Bayi & Covid

Halo bun, disclaimer sebelumnya ya. Saya tdk berkenan jika postingan ini disebar diluar aplikasi TAP. Saya disini sekedar ingin berbagi cerita dan mengingatkan agar selalu patuh pada prokes. Minggu sore ibu mertua telp katanya sdg sakit. Gejalanya demam, meriang, batuk, pilek dan sakit tenggorokan. Diminta suami untuk tes antigen tp tdk mau dg alasan sakit biasa. Setelah dipaksa2 akhirnya mau. Tdk beberapa lama kakak ipar dan keponakan yang serumah dg ibu mertua datang membawa makanan. Memang kebiasaan mertua jika ada makanan berlebih akan dibagikan ke saya. Jarak rumah jg lumayan dekat. Saat dirumah kakak ipar menggendong anak saya. Setelah itu baru cerita kalo mertua ternyata positif covid. Saya langsung tanya serumah apakah dites antigen. Jawabnya tdk, krn tdk yg sakit hanya ibu mertua saja. Tp namanya serumah apalagi kontak erat kan seharusnya tes. Padahal alat antigen jg ada banyak dirumahnya tp seperti menyepelekan malah jalan2 kerumah gendong bayi. Saya setelah dengar langsung lemes kepikiran. Apalagi ibu mertua dan sekeluarga ini kalau kena covid tdk pernah lapor dan tetep kemana2. Dirumah yg sakit jg tdk taat prokes. Yg membuat saya heran kakak ipar org kesehatan masa ya begitu tdk paham masalah isoman pdhal udh 3x terkena covid dirumah mertua. Setelah itu saya dan suami serta bayi 8 bulan kami putuskan untuk isoman. Hari senin kakak ipar sakit badan demam dan meriang. Dan hari ini tiba2 anak saya demam hingga 39.6 derajat. Syukurnya tdk ada tanda bahaya dan gejala penyerta lainnya. Sdh diberikan paracetamol dan penanganan demam yang semestinya. Masih mau makan sedikit dan main walau tdk seaktif biasanya. Namun yang membuat saya jengkel komentar kakak ipar mengenai anak saya yg sedang demam. Bukannya berpikir bisa jd tertular olehnya malah menyalahkan anak saya yg katanya sdh aktif bisa jd kecengklak atau karena mau bisa jalan. Saya sudah coba tes antigen mandiri hasilnya negatif namun anak saya blm. Sejujurnya saya takut untuk coba2 tes pada bayi. Rencananya jika besok msh demam tinggi akan segera saya bawa ke tenaga kesehatan terdekat. Harapan saya semoga bukan covid. Pengalaman tahun lalu isoman bersama bayi sungguh mimpi buruk bagi saya. Ayah bunda disini jika kontak erat dg pasien covid/sdg menderita covid sebaiknya isoman dan patuhi prokes dengan ketat. Jangan egois dan takabur. Jgn karena merasa sehat jalan2 kemana2, padahal kontak erat dg pasien covid. Semoga tidak perlu merasakan kehilangan orang tersayang terlebih dahulu untuk tidak bertindak egois dan selalu patuh prokes.

Bayi & Covid
7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

hallo, aku, bayiku 3 bulan dan toodler juga positif padahal prokes kami ketat sekali loh... dijaga-jaga dari varian wuhan aman, alhamdulillah varian delta aman, ehh kecolongan di omicorn ini. emang omicorn ini bisa bergejala lumayan parah di bayi dan anak-anak yg belum menerima vaksin covid. anakku yg usia 3bulan dirawat di ruang isolasi covid bayi karena memang gejalanya cukup berat dan demamnya stagnan di 38.5 walaupun sudah dikasih parcet. akhirnya dirawat selama seminggu di isolasi bersama aku tentunya. si kakak dan ibuku isoman, ketat ku pantau dan dipantau dsa-nya juga vidcall atau wa setiap hari ke ibuku. kasian kalau yg kena bayi, kenapa? mereka blum bisa mengutarakan apa yg mereka rasa, daaan dampaknya ada mis-c (dampak panjang dari covid thdp anak) daaaan bisa menyebabkan autoimun jika tanpa penanganan. ini kata dsa yg menangani anakku ya, kenapa bisa menyebabkan autoimun? karena peradangan didalam tubuh memicu reaksi imunitas yg berlebihan. kami pasien covid dipulangkan dari rs hampir tengah malam juga. kenapa? karena meminimalisir ketemu banyak orang. satu lagi, sungguh deh aku trauma, kena mental ada di ruang isolasi. aku bukan petugas medis yaa, bukan nakes juga jadi kalau kami melihat kematian, melihat dokter mempertahankan nyawa pasien tuh ya Allaaah.. didepan mata kami pulak kan... jadi, please be aware sama bayi2 yg gak berdosa ini. kasian loh mereka batuk2, sesek, demam, harus diinpus berkali2, ambil darah berkali2, tusuk sana-tusuk sini. semoga lekas negatip ya moom, kami jga pcr sekeluarga kemarin karena sadar, gakmau menularkan ke bayi2, anak2 yg masih rentan bgt

