7 Tanggapan

Saya pernah mau bawa bayi belum genap 2 bulan naik pesawat bun. Pas minta surat layak terbang ke DSAnya gak dikasi 😂 karena katanya minimal terbang itu 3 bulan. Usia segitu syaraf pendengarannya juga mulai sempurna. Jadi meminimalisir robeknya gendang telinga karena tekanan di kabin. Apalagi kondisi anak waktu itu lagi flu. Akhirnya saya gak jadi terbang. Pas usia 3 bulan 5 hari saya mau terbang lagi. Kali ini dari maskapai sebenernya udah gak perlu surat layak terbang. Karena surat layak terbang emang khusus untuk under 3mo. Tapi tetep saya mintain ke DSA dan kontrol buat mastiin anak di kondisi baik waktu terbang. Dan ternyata bener sampe bandara soetta cuman ke bagian check in kondisi khusus (bumil, infant dll) dan gak dimintain surat layak terbang. Cuman dipesenin DSA sama pramugarinya pas take off dan landing anaknya disusuin. Kondisi anak mengecap itu bakal ngurangin tekanan di telinga waktu take off dan landing

dr brp hari juga boleh bun, tp mamahnya udh siap blm. Kl sy pertama kali bawa pas usia 5bln. Sy minta baby cabinet buat tempat naruh dia bobo. Jgn lupa juga bawa 1 tas kecil yg bisa bunda pegang² kemana² isi mainan, baju ganti sm popoknya dia. Biar gak ribet kl kecampur yg lain. Sblm brgkt sy gantiin pampers dulu. Ud bawa earphone khusus bayi itu, tp kurang nyaman bayinya, alhamdulillah pas take off sm landing dianya maun nyusu juga.

Kl syarat sih waktu itu sy gak ada, cuma tiket infant aja ky biasa

Tiap maskapai beda aturan sih bu, biasanya ditanyain surat keterangan sehat aja (tapi karena sekarang lagi pandemi, surat keterangan sehat based on rapid test). Jangan lupa waktu booking tiket bayi juga harus di booking-kan tiketnya (sebagai infant) bu. Kalau anak saya kemaren sih printilan yg dibawa tambahan ke cabin ear muff, jaket, diaper bag jangan lupa dibawa naik ke cabin. Bisa reservasi bassinet juga (di garuda bisa)

Tiap maskapai beda2 bun. Kebanyakan min usia 7 hari sudah boleh, tapi harus ada surat layak terbang dari dokter. Nanti bisa cek website masing2 maskapai ya. Jangan lupa siapin kapas/earmuff buat nutupin telinga bayi bun, maskapai jarang ada yang nyediain soalnya. Karna lagi pandemi lebih baik pakai face shield juga..

VIP Member

Sebulanan juga udh bisa kok mba, yang penting kondisi baby sehat. Ngga ada berkas berkas khusus kok, Tapi sekarang kan lagi pandemi, agak ribet kelengkapan berkas nya kalo sekarang

VIP Member

Hrs dpt surat dokter dr dokter bun

beda2 tergantung maskapai bun

Pertanyaan populer