Bayi usia 2 bln 27 hr isap jempol

Mau tanya bun, klo usia bayi 2 bln lebih sdh isap jempol apa hrs dibiarkan aja atau sdh mulai distop dari sekarang y bund? Takutnya jadi kebiasaan. Karena ponakanku udh SD tp masih diam" isap jempol sampai mumpet" dibelakang pintu. Minta saran dong bund.. ini aku coba pakaikan sarung tangan dlu biar dia lupa utk isap jempol salah gak ya bund?

20 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Duhh jangan bundd.. sumpah yg pada bilang fase oral itu beda ya bund sama hisap jempul menurut sya. klo fase oral biasanya ketika dia pegang sesuatu langsung masukin mulut, makanan atau barang langsung masukin mulut. fase oral yg tipe bgini aja sya ga setuju bund, karena kan kita ga tau itu si barang bersih atau ngga, trs takut kena gusi jg kegesek2 berdarah. bahaya pokonya menurut saya sih. karena kitakan sbagi ibu pasti ada lengahnya disaat anak mulai aktif dan menjangkau barang gimana nanti semua dimasukin ke mulut. nah apalagi yg hisap jempol, itu mah bukan fase oral namanya ngempeng.. mungkin sebagian ibu ga bermasalah anaknya. Beda ibu beda cara mengurus yah. klo saya ke anak no ngempeng2. guna menjaga kesehatan mulut dan gusi baby, trs takut kebiasaan jg sampe gede.. "nanti gede bisa berenti sendiri ko".. blm tentuuuu bundd, nih tetanggaku udh SMA tidurnya masih ngempeng. sampe tangannya juga keripuutttt bgt karena sering diemutin.. klo udh kebiasaan mah susah. karena pasti terbawa ke alam bawah sadar. meskipun dia tau klo masuk2in ini itu ga baguss. jd bagus mending di sarung tanganin aja, anakku alhamdulillah ga pernah ngempeng. Perkembangan motoriknya baguusss. jd tanpa nuruti fase oral pun motorik anak insyaallah akan bagus. INI PENDAPAT SAYA. no judge. karena setiap ibu menginginkan yg trbaik

Baca lagi
1y ago

hoo iya bener . paham paham kebayang ๐Ÿ˜

Di biarin aja bun karena itu untuk melatih motoriknya bun melatih dia untuk memasukan makanan dari tangan ke mulut kalau kata dokter kalau sudah mpasi baru di stop bun anak ku juga gitu gak di stopun dia berhenti sendiri asalkan di kasih sesuatu kaya mainan atau makanan supaya tidak mengemut jempol ... kalau udah fase oral coba aja kasih mainan untuk oral bun banyak ko yg jual

Baca lagi
1y ago

Anak aku dari newborn gak aku pakein sarung tangan bun

anaknya lagi fase oral, jangan dilarang karena itu penting dalam tahap tumbuh kembangnya, pastikan aja tangannya selalu bersih. nanti makin besar kebiasaannya hilang kok, kalau sudah paham perintah baru bisa diajari kalau hisap jempol ga bagus.

VIP Member

dibiarin aja bu, lg fase oral, yg penting dijaga kebersihan tangannya. Kalau pada masanya sdh puas di fase oral nanti berhenti sendiri. Kalau lg fase nya malah dilarang2 bisa ngefek ke gedenya diem2 ngemut jempol, gigit2 jati, gigit2 pensil.

TapFluencer

biarin aja bun itu namanya fase oral, itu berpengaruh loh sama tumbuh kembangnya, dan ngelatih sensory motoriknya dia. kalo sudah setahun masih isap jempol baru dihentikan. jangan dikasih sarung tangan, udah 2 bulan kan.

Promo terbesar expert care sudah dimulai, diskon hingga Rp.100.000 sedang berlangsung di shopee, ada juga voucher diskon 100% alias gratis bagi bunda yang beruntung. Buruan cek di https://shope.ee/9UfEMMqqTg (id-4506826)

biarkan aja Bun, nanya fase oral. akan terlewati kok. kalo mbok tahan/ mbok larang nanti dia gak tersalurkan emosinya. bayangkan aja kamu lagi pengen ngemut permen tapi dilarang sama orang lain, jengkel nggak?

anak saya belum ada 2 bulan udah mulai isap jempol, apa gapapa ya bun? apa terlalu dini buat berada di fase oral ? biasanya kan bayi mulai isap jempol kalau umur mau 3 bulan atau bahkan 3bulan lebih.

1y ago

anak saya belum genap 2 bln sudah suka ngemutin tangannya. bahkan bisa bikin dia tenang sampai tertidur sendiri. yg penting tangannya bersih dan diawasi. karna kadang2 bisa melukai gusi

itu fase oral bun. fase orang jangan dilarang atau dialihkan ya, penting soalnya.. fase ini juga yg mendorong reflek muntah ke belakang bagian mulut, jadi membantu pas mpasi nanti..

aku biarin aja sih bund. tapi klo belum nyusu, dia ngemut jari aku singkirin, ganti puting. mungkin dia lapar. ga tau bener atau salah. koreksi jika salah ๐Ÿ™‡