sama ibu soal MPASI dini

Tetangga nya ibuku bayinya meninggal di umur 20 hari, kata dokter yang nanganin dia kena pembengkakan usus karna abis dikasih makan pisang sama nasi yg dialuskan. Aku debat sama ibuku soal ini katanya bayi ini meninggal kena sawan padahal udah jelas2 dokter yg bilang dia pembengkakan usus, malah ngatain dokter nya yg gatau apa2. Susah ngomong sama orang jadul katanya bilang 'kalo dia mati karna dikasih makan, semua bayi bakal mati krna dikasih makan, kamu aja dulu dikasih makan nyatanya msh idup sampe sekarang'. Aku bilang sm mamak ku kalo bayi jaman dulu sama sekarang beda dan kesehatan bayi beda2 jd gabisa disamakan. Dia ttp kekeh ngotot kalo bayi itu meninggal krn sawan bukan krna dikasih makan. Udah kayak gitu aja msh ngeyel. Sempet beberapa waktu lalu pas babyku ga eek selama 5 hari dia baru umur 2 bulan, disuruh kasih makan pepaya biar lancar pencernaannya, aku menolak dengan tegas kalo bayi baru boleh MPASI disaar usia 6 bulan, debat panjang lagi aku sama ibuku.

58 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

padahal sudah ada korban langsung di depan mata masih aja ngeyel. apa itu sawan? yg masuk akal dibantah, yg ga masuk akal diterima dan dianggap benar. edukasi ibu2 dulu itu sangat kurang mknya rata2 udh ngasih mkn bayi baru lahir. ga bisa disalahkan jg dgn kebiasaan lama sprti itu. tpi alangkah baiknya jika mereka gak banding2in anak sekarang sama yg dlu. mertua sy jg prnh cerita, klw dulu suami saya dikasih makan pisang kerok saat bayi, 3 bulan udh dikasih pisang rebus, tapi saat sy bilang, "iya mah, skrg itu dilarang krn bnyak kasus org yg kena usus buntu, magh dan penyakit pencernaan lain" mamah mertua manggut2 padahal sy cuma ngarang. yg penting masuk logika aja. sya bilang lagi "dari dokter udh pesen klo anak mulai mkn usia 6 bulan". alhamdulillah mertua ga pernah ikut campur urusan anak saya, malah pas adik ipar lahiran di kampung beliau malang ngingetin klo nnti jgn ksih bayi mkn sblm 6 bln. rasanya pengen sy peluk mertua saya detik itu jg, tapi malu lagi rame waktu nengokin adik ipar lahiran. rata2 ibu2 jaman dlu memang kurang parenting bukan brrti merka ga nerima masukan, kalo yg ngeyel mah ya berrti ngerasa udh paling senior dan susah dikritik.

Baca lagi
VIP Member

harus bener2 tegas jangan dikasih kendor. kalo ibuku yg bilang "itu karna sawan" pasti langsung aku jawab "gundul mu kena sawan jangan kolot lah". itu kalo saya ke ibu saya😁. tp ibu saya pikirannya modern. dia sllu bilang "jangan dikasih makan kalo blum 6bulan, jangan dikasih apa2 kecuali asi, jangan bodoh soal parenting anak". ibuku tuh yg bilang kayagtu. karna ibu ku suka baca2 parenting ttg bayi, liat2 reels ig tntg bayi. ibumu kan sperti itu pikirannya ya, berarti bunda harus extra hati2 takut anak nya disuapin nasi pake pisang. kalo saya ga bakal mau deketin anak saya ke nenek nya kalo pikirannya masih kolot kayagtu. mending saya jauhin daripada anak saya knapa2. mertua saya tuh masih kolot pikirannya, suka saya jawab2 aja kalo udh ngeluarin jurus mitos nya. malah saya ga mau anak saya terlalu deket sama mertua saya, karna pikirannya kolot kayagtu saya jadi ogah bnget liat nya.

