Bertanya ?

Saya mau tanya , saya terakhir haid tanggal 23 maret 2021 , dan saya menikah pada tanggal 12 april 2021 dan biasanya dtg haid tggl 20 yg bulan april saya tidak haid dan di tes sampai 4 kali hasilnya positif bund biarpun samar dan kata bidan saya positif hamil dan yg gak masuk akal bidan menghitung dari saya terakhir haid di bulan maret dan saya menikah di bulan april, jadi bagaimana saya menghitung usia kehamilan saya ya bund ,,?

Bertanya ?
188 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

kamu hari pertama haidnya tgl 23 maret. di tanggal inilah disebut hpht. siklus haid biasanya 7-8 hari, berarti tanggal 30 kamu udh selesai. ketika tanggal 2-3 sampai seminggu ke depannya kamu masuk usia subur. saya hitung di kalender perkiraan hari terakhir masa subur kamu jatuh di tanggal pernikahan kamu sampai ketemu hari dimana seharusnya kamu dtg bulan lagi. ketika tgl 20 kamu terlambat dtg bulan dan hasil test pack positif ya itulah hasilnya dan sudah bisa dinyayakan usia kandungan sudah 1 bulan terhitung mulai tgl 23 maret mbak. begitu cara ngitungnya. maaf saya di sini bukan bidan tp hasil pencarian dari berbagai literatur

Baca lagi

Emang gitu caraa ngitungnya bundaaa ☺️ Mungkin bisa langsung usg aja kalau pengen tahu usia yg lebih akurat Biasanya usg pertama itu lebih akurat pumpung hamilnya masih muda .. nanti kalo udah masuk 3 bulan 4 bulan keatas biasanya janin bisa aja tambah gede atau masih netep , krn kalo usg ngitung usianya dr berat badan janin , Pengalaman pribadi tgl HPHt saya 26 desember 2020 , nikah tgl 30 desember 2020 ..pas tau hamil ngitungnya pakai HPhT kok..kalo usia kehamilan saya sekarang ngitungnya pakai HPHT sudah 19minggu 2 hari kalau berpatokan sama USG 18 minggu 3 hari .. hanya beda 6 hari .. beda 1-3 minggu itu masih normal tiap kehamilan beda”

Baca lagi
VIP Member

POSTINGAN LAMA BUIBUUUKKK ❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌ POSTINGAN LAMA BUIBUUUKKK ❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌ POSTINGAN LAMA BUIBUUUKKK ❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌ POSTINGAN LAMA BUIBUUUKKK ❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌❌

Baca lagi
VIP Member

ibu coba searching di internet mengenai HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir). Hal ini yang dapat menyebabkan kesalah pahaman di masyarakat. perhitungan bidan sudah tepat. namun nanti ibu akan lebih tepat lagi kalau sudah melakukan USG. jika bidan menghitung usia kehamilan berdasarkan HPHT maka, USG menghitung kehamilan berdasarkan ukuran janin yang ada dalam perut ibu, dan biasanya memang berbeda. jadi bisa dipastikan jika melakukan USG harus ditanyakan ke Dokternya agar ibu paham dan mengerti ya, juga lakukan sinkronisasi dengan bidannya terkait hasil USG nya nanti.

Baca lagi

ya ga salah bun 🤪 makanya banyak kejadian baru nikah 2 minggu kok hamil 1 bulan suami ga percaya itu anaknya.. ya karna bidan itu menghitung terakhir haidnya mungkin waktu malam pertama bundanya lagi subur suamii juga subur Alhamdulillah dikasih cepet orang²ada yg lama nunggu nya sampe bayi tabung malah.. kita harus banyak²bersyukur jangan mikir yg lain²ga aneh ko coba lebih banyak baca²soal kehamilan supaya banyak edukasinya bun kalo ngandelin nanya orang ga bisa ngerasain apa yg kita rasain karna tiap ibu hamil itu berbeda²dan unik 👍

Baca lagi

hpht hari pertama haid terakhir, artinya awal haid ketika bunda belum hamil. gitu bun. misal awal haid dulu bunda 1 januari kan, lah nikah tanggal 15 januari, bulan berikutnya ternyata bunda tidak haid. usia kehamilan bunda dihitung dari tanggal 1 januari ini berlaku untuk yg haid teratur siklusnya. kalau bunda mau tahu tepatnya di usg bun pada trimester pertama. itu lebih akurat karena selain menghitung usia kehamilan bunda juga bisa tahu lebih awal apakah posisi hamil di dalam rahim..

Baca lagi
3y ago

makasih ya bun atas jawabanya

Kemarin sebelum nikah ga belajar soal kesehatan reproduksi. Ga belajar soal siklus haid, kehamilan, hpht? Banyak2 baca. sekarang banyak sumber di internet. Jangan males biar ga ada pertanyaan pertanyaan bodoh macam ni. Jangan nyalahin bidan. Bidan kuliah bertahun2 dan baca literatur seabrek2 ga mungkin gatau soal HPHT. Justru kamu yg harus banyak belajar biar ga menyalahkan orang yg kompeten di bidangnya.

Baca lagi
3y ago

trlalu polos y bun

yaa...bener hitungan HPHT, memang seperti itu. Akupun dulu pas masih kemanten baru jg gak mau terima logika tsb 😁 Lama2 memang keilmuanya seperti itu. Hitunganya memang seperti itu tapi kan ada masa subur saat pembuahan yg kita tidak tau kapan itu terjadi. Yasudah bunda..percaya sama bu bid nya, jangan sampai ada prahara seperti si Ri***_D*, yg meninggalkan istrinya gara2 hitungan tsb.

Baca lagi

Ya memang penghitungan usia kehamilan itu dari hari pertama haid terakhir bunda...sebab sulit diketahui kapan waktu terjadinya proses pembuahan... Jadi, bukan dihitung dari kapan bunda itu nikah...bukan pula kapan bunda pertama kali berhubungan badan dengan suami setelah menikah... Kalo ingin tau usia kehamilan yang lebih detail, bunda coba usg saja... Banyak2 membaca yaa bunda 🎀

Baca lagi

memang harusnya di hitung hari pertama haid terakhir. bunda pake aplikasi ini masukin hpht g? kepanjangan hpht itu hari pertama haid terakhir sebelum di nyatakan positif hamil. itu bidannya g salah. kalau masih g yakin dateng ke drokter insyaallah cara hitungnya gitu. dan di kombinasi hasil usg. maaf ya.. ngapain takut di bilang hamil duluan kalau tidak melakukan sebelum menikah.

Baca lagi