Pola asuh anak

Saya numpang curcol ya bunda2 kece TAP. HPL saya sekitar 3 bulanan lg. Sudah planning mau nerapin pola asuh seperti apa. Sudah baca sana sini ttg pola asuh yg baik. Sudah nonton postingan dan video ttg pola asuh buat bikin karakter anak kuat mandiri berkarakter. Tp suka bingung kalo nanti habis lahiran sy kerja dan anak dititipkan ke neneknya (baik dari pihak saya atau suami) pasti pola asuh bakal beda. Terutama dari pihak saya. Soalnya ttg pola asuh sy crash bgt sm ibu saya. Kalo dah terlanjur tumpang tindih nantinya gimana ya bund biar tetep di jalur kita? Soalnya nanti waktu jam kerja pasti mayoritas waktu anak aktif ada di neneknya. Sedangkan musti diterapin dari bayi biar ketanam di kepribadiannya. Apalagi ada ekspektasi dari nenek2nya yg pengen cucunya jd ini itu. Sy mah maunya cukup didik anak yg baik, biarin dia nyoba segala hal sambil diarahkan. Soal cita2 tergantung dia nantinya. Sbg orangtua sy cuma bs dukung dan bantu dia mewujudkan. Sy gasuka nyetir kemauan anak lah ini malah mau disetir sm yg bukan ortunya. Sy udah ngajak pakbos (suami) bicara soal ini tp dia lebih pro ke ibunya. Lain waktu dia bilang terlalu dini buat bicarain masalah ini. Padahal sy maunya seawal mungkin dibicarakan biar minim masalah nantinya. Mau ngobrolin lg jd ogah tar malah bikin emosi. Lama2 sy jd mikir que sera sera. Mau gimana ya gimanalah. Tp kalo dipikirin lg kyk ga ikhlas aja gitu bund. Maaf ya bund curcolnya panjang. Abisnya gatau musti ngomong sm siapa. Bunda2 ada yg ngerasain spt saya? #firstbaby

11 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Wah Bunda hebat sudah mempersiapkan dan merencanakan sedini mungkin dengan sebaik mungkin. Bund, hidup seringkali tak seideal teori. Kenyataan seringkali tak seindah harapan. Bersikap lah fleksibel, jangan perfeksionis. Belajar realistis. Tak semua hal bisa berjalan sesuai rencana kita, sehingga kita perlu belajar menerima kenyataan. Ini saja dulu, agar ketika terjadi hal yang tidak diharapkan, kita bisa cepat beradaptasi dan menerima. Soal pola asuh, sepengalamanku akan selalu ada penyesuaian. Bunda nanti akan belajar dan menemukan pola asuh yang paling pas untuk Bunda. Polanya juga bisa berubah seiring waktu, karena menjadi orang tua adalah perjalanan panjang. Mungkin nggak sesuai teori, tapi bisa jadi paling pas. Semua pilihan ada konsekuensi. Jika Bunda masih ngantor, maka konsekuensinya anak perlu dititipkan ke pihak lain dan ini bisa mempengaruhi pola asuh. Mau itu sama eyang atau pengasuh, semua pasti memberikan pengaruh tersendiri. Tapi Bunda perlu tanamkan bahwa kalau sama eyang, secara naluri yah beliau nggak bakal berniat buruk ke cucu. Kadang eyang sayangnya kebablasan sama cucu, "membayar" apa yang mereka belum bisa berikan untuk kita (anak-anaknya), jadi dilampiaskan ke cucu ? Tinggal Bunda beradaptasi lagi. Bunda bisa upayakan untuk optimalkan quality time dengan anak. Saat bisa meluangkan waktu bersama Si Kecil, usahakan itu selalu menjadi berkualitas. Sementara pada ibu rumah tangga, memang lebih mungkin menerapkan pola asuh sesuai keinginan sendiri. Namun, nanti akan tetap ada pengaruh lingkungan atau mungkin justru kita sendiri yang mengubah pola asuh sebagai bentuk adaptasi karena menjadi IRT juga bukan hal mudah. Atau mungkin selisih paham dengan suami. Nanti anak makin besar, mulai bergaul, maka akan masuk pengaruh dari teman-teman ? Begitu saja seterusnya. Kan anak juga ujian, jadi tentu selalu akan ada tantangan tersendiri dan mungkin tak seperti di teori ? Maka perlu kemampuan untuk beradaptasi, kompromi, realistis. Benar kok, que sera sera. Whatever will be, will be. Nanti kalau sudah terjadi dan ada yang kurang sreg, diskusi saja dengan suami untuk mencari solusi bersama. Nah sisanya tinggal Allah yang atur karena kita cuma bisa berupaya dan berdoa. Hasil akhir itu urusannya Allah. Semangat yah, Bun.