Baca lagi
2mo ago

orang kolot mah ngerasa ilmu nya lebih banyak padahal mah sesat ilmu nya. bayi blum 6bulan udh makan pisang lah, udh makan nasi lah, dikasih ini lah itu lah. ga bakal saya mah deketin anak saya ke mertua saya. mending saya jauhin sekalian. ga ush ketemu, gausah gendong, dan ga usah main kerumah. semenjak mertua sering berpikiran kolot dan mitos, sering saya ketusin. bahkan ga saya kasih buat gendong anak saya. gendong juga asal2an. kepala nya ga dipegang tapi yg dipegang punggung nya, beuuhhhh marah2 dong saya. dari situ saya bilang ke suami " gausah lagi emak km gendong2 anak aku, gausah suruh2 kerumah, ngerepotin aja". udah sangking kesel nya. jadi ogah bnget ngeliat mertua yg modelannya bgtu.

wkwkw sama bun kaya mama ku juga gitu kadang kan si dede perutnya kaya bunyi gitu kaya bunyi laper gitu padahal mah bukan laper . ehh kata mama ku gitu . "tuh laper ka anak kamu, perutnya bunyi krucuk2" aku diem kan ehh dia bilang lagi "kalo orang dulu mah anaknya bunyi gini perutnya dikasih makan pisang ambon satu kenyang dah" aku dengan tegas ngomong "ma, beda ya anak jaman dulu sama jaman sekarang jadi jangan disamakan sama bayi2 dijaman mama" aku bilang gitu aja 🤭 kalo gak gitu yang ada anak ku udah dikasih aja kali . soalnya anak pertama ku dulu gitu itu tanpa sepengetahuan ku, karna dulu sempet kerja kan 🥺 jadi gaktau . ehh pas sampe rumah balik kerja dikasih tau "tadi anak kamu dikasih pisang" aku langsung nyeess, langsung fikiran . ehh bener kan besoknya eenya keras 🥺😩 ngaruh bun . jadi jangan sampe ya terpengaruh sama ortu/mertua buat kasih mpasi dini . kasian anaknya . gak tega .

Baca lagi

kenapa sih ya orangtua suka bandingin bayi sekarang sama bayi jamannya kalo aku sih jawabnya bayi jaman sekarang dari kandungan aja udah dikasih vitamin jadi gak perlu dikasih makan dulu tunggu ada waktunya 😊 kayak mertuaku banget 😂 main nyuruh dikasih makan alesannya biar nanti gedenya doyan makan gak masuk akal sih ya kelak juga kalo udah gede tau makanan enak ya pasti doyan makan lah 😂 kasusnya kayak anaknya mbakku termasuk ponakanku meninggal karena mpasi dini pas bayi dikasih pisang sama nasi padahal bayinya muntah pas dikasih makan tapi tetep dikasih terus sampe akhirnya sakit sakitan demam tinggi, kejang dan ya gitu keluar darah dari hidung sama mulut gak sampe sehari dirs bayi nya meninggal mbakku dimarahin sama dsa karena mpasi dini jaman dulu info mpasi dini gak segampang kayak sekarang pokoknya jadi ibu harus pinter harus giat cari ilmu jangan mau disesatkan

Baca lagi
TapFluencer

Orang dulu emang yaa, dikit-dikit sawan, dikit-dikit sawan🤦‍♀️ Aku sm suami tipe orangtua yang selalu membangkang orangtua sih apalagi kalau orangtua ngomongnya sawan mulu dan gak sesuai sama ilmu kedokteran. Kayak anakku abis aku ajak kajian ke masjid, pas pulang jadi nangis dan kagetan kata mamaku sawan terus efek pas bayi gak di gebrak (dulu pas baru lahir dia mau gebrak gitu tapi aku sama suami nolak marah-marah) padahal kalau aku baca dia overstimulating karena pas di masjid kan suaranya kenceng dan banyak orang jadi dia menyerap informasi terlalu banyak makanya overstimulating tapi tetep dibilang sawan. Hajar terus bun. Maju tak gentar pokoknya. Kita harus berani melawan demi kebaikan dan kesehatan anak kita juga. Kalau kasusnya kayak gitu yang nyesel nanti siapa? orangtuanya juga kan pastinya. Good job bun!

