Pikiran Suami

Saya menikahi wanita sarjana dengan karir yang bagus. setelah anak kami udah 2 saya menyuruhnya berhenti dari pekerjaan. jawabannya cuma "iya nanti aku pikirkan dulu" kira2 menurut ibu2 lain apa yg dipikirkan istri saya ya? Baik gak kalau saya menyuruhnya fokus mengurus anak?

43 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sy sarjana pak, s2. sy punya karir yg cukup baik di perusahaan kontraktor milik BUMN. ayah saya kontraktor dan ibu saya adalah seorang pimpinan di salah satu bank swasta. ketika menikah, suami sudah paham betul bahwa sy tipe perempuan yg tdk pernah mau menukar kemerdekaan sy dg harta ataupun fasilitas yg diberikan oleh suami. sampe akhirnya sy hamil, mual muntah parah, dsitu suami tdk lg mengijinkan sy utk bekerja. demi anak saya resign. diam dirumah itu rasanya sangat amat aneh. hampir setiap hari sy nangis hanya krn jenuh ada dirumah. sampe akhirnya sy menjadi terbiasa, menyadari bahwa surga sy ada disini. atas ridho suami. anak adalah harta paling berharga yg Allah beri. barang rusak bisa diperbaiki, hilang bisa dibeli, tapi anak2 ?? sy rasa sebesar apapun gaji saya, waktu dg anak2 tdk akan terbayar. ketika anak lahir, suami ijinkan jika memang ingin kembali bekerja, tp setelah melalui kehamilan, memfokuskan diri utk anak, rasanya sangat amat berat meninggalkan dia bersama pengasuh. dipikiran sy adalah, anak ini adalah milik sy, sy yg paling tau apa yg terbaik untuknya, pendidikan paling utama yg paling baik adl dr orang tuanya, sy adalah orang yg harus bertanggung jwb akan pembentukan karakter, hidup, dan masa depannya. saya lah yg harus mendampingi dia dlm setiap jengkal perjalanan hidupnya. akhirnya sy tetap fokuskan diri utk mjd IRT, menjalankan tugas dan kewajiban sy sbg istri dan ibu. tdk mau menyia2kan ilmu yg sudah sy dapat, akhirnya sy buka beberapa usaha yg bisa sy remote dr rumah. alhamdulillah, ridho suami adalah ridho Allah. Insya Allah surga Allah bersama sy. diberi pengertian saja baik2 istrinya pak. memang tdk mudah, tp jika dijalani niat dan ikhlas, Insya Allah semua akan mudah, jgn lupa utk bersyukur.

Baca lagi

Buat saya sih pilihannya gak ada yg salah Pak, tp emang ada konsekuensi masing2. Kalau sy pribadi, sy milih untuk kerja dan alhamdulillah boss bisa ngertiin kondisi sy yg kadang lemah selagi hamil. Selain memang jenuh dirumah, ada pengalaman masa kecil yg bikin sy mau terus kerja. Waktu umur 7 thn ayah sy meninggal, dan krn ada konflik dengan keluarga dekat, sampai ibu sama sekali tidak dpt warisan dr ayah. Semasa ada ayah, ibu tidak boleh bekerja sama sekali. Malah ibu disediakan mobil sendiri untuk jalan2, dll. Akhirnya setelah ayah meninggal dan kita tidak mendapat apa2, ibu sy jd kelimpungan cari uang untuk kedua anaknya, hutang untuk kami sekolah dan kuliah. Krn ibu tidak ada pengalaman kerja sama sekali. Dari pengalaman ibu, sekarang sy berpikir, sebagai istri sy jg hrs mandiri. Harus bisa cari uang. Krn kalau suami sy kenapa2 (sy berdoa itu gak terjadi), sy akan bisa menggantikan peran untuk cari uang (baik untuk suami atau anak). Masalah kecil aja misalnya, dulu prinsip sy, sy hrs bisa nyetir mobil. Krn kalau ibu dan saudara saya sakit, ayah sudah gak ada, jd sy hrs bisa bantu bawa mereka kedokter. Akhirnya skrg pun begitu, kalau suami sakit, sy yg setirin dia ke RS. Waktu mertua sakit, dan kondisi suami jg drop, sy yg bawa mertua sy ke RS. Begitu pun dengan bekerja. Ya walaupun kita hrs realistis jg dgn kondisi anak dirumah. Kalau emang sama sekali gak ada yg urus, mau tidak mau memang ibu nya yg hrs turun tangan. Maaf kalau jawaban saya terlalu panjang atau dirasa ada yg salah.

