Baby blues

Selamat malm Bunda semua, apa ada yang pernah ngalamin baby blues? Atau pengalaman tentang sodara/tetangga yg mengalaminya? Tolong ceritain dong bun, terimakasih..

4 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Saya mengalaminya sendiri bun. Saya melahirkan Aurora secara normal di bidan langganan pada tgl 16 Maret 2019. Setelah melewati drama kontraksi yg benar2 nikmat akhirnya Aurora lahir pukul 18.20 pada sabtu malam. Tentunya saya, suami, beserta keluarga lainnya sangat senang. Tapi, rasa senang yg saya rasakan hanya sementara saja. Keesokan harinya, minggu pagi tepatnya saya sudah pulang kerumah, yg saya rasakan biasa saja seperti tidak ada sesuatu yg membuat saya terkesan, disini saya udah berfikir "wahh kayanya kena BBS nih aku". Saya mengalami Baby Blues Syndrome hampir 2 minggu lebih, dan untungnya tidak sampai pada Post Partum Depression (PPD). Yang saya rasakan waktu kena BBS itu saya seperti kehilangan minat saya pada anak saya sendiri si Aurora, saya jadi mudah marah dan tersinggung, mudah sedih dan menangis, saya kehilangan nafsu makan dan mengalami insomnia, saya seperti punya beban yg sangat berat sekali dan takut akan suatu hal, dan saya juga merasa seperti tidak ada harapan lg. Semua perasaan itu muncul ketika sore hari sampai malam hari, saya jadi sering menangis tanpa alasan, gelisah, cemas, dan yg paling parah saya merasa seperti tidak ingin menyusui Aurora. Tapi alhamdulillah saya masih bisa tahan, saya tetep nyusuin Aurora tp tanpa melihatnya, rasanya benar2 aneh sekali. Dan jika dipagi hari semua perasaan itu tiba2 hilang dgn sendirinya, saya jadi biasa kembali dan hepi2 aja, tapi kalau sore hari menjelang malam perasaan yg campur aduk itu datang kembali dan seperti itu terus menerus dan berlangsung selama 2 minggu lebih.

Baca lagi
5y ago

Iya bunda alhamdulillah cuma 2 minggu aja bun.

Mengenali Gejala Baby Blues Syndrome Baby blues syndrome dapat dialami karena setelah melahirkan akan terjadi berbagai perubahan, yang dapat membuat ibu kaget. Kehadiran bayi dapat membuat ibu merasa bingung dan khawatir terkait cara merawat bayi dengan baik dan apakah mampu menjadi ibu yang bertanggung jawab. https://amp.kompas.com/lifestyle/read/2016/09/27/080600223/3.ciri.khas.baby.blues.pada.ibu.yang.baru.melahirkan Merasa lelah, bosan,sedih, dan khawatir merupakan gejala baby blues syndrome yang banyak dialami ibu setelah melahirkan. Sindrom ini tergolong ringan, jika dibandingkan dengan depresi pasca melahirkan (postpartum depression) yang juga dapat mengancam ibu setelah melahirkan. Apabila ini terjadi, penting untuk segera memeriksakan diri ke psikolog atau psikiater. Sebab jika tidak segera ditangani, depresi pasca melahirkan dapat menyebabkan ikatan ibu dan anak tidak terjalin dengan baik. Bahkan bisa pula meningkatkan risiko terjadinya depresi berat di masa yang akan datang. Lebih lanjut, kasus depresi pasca melahirkan yang berat dapat menyebabkan terjadinya psikosis postpartum. Kondisi ini jarang terjadi namun memerlukan penanganan yang serius, karena ibu dapat mengalami halusinasi dan delusi yang bisa membahayakan bayi dan dirinya sendiri. Kenali gejala-gejalanya dan jangan biarkan ibu terjebak dalam baby blues syndrome atau depresi pasca melahirkan yang lebih berbahaya. Jangan segan meminta pertolongan dari dokter untuk mengatasi hal tersebut.

Baca lagi

Pernah dulu bun anak pertama karena persalinan normal juga masih nyeri, tiap malam nyusuin, ortu ga seberapa ngertiin, sedih bun nangis-nangis sendiri pas nyusuin, karena saat itu saya belum lulus kuliah juga jadi merasa terhambat selesaikan skripsi karena melahirkan. Apalagi pas ekonomi ga stabil karena butuh biaya beli pampers dll... Tambah nelangsa aja bun soalnya resign kerja semenjak melahirkan. Tp suami dukung terus sih walau ga ada dukungan dari ortu dan mertua Alhamdulillah..

Baca lagi

Pernah waktu satu minggu awal melahirkan, rasanya pengen jauh2 aja dr bayi. Takut kalo ditinggal berdua doang sm bayi gitu. Soalnya waktu itu jg msh sakit pasca operasi sc, trs puting lecet, bayi blm pinter nyusunya, hrs bolak balik pumping. Keribetannya itu deh yg bikin baby blues. Tp mulai normal pas libur idul adha suami nemenin seharian sm bayi, jd aku lbh calm down dan berani untuk ditinggal urus anak pas suami kerja

Baca lagi
5y ago

Engga, cuma takut aja kalo ditinggal sendirian sm bayi. Lbh ke sayanya si yg waktu itu ngerasa gabisa ngasih yg terbaik ke anak, apalagi kalo smp nangis rasanya panik gitu. Dan waktu itu, si bayi lbh antengnya sm si bapak.