Baca lagi

Emang cape klo ngomong sama orang tua yang pemikiriannya jadul. Kata ibu aq pas aq masih bayi usia 7 hari udah dikashi pisang gegara ga kenyang kenyang ga kenapa-kenapa, bayi jaman sekarang mah beda ga kayak bayi jaman dulu. Terus aq bilang aja, untung saya ga mati pas masih bayi kalau saya mati pas masih bayi, ibu nyesel ga. Namanya bayi jaman sekarang jaman dulu sama aja sama-sama bayi. Dulu kan kematian bayi lebih banyak dibandingkan sekarang tapi ga terlalu diekspos aja. Orang bilang bayi meninggal kena sawan lah, diarelah, sakit demamlah, ga tau aja kalo tuh bayi abis dikasih makan, makannya nasi padang lagi hehehehhee..... Semenjak saya bilang begitu ke ibu saya, pemikiran dia jadi lebih terbuka

Baca lagi
2mo ago

Enak kalo ibunya msh bisa di edukasi, kalo udah ngeyel dan merasa pendapat nya bener itu bikin pusing kepala

😊 Tetangga mertua punya cucu usia sekitar 4 tahunan. Tapi perkembangannya nggak sesuai sama usianya. Dia nggak bisa duduk, nggak bisa ngomong, cuma bisa tengkurep sama bubling gitu ngomongnya. Awalnya lahir kondisinya normal. Trus katanya setelah 40 hari mulai diberi makan nasi atau pisang. nah setelah itu demam trus dibawa ke rumah sakit. pulang dr rumah sakit keadaannya jd nggak seperti itu. Dan tau nggak mereka malah nyalahin dokternya. katanya kurleb begini "nggak tau tu. semenjak sakit trus ke dokter koq si anak malah gak bisa apa2. salah penanganan kali". tepuk jidak saya mendengar komentar seperti itu. dari awal sudah salah mereka ngasih mpasi dini. Begitu ada apa apa koq nyalahin dokter.

Baca lagi

ini nih harusnya d desa nya harus ada penyuluhan khusus buat para nenek tentang perkembangan jaman soal ngurus anak biar ga pada ngeyel soalnya ini bahaya imbas nya nyawa anak loh... skrg bnyk para ibu yg ekonominya lg sulit mau pada kerja bantu suami tp pada takut titipin anaknya ke nenenya takut d kash yg macem2 sblm waktunya😢 soalnya liat sndri tetangga anak nya meninggal baru sebulan d kash nesle rasa burcang ijo sama nenek nya..malmnya itu anak meninggal sampe semua badannya udh ijo dong kasian bgt mana anak pertama dan inget yaah kata dokter juga bayi jaman dlu ga knpa2 itu FAKTOR BERUNTUNG YA BUN

Baca lagi

temen SMA saya kan punya temen bun nahh, dia itu punya anak baru 4bulan, anaknya udah dikasih makan chocolatos sama oreo. dari umur 2 bulan udah dikasih makan pisang, dikasih makan cerecal. pokoknya dari 2bulan, udah dijejelin makanan. katanya mau jadi ibu yg keren😫. saya yg denger critanya sama dikasih lihat stroy.nya sampai ngelus dada bun. jaman udah canggih kenapa orangnya masih kuno aja sih. gak paham lagi saya, kasus" kayak begini masih banyak terjadi di sekitar kita, kalau dikasih tau katanya kita sok pinter, udahh lah. biarin aja ntar kalau terjadi apa" juga nyesel sendiri

Baca lagi

memang paling susah mengedukasi ortu yg kolot... Jujur mertuaku jg kolot, dari bayiku umur 2 minggu jg udh nyuruh² ngasih makan Alhamdulillah aku bisa full time ngurus anakku, jadi mpasi pas 6 bulan baru aja kemarin saya & mertua jenguk bayi tetangga +-umur 2 bulan, dgn bangganya nenek si bayi habis ngasih makan sun 😭 (kata nenek bayi : nih habis tak suapin sun langsung anteng gk rewel lagi kan) pdhl ibunya bilang rewel habis imunisasi & ibunya bayi jg gk berusaha menolak (mungkin karna takut & masih kecil jg, belom lulus sma tapi MBA)

Baca lagi
2mo ago

mom L : kok sama sih bun, aku dibilang kurang asi krn anak gamau lepas nen :((((