Baca lagi
VIP Member

kalau mau sesuai keinginan bunda.. ya bunda harus berkorban... RESIGN... urus sendiri anaknya.. itu pun belum tentu bakal 100% sesuai rencana..? saya juga HPL 3 bulanan lagi bun.. kadang kepikiran juga, nanti selesai cuti hamil gimana.. ? karena saya dan suami merantau.. ga ada keluarga d sini.. tapi ya, lets see aja.. kalo saya sejauh ini ga bisa resign.. karena saya yg punya kerjaan dan penghasilan tetap, suami usaha (masih pandemi, ga stabil).. mau minta ibu saya stay di sini, ga bisa, beliau ada kerjaan... mau minta ibu mertua, ga mungkin juga, adek bungsu suami masih kecil d kampung... InsyaAllah nanti mah ada aja jalannya.. fokus ke tm3 nya dulu.. ? sehat selalu bun..

Baca lagi
3y ago

Terimakasih bund komen dan masukannya… skrg sy posisi belum bekerja. Sudah resign sebulan setelah menikah dulu. Kenapa sy mau bekerja.. krn dr sebelum nikah sy udah diskusi sm paksu dan beliau lebih prefer punya istri yg bekerja juga. Ternyata alesan yg sebenernya baru keliatan abis nikah ?

kalo maunya anak sesuai dg pola asuh kita ya bunda sndiri yg didik.. kalo diasuh dan dididik sma nenek ya jdinya didikan dan pola asuh dri neneknya ,kalo ga sesuai sma yg bunda harapin ya jgn marah .. kan udh dibantuin jagain anak bunda dr pda sewa baby sister,keluar duit blm tentu juga sejalan dg pola asuh dan didikan bunda . maaf ya kalo salah ? emng hrus berkorban salah satu bu, uang dan karir bisa dicari dan dikejar..tp masa² anak kita tumbuh ga bakal bsa terulang lagi .anak itu kertas putih polos.. bagaimana cara kita didik dr skrg akan berpengaruh ke masa depan nya dan dbwa smpe ia dewasa..

Baca lagi

Coba dibicarakan aja dulu mbak.. ajak ngobrol si nenek, ngobrol ya, bukan menggurui ? Tapi memang betul karena mbak memilih untuk bekerja, ada yang harus direlakan... bukan berarti buruk sih... tapi jelas anak akan lebih sering sama orang lain. Solusi lainnya, selama mbak lagi di rumah atau libur, selalu sama anak, bangun koneksi ke anak, anak tetap akan lebih mengikuti orang tuanya dibanding yang mengasuhnya kok. Solusi lain, anak dititipkan di day care yang sesuai dengan pandangan mbak terhadap pengasuhan anak. Semoga membantu ya... semangat ?

Baca lagi
VIP Member

ga ada jln keluarnya kecuali kamu jd full mom, ibarat kata yg full mom 24 jam nemenin anak aja kadang ada salah2nya ngedidik anak apalagi ini anak di titip ke orang lain. kalo bunda ttp maksa anak jd mau kaya yg bunda mau ya bakal jd konflik sih sama yg ngemong nantinya entah mertua/ortu

VIP Member

ketika kamu menentukan sebuah pilihan maka akan ada resiko yg diambil. kamu wanita karir. ya resiko pola asuh nya ga bisa seperti yg kamu inginkan. saya IRT. resiko nya "suka ga enak minta apa-apa kesuami. biarpun suami pasti nurutin" semangat. kamu pasti bisa.

Baca lagi

solusi, hidup mandiri tanpa campur tangan ortu atau mertua. cari aja pengasuh yg bisa nurut ke kita. krna kalo sama ortu/mertua pasti ada rasa gak enak, kecuali bunda bisa tegas ke mereka sehingga pola asuhnya sesuai dg prinsip bunda.

susah perihal anak yg dititip saat kerja tp harus tetap sama kemauan ibunya, lancang sih saya kalo nyuruh ibu resign tp dilihat dr curhatan ibu yg gak mau anaknya disetir sama oranglain, ya harus diurus sendiri. selesai hehe

3y ago

bener banget kata bunda... klo gamau campur tangan emg di urus sendiri, kdg udh di urus sendiri aja masih out of topic ?

ya kalau mau anak jd spt apa mau ibunya ya harus tangan dan hati ibunya langsung yg bentuk sekolah terbaik anak sejak kecil adalah di mamanya

g ada jalan lain selain berhenti kerja.