Baca lagi
VIP Member

Sekedar sharing ini kalau menurut saya ya pak.. Nafkah istri kan di antaranya ada sandang pangan papan.. Apakah suami sudah bisa memenuhi kebutuhan tersebut? Pakaian yg baik, makan, tempat tinggal.. Pakaian yg baik ga cuma baju, termasuk kebutuhan pribadi, yg mungkin menurut laki-laki ga perlu tapi istri ingin/perlu.. Makan, bukan cuma berkewajiban memberi uang belanja, tapi sebenarnya kalau istri ga mau masak gpp lho, suami harus memberi nafkah makanan siap makan.. Tempat tinggal juga, apakah sudah punya rumah sendiri atau masih harus ngontrak.. Belum lagi istri masih punya orang tua, mungkin caranya berbakti dgn ortunya ga lagi dgn tenaga dan waktu, jadi istri memberi jatah uang bulanan atau mungkin bantu bayar listrik & pdam.. Apakah suami ikhlas ridho kalau membagi sebagian uangnya utk dipakai istrinya memberi jatah ortu? Coba ngobrol baik-baik sama istrinya pak.. Perempuan perlu diajak ngobrol, jangan pasang gengsi tinggi kalau sama istri, karena hakikatnya istri pasti nurut suami klo diperlakukan dgn baik..

Baca lagi
5y ago

mantap betul jawabannya bun , saya suka dngan jawabannya

banyak kemungkinan, kemungkinan utama biasanya bantu keuangan keluarga, yg lain kayak 1. udah terbiasa kerja, kalo harus dirumah ngurus anak aja bisa ga betah, karna udh terbiasa produktif 2. karir bagus, tentu sayang kl dilepas gt aja, karna nyampe titik itu pasti butuh effort 3. takut ga punya penghasilan sendiri, utk yg terbiasa mandiri pegang uang sendiri, mendadak harus berhenti dan ngandalkan suami itu berat, meskipun gaji suami mencukupi/lbh dr cukup. yg biasanya biasa beli sesuatu pake uang sendiri, ngasih orang tua/saudara pake uang sendiri trs mendadak harus minta ke suami ato nyisihin dr uang bulanan dr suami itu susah 4. yg paling penting, kalo ada sesuatu yg buruk shg suami ga kerja (amit2), kl pemasukan cuma dr suami, keuangan bisa lgsg oleng itu jls bakal merambat kemana2 itu dr sudut pandang saya ya, karna saya jg istri bekerja, mungkin ada yg sama, ada yg beda.

Baca lagi

Gak bisa gitu pak. Ketika berkeluarga semua harus kesepakatan berdua, harus persetujuan berdua, gak boleh memaksakan kehendak. Pertama harus ngobrol dari hati ke hati, apakah istri bapak itu memang suka bekerja daripada di rumah. Karena bagi perempuan berkarir, bekerja itu sebagai sarana aktualisasi diri, pengembangan diri, refreshing jjuga. Kalo bapak memaksakan kehendak istri di rumah mengurus anak tanpa menyediakan sarana aktualisasi diri kalo memang istri seneng bekerja, apa yg terjadi? Dia tidak menjadi ibu yg bahagia, kalo tidak bahagia apakah lalu didikan & kasih sayang ke anak bisa optimal? Tentu tidak. Sebelum bisa memberikan kasih sayang yg berkualitas ke anak, seorang ibu harus bahagia terlebih dahulu. Silakan bicarakan berdua & cari jalan tengahnya. Ingat, jangan memaksa ya pak

