BANTU SOLUSINYA BUN MASALAH PREEKLAMSIA..

Maaf first mom ๐Ÿ™๐Ÿ™ Hpl menurut aplikasi ini 10 Jan, dokter 16 Jan, bidan puskesmas 14 Jan. Hasil lab tm1 sdh didiagnosa protein+ & tensi selalu tinggi jdilah kena preeklamsia, aku kontrol tgl 12 Des (bbj 2,7) & dokter bilang krna protein+ & preeklamsia, mau gk mau Minggu ke 37 harus dilahirkan, tpi kata obgyn suruh cek lab ulang di tgl 13 Des kmrn bun & trnyata tetep protein+, 2 minggu lgi disuruh kontrol lagi (tgl 26 des) untuk memastikan hasil cek lab itu. Nah pas tgl 12 itu saya tnya, apakah saya hrs sc? Katanya, mmpung ini kehamilan anak prtama jdi dokter nyaranin normal aja tpi induksi. Saya takut bgt bun, krn induksi kan bisa berhasil/gagal, klw gagal ujung2nya sc. Dan kaka sepupu sya juga nyarin sc aja krna tensi tinggi & drpd induksi gagal. Saya takut klau maksain normal mlh ntr jdi pendarahan hebat. Wktu ke puskesmas (tgl 13) itu saya minta rujukan di faskes 1 susahnya minta ampun ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ Menurut bunda2 gimana ya baiknya?? Apa ada yg kena preeklamsia kyk saya? Harus gimana #seriusnanya #bantusharing #ingintahu #pleasehelp #firstmom

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Hpl sama dan senasib bund. Sy juga di diagnosa preeklamsia tp preeklamsia ringan. Tensi sy 140/90 dan kmaren ke puskesmas buat cek lab malah ditolak krna suruh nnti aja seminggu sbelum hpl. Aneh bgt petugas kia nya. Kam udh ada indikasi sharusnya tau lah kalau hrs sgera cek lab. Sebel bgt. Tp kaki gak bengkak sih cuma agak gedean dikit faktor hamil tua. Apalagi sy 35weeks kmaren bbj masih 2,2kg dibilang dokter bbj kurang krn hipertensi dan gangguan sirkulasi darah ya allah sedih bgt pdhl badanku gede dan makan banyak ๐Ÿฅฒ๐Ÿฅฒ Tapi saya udh dpt rujukan dari puskesmas bund (faskes 1 saya). Awalnya malah dokter nya yg ngasih surat pengantar atau surat keterangan diagnosa utk minta rujukan ke faskes 1. Apa dokter bunda tidak memberi surat keterangan? Tanya aja bund ke dokter nya gimana agar bunda bisa pakai bpjs. Sy juga nlm tau ni nanti bakalan lahiran normal ate sc. Yg penting nanti kontrol aja nurut aja kata dokter mana yg trbaik.

Baca lagi
2y ago

Anomim@ sy blm di info bund insya allah juga tgl 26 sy mau kontrol sambil bawa rujukan itu. Mungkin besok itu penentuan nya kalau memang kondisi sehat dan baik2 aja pasti nunggu lahiran normal gak perlu sc. Intinya besok bunda pasti kl udh dpt surat pengantar dr dokter pasti dikasih rujukan dr faskes krn itu urgent bund yg berarti ada indikasi yg mengharuskan ditangani dokter di Rs. Smangat bunda. Nurut apa kata dokter aja smoga sehat lancar.

Bun maaf izin cerita pengalaman temen saya๐Ÿ™๐Ÿป Bulan November juga temen saya ada jadwal kontrol tapi tenyata tensi masih tinggi, protein kayanya negatif. Hari itu juga dia dikasih 2 opsi, mau induksi atau sc dan dijelaskan masing-masing ยฑ nya karena kebetulan dia pre-eklampsia dari minggu 34. Alhamdulillah masih bisa ditunggu sampai cukup bulan. Akhirnya dia milih sc, dan besoknya setelah sc dia pendarahan juga (awalnya dia kurang tau itu darah nifas/pendarahan) dan di cek bidan ya pendarahan ngga boleh dibiarin. Dan alhamdulillah besoknya udah boleh pulang, bayi dan ibunya sehat.

Baca lagi
2y ago

37-38 bun, jadi selama pre-eklampsia dari 34 mingguan terapi obat aja sama dokternya biar nunggu cukup bulan.

sy tgl 10 kontrol biasa eh malah tensi tb2 tinggi jd lah tgl 11 d suruh ke rs untuk induksi, sdah byk induksi bun lewat oral, bwah & infus yg ad efek cm wkt infus tp y gt pembukaan gak nambah2 akhirny tgl 12 sy & suami sm atas saran dokter mutuskan sc krna sy mikir dr pd ad ap2 sm bayi ny krna d rangsang keluar tp gak keluar2. sy mikir yg terbaik untuk anak saya dr pd menyesal kemudian hari. lebh baik d cb dl bun induksi untuk kebaikan bersama kl gak bs lg y jalan satu2 ny ya sc. berharap aj induksi ny berhasil bun, krna tiap org it respon ny beda2.

Baca lagi
2y ago

kl wkt usg k tmpt biasa kontrol 37w3d.

hai bun. saya juga hpl awal 10 jan. tapi besok tgl 21 dijadwalkan sc. saya dapat rujukan langsung dari klinik. sama juga bunda. awal dokter tidak langsung memutuskan saya induksi atau sc. tetapi setelah kontrol lagi dan berbagai pertimbangan alhirnya saya diputuskan untuk sc. saran saya. tanggal 26 nanti bunda meminta penjelasan dokter bagaimana jalan terbaik sekaligus berunding dengan keluarga. semoga baby dan bunda sehat lancar ya

Baca lagi

bunda ikut saran dokter saja, soalnya pre-eklampsia itu darurat sekali bund, dan penanganannya harus gercep. nah bunda ke puskesmas bilang saja mau cek protein urine lagi, kalau memang masih hasilnya positif pasti sama pihak puskesmas sudah dikasih rujukan sendiri bund, tinggal bunda musyawarah sama keluarga mau melahirkan di RS mana

Baca lagi
2y ago

kalau kenceng"nya sering langsung ke RS aja bund

VIP Member

kalo mau dilahirkan secara normal mending nunggu mules aja jangan induksi. masih 37w juga kan. kalo memang harus dilahirkan karna proklamasia dan darting mending SC langsung. kalo dokter menyarankan dan mengusahakan buat lahiran normal mending tunggu kontraksi alami bun jangan induksi.

Bun klo darurat nantinya akan d rujuk k RS biasanya Bun,tp klo mau lngsung k RS pas ad indikasi medis,lwat jalur IGD dlu bun spya BPJS nya bsa d cover BPJS,jngn lnsng k poli kandungan,gtu sih Kta bidan puskes d tmpt saya saat d tanya

minta aja ama dokternya..biasanya klo ada keterangan dr dokter dan hasil lab dimanapun lalu dibawa ke faskes 1 .. faskes 1 ngeluarin rujukannya..

VIP Member

saya di induksi bund,alhamdulillah bisa normal yg pnting ttp berpikiran positif dan banyak doa,klo aq sih gtu bunda

bukn ny klo preeklampsi hrs sc bun,,, kn jln lhir ktutup plasenta. bkn ny mlah bhya klo lhiran normal.