tentang perbedaan USG dibidan & didokter kandungan.

sya hamil 26 mnggu, kira" klau di USG sudah bisa ketahuan jenis kelamin nya belum ea ? terus apa perbedaan USG dibidan sma didokter kandungan sih,,? yg tahu tolong bntu jwb ea bumil,trmakasih ?

2490 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Saya izin membantu menjawab ya bunda.. utk jenis kelamin sebenarnya sudah bisa diliat sejak usia kehamilan 16 minggu tp smuanya tergantung posisi janin, kualitas usg serta kemampuan dokter spesialis kandungan bunda. Utk perbedaan USG di bidan dan dokter spesialis krn kami belajar serta memiliki sertifikat kompetensi utk melakukan pemeriksaan kehamilan serta screening bila ada kelainan pd janin dan kami mempelajari hal ini selama 5 thn sekolah bunda. Smoga jawaban saya membantu๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

Baca lagi
1y ago

Saya 26 week dan ngerasain hal yg sama ๐Ÿ˜‚

Klo untuk usg lebih baik ke spog. Alat usg nya sudah mumpuni, bahkan bisa 4D. Jd dd bayi klo posisinya pas, usia kandungan 4 bulan aja udh trlihat jenis kelamin nya. Dan klo bisa ke 2 dokter supaya bisa kita bandingkan pendapatnya sama atau tidak. Aku wkt usia hamil 4 bln ke dokter A sudah trlihat jenis kelamin nya laki2. Lalu usia kandungan 6bln ke dokter B utk memastikan, ternyata alhmdulillah pendapatnya sama,jenis kelamin laki2. Begitulah baiknya klo cek usg ke dokter SPOG. Klo kebidan aku dateng klo pas lg ada pelayanan posyandu aja ke RT setempat. Selain pelayanan nya gratis, kita bisa pantau tekanan darah, cek berat badan, vaksin gratis, vitamin tambah darah gratis, dan biskuit gratis juga klo berat badan kita kurang. Klo yg lebih detailnya semacam punya keluhan pusing,lemas,sakit badan, Gatal2,dll. Atau ingin lihat perkembangan bayi seperti cek fisik bayi dlm kandungan, volume cairan ketuban,tali pusat nya sehat atau nggak, kondisi bayi ada kelainan atau tidak.. lebih baik USG ke SPOG. (Jangan segan banyak tanya ke dokter, krn klo kita gak banyak tanya, dokter kasi penjelasannya simple) Klo bidan di posyandu saya cuma bisa mantau detak jantung pakai alat usg kecil aja. Jd kurang mendetail klo urusan kelainan dll. (Tapi klo bidan, tanpa kita banyak tanya, mrk selalu kasi perhatian mulai dr pola makan bumil, aktifitas bumil,pola tidur bumil,manfaat vaksin,dll)

Baca lagi

Sy waktu usia kehamilan 17w sudah diberi tahu jenis kelamin oleh dokter bund, sy sekarang usia 26w blm usg lagi dan sangat penasaran jenis kelaminnya masih tetap sama atau gak yaa. Memangnya kpn terakhir bunda melakukan USG atau periksa ke dokter? Sy suka periksa di bidan karena pemeriksaannya lengkap, ukur tekanan darah, timbang BB, imunisasi, cek detak jantung bayi, dan cek posisi janin. Bidan tidak bisa usg ya bunda, USG hanya bisa dilakukan oleh dokter SpOG, karena bukan kewenangan bidan untuk melakukan USG Kalo sy periksa di SpOG hanya USG aj, karena dokter tdk akan melakukan pemeriksaan seperti bidan (sudah dijelaskan diatas), kalo ada pemeriksaan paling hanya timbang BB dan tensi aja dari petugas saat kita registrasi. Itulah perbedaan bidan dan dokter.

Baca lagi
2y ago

tp bund aku di dokter lengkap ko, kaya pemeriksaan ibu kalau di bidan.

Bedanya , kalau Bidan ga ada USG tp kalo dokter kandungan biasanya ada USG. Kalau memang USG di RS sekiranya mahal, bisa ke klinik klinik kehamilan yg menyediakan USG nya juga, supaya debay bisa dilihat dan dikontrol sama dokterny.. Semangat untuk bumil... Nanti ketika memasuki trimester ke-3 akan merasakan perut mulai begah dan gabisa tidur karna sering sakit punggung ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ™ Tetep dinikmatin yah buat semua bumil...โ˜บ๏ธ

Baca lagi
8mo ago

betul banget

TapFluencer

jgn kan 26w kmren aja aku 18w udh kliatan anak lanang ๐Ÿ˜ trgantung bun, temen ku ke dokter kandungan kita sama2 hamil barengan skrg sama2 udh masuk ke 7bln.. nah dia usg d dokter kandungan pas uk 5bln.. tpi nihil blm kliatan katanya bayi nya gamau ngliatin jk nya.. sdgkn saya priksa nya d bidan langganan saya, krna sblmnya hamil kaka nya jga akurat anaknya perempuan..gk brubh lg. pas kesana kliatan jk nya cwok.. di 6bln priksa lg k dokter kandungan ya memang cwok udh fiks.. jd sbetulnya klo hanya mau tau jk bidan jg faham kok jgn d sepelekan dia jga sama2 faham d bidangnya masing2.. bidan jga gk main sotau kok.. saya jga tiap priksa k bidan slalu d saranin jga priksa k spog. buat tau informasi detail perkembangan soal bayi kita, seperti kondisi janin,air ketuban, fisik bayi, apa ada riwayat trtntu bisa d liat ama dokter spesialis krna memang sudah ranah nya.