Baca lagi
2y ago

semangat yaaa mom yg penting tetap prokes... dan jauhkan dlu dari orang2 dewasa yg positif ya

i feel you bun, jd inget suami sy kmren ada gejala itu dan kbtulan lgi waktu di rmh kedua, pdhl istri ke 2 nya dokter, stidaknya di kasi tau gt suruh isoman, tp kok ya ngotot pulang ke rmh sy dmn ada sy istri pertamanya lg hamil besar dan 4 anak lainnya. maksa pulang ke rmh sy dgn alasan kangen anak. sumpah egois banget, bgitu pulang gak lama 4 anak sy drop smua. demam, bapil, nyeri badan sekaligus. sy stress bgt. bgitu wktu nya pergi suami main pergi aja, kayak gd rasa bersalah sm sy dan anak²nya. sy yg repot ngurus 4 anak yg demam dan sakit skaligus dgn obat yg minim, iya. cm di bekalin obat warung itu pun cm ½ strip. Alhamdulillah anak² skrg udah sehat, tp klo ingat keegoisan suami yg lgi sakit gmw isoman malah ngotot pulang bikin sy ragu apa suami beneran syg anak apa gak. kok bs² nya lgi sakit g perduli bgt ttp pulang dan peluk anak². pdhl udah sy larang plg. 😢

Baca lagi
2y ago

semangat ya bun saya paham pasti berat sekali rasanya sedang sakit dan mengurus 4 anak sendiri. bunda hebat sekali. semoga bunda dan keluarga senantiasa diberi kesehatan dan ketabahan

duh justru aku lagi galau nih, aku sedang hamil 37 weeks. 4 hari lalu suami baru pulang dari luar kota, ngeluh badan lemes, sakit kepala, dan kaki pegel. kami ngira Karna kecapekan kerja Karna dia bawa mobil sendiri (biasanya disopirin). hari kedua di rumah gejalanya tambah sakit tenggorokan dan hidung tersumbat. akhirnya memutuskan untuk swab test antigen ternyata positif. aku khawatir karna kami sekamar dan tidur bareng. akhirnya demi gak nularin ke aku dan keluarga yg lain, suamiku isoman di rumah kami yg lain. tapi mungkin sudah terlambat ya, besokannya hidungku mulai tersumbat, sakit kepala dan kaki pegal2. tapi aku belum coba tes antigen, dan gak makan obat apapun Karna takut ngaruh ke kandungan. ada saran Bun saya harus minum obat apa yg aman untuk bumil?

Baca lagi
2y ago

betul bun segera konsul ke dokter ya bun agar segera dapat pertolongan

VIP Member

Makasih udah berbagi pengalamannya bun. Bener saya juga ada bayi 4 bulan jadi sangat was2. ART di rumah pun wajib masker, dan benarlah tiba2 dia bilang sekeluarga demam termasuk dia tiba2 gak enak badan. Langsung saat itu juga saya suruh pulang dan liburkan 2 minggu. Benar kena omicron. Saya sekeluarga juga isoman dan antigen beberapa hari setelahnya, untungnya negatif. Yang saya heran ada beberapa postingan ibu2 sini yang ngeluh sedang sakit tapi gak mau ke dokter dan gak mau lapor karna takut dicovidkan. Padahal kalau memang covid ya harus segera ditangani.

Baca lagi
2y ago

banyak yg misinformasi bun. mereka menganggap isoman itu merepotkan. tdk bisa bekerja atau keluar sekedar beli kebutuhan pokok. ketakutan akan dirawat di rs sendirian tanpa keluarga jg jd salah satu alasan tdk mau lapor. juga takut dikucilkan tetangga. pdhal kalau di jkt covid sdh bukan hal baru. tp msh saja banyak yg berpikir spt itu.

yg lagi sy rasain skrg bu, anak sy positif covid 19. tp sy dan suami negatif. tinggal dirumah mertua, mertua sy sdh dikasih tau jgn kontak dgn kami bertiga, tp entah kenapa punya mertua pd ngeyel banget 😭 mana ibu mertua lagi sakit flu jg, skrg sy yg sakit flu tengorokan sakitnya minta ampun, badan pd sakit, punggung sampe gabisa nempel kasur kalo tidur saking sakitnya, mau tes antigen lg dilarang suami.

Baca lagi
2y ago

pngn sih, cm sy takut nyolok sendiri hidungnya 😄 dicolok sm nakes aja takut bu

bu, coba anaknya pakai swab antigen yg nasal. itu di coloknya ga dalem kok jd ga sesakit swab antigen biasa atau swab pcr. kedua anak saya usia 2 tahun dan bayi 8.5 bln jg periksanya pake itu. pasti ttp nangis sih tp cm sebentar nangisnya (kyknya nangis lebih ke panik krn tiba2 dipegangin aja sih). kami sekeluarga baru selesai isoman juga. semoga keluarga ibu sehat selalu ya

Baca lagi
2y ago

terimakasih banyak dok atas sarannya

ya Bun. saya mah kalo sakit flu dikit aja udah gak kemana mana. di rumah aja. meskipun gak tes juga, tapi saya sadar diri dan isoman. gatau yah mengapa orang2 bisa dengan santuy keluar padahal lagi sakit.

2y ago

sama bgt bun lebih sneng dirumah drpda kumpul2 tetangga/ sekedar jalan ke mall. introvert wkwk