Cara menyapih anak yg ampuh

Menyapih anak

6 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

sounding bun. Saya mulai sounding anak sejak usia 19 bulan. "Nak, tar sekian bulan lg ga nenen gapapa ya?" Saya tau anak belum ngerti sekian bulan lagi, 3 bulan lagi dst. Tapi seenggaknya dia udah siap2 kalo suatu saat bakal berenti nenen dan dia terima. Udah 22 bulan saya mulai kurangi frekuensi menyusui. Dari 5x lusa 4x sehari, lusanya 3x, dst. Malem masih dikasih. Ajak main terus anaknya biar teralihkan. Kalo anaknya nangis, minta, peluk aja. Selesai nangis dan dia udah tenang jelasin lagi, "Nak, maaf ya, kamu sudah gak butuh nenen. Gigi kamu udah lengkap. Tandanya kamu butuhnya makan. Yang nenen itu dedek bayi. Umi ga kasih kamu nenen, bukan berarti Umi ga sayang lagi. Umi tetep sayang sama kamu. Maaf ya." Dia bakal jawab "Iya." Lalu ajak ngobrol lagi, "Nak, siapa yg nenen?" Dia bakal jawab "Dede bayi.", "Kamu dedek bayi bukan?" "Bukan." Abis itu apresiasi terus, "Anak umi hebat! Keren! Udah besar! Alhamdulillah." Lalu ganti rutinitas tidur. Saya sih bacain cerita si raja ngantuk (ngarang aja). Kadang gantian sama suami, suami yang ceritain. Kalo malem minta nenen, ga dikasih. Nangis emang. Peluk aja. Selesai nangis, udah bisa diajak ngobrol, ajak ngobrol lagi. Saya menyapih ga pake bohong, ga pake lipstik atau oles yang pait pait. Semua pake ngobrol dan bikin anaknya paham sendiri. Kurang dari 2 minggu anak saya lulus disapih tanpa drama. Alhamdulillah. 😁 Semangat ya bunda. Tiap anak pasti beda2. Ga bisa dibandingin satu sama lain. Tugas kita cuma konsisten dan apresiasi terus perjuangan anak buat menerima untuk ga nenen lagi. 😁

Baca lagi
3mo ago

Oalaah... kalo gitu menurut saya mending perbaiki dulu jam tidurnya bun. Tar udah rutin tidur sesuai waktunya, baru coba kurangi frekuensi menyusuinya dikit-dikit.

yg paling ampuh itu di lakukan secara bertahap, penuh cinta, dan jujur bun. bertahapnya itu bukan hanya fokus ke mengurangi intensitas mengasihi. tp juga mengamati rutinitas anak. kaya kalo misalkan jam tidurnya masih berantakan, usahakan sambil di benerin jam tidur, jam makan, intinya rutinitas hariannya dibuat sebaik mungkin agar anak terbiasa dgn rutinitas itu. kenali karakter anak, sebisa mungkin kita bisa nanganin tantrum anak. sounding terus juha bun... berdoa juga.. kurangin intensitas menyusui juga perlahan2 aja, jgn penuh paksaan, bikin anak menyukai air putih. intinya nikmati prosesnya bun. jgn terburu2. proses itu bikin kita lebih mengenal anak kita. aku memulai tahapan menyapih dari anak 18 bulan.. mengawalinya ya dgn sounding, juga memperbaiki rutinitas anak.. anak berhasi di sapih 2 th 3 bulan. lumayan lama kan bun.. hehehe tp alhamdulillah malam sebelum penyapihan ya masih nen 1 kali pas tidur malem2. hari berikutnya coba di alihkan ke air putih sambil di elus2. Alhamdulillah tidak ada drama. hari ke 2 dan seterusnya sudah lancar.. proses lama itu juga dihitung sebagai persiapan buat si anak juga bun.. hehehe semoga berhasil

Baca lagi

pngalaman ank prtma sya agak susah awal'a sya pngen stlah lpas asi sya ksi sufor di botol tp krna dr bayi ga prnah minum dr dot botol n ga prnah sufor dy ga mw. jd sya mnyapih brthap minggu prtma klo mw bbo siang n mlm aja itu brlngsung 2 mingguan. stlah itu klo mw bobo siang ga sya asiin cuma di pukpuk tp bobo mlm ttp tk asiin brlngsung skitar smingguan lma2 dy trbiasa tdur tnpa hrus nen dlu.

Baca lagi

Saya dulu sounding pelan2 ke anaknya setiap nen, tp paling sering sih pas dia mau tdr malam. Alhamdulillah dia paham dan lepas nen di umur 20 bulan.

coba sambil di sounding pelan-pelan ke dede nya bun.. trs pas mau nen sambil coba dialihkan, tp pelan pelan aja..

coba pake cara ini bun

Post reply image