Baca lagi

kalo dr pengalaman sih, sbenernya gak byk bidan yg bisa usg, sekalipun ada trnyata bidan gapunya wewenang utk usg, katanya sih. soalnya d tmptku bidan nya ga boleh in utk merekam dan foto saat proses usg, krn ada pengalaman sesama bidan/teman nya klo izin pratiknya d cabut krn ketahuan punya alat usg krn dr awal hamil memang ke dokter spog, trs 2kali ini coba priksa ke bidan yg ada usg nya, kerasa bgt bedanya. dr cara jelasin nya, berat badan baby nya brp, ketuban nya ckup atau kurang, dll. kebetulan kehamilan ini lg ada keluhan keputihan, krn pengalaman tahun lalu waktu keguguran ga dpt penanganan yg pas jd waktu hamil kali ini klo ada apa2 lngsung cuss dokter spog , langsung d tangani dan ksh obat. klo tahun lalu krn kehamilan pertama gatau hrs gmna dan kmn, jadi pindah dr bidan satu ke bidan lain, bahkan sampai ke klinik, ujung2nya d arahkan ke rs aja.

Baca lagi

Hai Ma, sebagai Mama baru pasti banyak hal baru pula yang harus Moms pelajari. Apalagi saat Mama Hamil, jenis dan metode persalinan untuk menyambut si kecil juga perlu disiapkan dengan matang. Bagaimana cara Mama menentukan jenis dan metode persalinan yang tepat? Yuk, Ikuti Expert Kulwap Nutriclub "Melahirkan Caesar atau Normal? Jenis dan Metode Persalinan yang perlu New Moms Ketahui" bersama dr. Beelonie, BMedSc, SpOG, KFER (Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Konsultan Fertilitas Endokrinologi) pada Sabtu, 20 Februari 2021, pukul 15.00-16.30 WIB. Mama juga berkesempatan mendapatkan voucher belanja Rp. 100.000 di Tokopedia lho! Caranya mudah, Mama bisa mendaftar dengan caraย  mengisi isi form registrasi berikut: http://bit.ly/Nutriclub2021tnMGMMomVianaFransisca See you soon ya, Ma! #DiRumahAja #PerkuatDayaTahanTubuh #ResilientTogether

Baca lagi
Post reply image

Janin skitar 16w keatas udah bsa keliatan kok bund jenis kelaminnya. Kalo bedanya usg bidan sama dokter, pengalaman siih yaa lbh berpengalaman dokter sih yaah, tp alatnya ya hampir sama, kecuali klo dokternya udh pake yg usg lbh canggih. Ak skrg hamil anak ke3, pas anak kedua itu aku usg d bidan sm dokter. Di bidan pas udah deket lahiran, stidaknya bs memastikan kalo letak kepala janin udh d bwh, trus air ketuban ckup, BB janin juga bsa ketahuan sama bidan, jd bsa d pastikan bayi bs lahir normal. Skrg hamil anak k3, kebetulan bidan bpjsku juga ada alat usg, jd aku biasanya usg d bidan. Cmn pernah sekali aku perdarahan jd aku kontrol d dokter dan d usg juga sm dokter. Hasilnya sm aja siih, cuman ya kalo emg soal puas dan enggak ya lbh puas d dokter, krn udh 4D, kalo sama bidanku usg msh 2D dan portable jd keliatan kecil.

Baca lagi

Tergantung posisi janinnya bun, Saya USG di 23 week jenis kelamin udah keliatan skrng kandungan saya udah 26 week.. Kalo usg di bidan lebih murah 100rb - 200rb kisarannya udah usg dpt vit dll, cuma gk di kasih hasil cetak usg dan sepengalaman saya di bidan kurang lengkap pasilitasnya karna monitor untuk usg kecil, tpi kelebihannya di bidan pasti di kasih saran dan masukan yang banyak mulai dari kita harus apa, makanan apa dll.. Kalo di RS/dokter kandungan usg lebih mahal di tempat saya usg yg 2D 175rb udah dapat cetak hasil usg tpi blm vit dll ya bun kalo sama vitamin totalan bisa sekitaran 400rb-600rb tergantung berapa jenis dan banyak vit yg di kasih dan monitor lebih besar pkoknya kita liat si ade puas lah, ini sepengalaman saya ya bun.. Semoga bermanfaat..

Baca lagi
VIP Member

25 w juga udah jelas bun. Dari ujung rambut sampai ujung kaki.. Jari jantung ginjal paru semua sudah lengkap mom.. Kemarin aku USG Alhamdulillah dokternya detail banget..

Post reply image
8mo ago

ini usd brp dimensi bun ?