Baca lagi

menurut saya, ada sisi postif dan negatif nya pak, sbagai suami yg bijaksana, bapak hrus bisa jg menjamin kebahagian istri bapak, baik dr segi material, krna istri bapak berpenghasilan, disisi lainya, suami juga musti melihat kondisi mental istri bapak, apakah pekerjaannya sekrang adalah kecintaannya, bukan hnya sekedar mencari uang, sungguh sulit dapat dikatakan, bila kita membela atau tdk membela hak seorang wanita untuk bekerja, kembali lg, dgn alasan musti mengurus rumag tangga (suami dan anak) intinya bapak tunggu balasan istri bapak saja, bila bapak kekeh ingin istri tdk bekerja, bapak musti menjamin kebahagiaannya lebih dr saat dy bekerja, smoga dapat membantu

Baca lagi

saya S2, pernh ngajar sbg dosen, tp suami ga boleh lg saya kerja, krn anak ditinggal, apa lg anak ga mau minum susu pk botol dan ditbh lg skrng saya hamil anak kedua, makin ga dibolehin lg kerja kl smpe sahrian. say nurut aja, asal suami ga pelit, seluruh gaji transfer ke istri, jatah ibu saya ttep ada, ga boleh dibatasin. Alhmdulillah emng dr sblm kerja suami saya semua gajinya transfer ke saya, udah berenti kerja pun masi gitu, dan makin Alhmdulillahnya suami saya dpt kerjaan yg bagus, dan gajinya lebih besar dibandingkan waktu saya masi kerja+suami kerja jg. Malah bukn cuma bisa kasi ibu, tp kita masi bs berbagi utk yg lain.

Baca lagi
VIP Member

Coba di jelaskan kpd istrinya alasan anda menyuruh istri untuk fokus ke anak. Biar si istri juga mengerti. kalau versi saya,banyak hal yang di pikirkan wanita. Alasan saya kerja tidak hanya demi ekonomi saja,tapi saya punya ketakutan tersendiri dari kecil. kita ga bakal pernah tahu kapan kita mati,kapan kita sakit. karna saya pernah mengalami kehilangan seorang ayah disaat saya masih sekolah dengan 2 adik saya yang masih kecil. sedangkan mama saya hanya ibu rumah tangga. bahkan saya kehilangan rumah karna tidak mampunya kami. Makadari itu saya bertekad terus bekerja,invest,target punya usaha.

Baca lagi
5y ago

nah kalau itu solusi tepat kk,buka usaha dirumah sambil momong juga. saya setuju kalo kk berpikiran seperti itu. tapi istri juga harus sering2 diajak jalan2 biar ga jenuh dengan kesibukan dirumah. karna tau sndri kan,kalau bekerja diluar istri bisa punya waktu bertemu dengan banyak orang. tapi memang semua tergantung orangnya masing2. asal bisa di bicarakan baik2 sambil ngeteh insyallah istri bisalah mengerti

Sebenernya baik tp memang dr pekerja jd IRT itu sulit pak. Aku pun awalnya bgtu tp akhirnya jg aku nurut krn sering diingatkan sm suami gmn kewajiban sbgai istri sekaligus ibu. Dan suami bukain aku tempat usaha buat aku jalanin jd biarpun aku gk keluar rmah buat kerja tp masih dpt duit dr usaha sendiri. Coba deh bapak bicarain lagi sm istrinya atau coba tawarin kalau dikasih usaha mau apa enggak kalau mau yaudah bapak siapin modal biar istri yg nentuin. Insyaallah mau kok pak. Yg penting ada kerjaan kalau buat pekerja mah. Kalau nganggur gatel ditangan pak, serius deh

Baca lagi

aku jg udh 6 tahun kerja (sebagai tata usaha honorer di sekolah sih), kalo dibandingkan skolah negeri lain. skolah kami trmasuk gaji bagian tata usahanya yg banyak wlwpn kerja stengah hari. tp stelah melahirkan, aku rela resign kerja. tp mama aku selalu nuntut untk aku kerja atau cari kerjaan lain, tiap ditelpon yg ditanyain itu trus tntg kerjaan.. sementara anak masih 4 bulan. aku santai aja cuma iya-in kata ibuku aja. kalo udh jd keputusan suami sih sebaiknya dilaksanakan perkataannya selama itu baik.

Baca lagi