Biaya nikah dianggap sebagai hutang

Bunda, usia pernikahan saya belum ada 1 tahun. Saya masih terbayang sama omongan mertua untuk melunasi biaya akomodasi keluarganya untuk datang dalam pernikahan kami. Dan dihitunganya sebagai hutang suami. Padahal 90% biaya pernikahan kami, keluarga sayalah yg menanggungnya. Tak habis pikir saya, masih ada orangtua yg hitung2an terhadap anaknya. Adakah disini yang senasib dengan saya?

28 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

serius ada yg seperti itu? alhamdulillah mertuaku gak hitung2an. uang seserahan 50juta, belum termasuk barang2 seserahan, perabotan rumah tangga (kasur lemari dll) dan perintilan2 lainnya (kami jahit baju akad bukan sewa). tapi memang biaya gedung dll (resepsi orangtua saya yg menanggung). dan mertua tetap mengadakan acara ngunduh mantu sendiri. jd acara kami masing2. dan saat acara resepsi pihak keluarga suami byk yg dateng bahkan harus naik pesawat tp tidak minta ganti uang akomodasi. kok ya tega minta ganti kaya gitu. saya dan suami aja menikah gak keluar biaya semua ditanggung masing2 orangtua kami. karena orangtua kami bilang “ini tugas terakhir kami sebagai orangtua menikahkan anaknya dan sudah kewajiban kami” jd soal biaya saya dan suami tidak di bebankan sama sekali. btw suami anak tunggal dan saya anak pertama.

Baca lagi

Coba tanya suami apakah itu emang perjanjian awal suami dan mertua Soal nya bisa saja suami yg menjanjikan akan mengganti kan Dan emang ada beberapa keluarga yg didikan nya mandiri banget..dimana apapun yg dilakukan harus dg usaha nya sendiri. Jadi jika ada bantuan dari ortu ya itu dikembalikan jika berbentuk uang Tapi sekali lagi..bedabeda yaaa tiap keluarga Saya dan suami waktu menikah uda perjanjian uang pakai uang kami sendiri Jadi jika ortu ternyata ngularin uang buat iniitu ya kami ganti uangnya..karna ya kami kenyadari suami masih ada adik cewe 2, saya juga masih ada adik..uang seberapapun pasti dibutuhkan ortu kami buat pendidikan adik kami

Baca lagi
5y ago

Iya bunda beda2

Itu lah bun..aku sblm nikah ud mikir kesitu 1. Aku ga mau pakai uang ortu atau mertua..pure uang kami berdua.. 2. Aku dan suami yg punya uang jd jgn sampe d atur2 ini itu. 3. Aku undang yg tertentu aja.. Jadinya save budget.. Iya memang bisa bahagiakan ortu..tp mayoritas bnyk yg ga berpikir abis nikah..uang itu tipe sensitif.. syukur2 uang ny bkn uang utang.. Atau si keluarga a atau B yang keluarkan..Knp aku keras, walau bahagiakan ortu tp jgn memaksakan kehendak..aku kasih tau ke ortu kami plus minus.. Mesti terima ..

Baca lagi

Saya ga ngalamin ampe segitunya, tp sy ikut empati bun. Ga kebayang mertua ampe segitunya. Kasian suamimu pasti jd merasa terbeban. Lagian kok kuarga dtg k meritan ampe biaya ditanggung kalian sih bun? Mohon maaf, tp mmg apa kuarga nya ga mampu bgt? Knp ga byar sndr2 ya bun? Toh bukan kalian yg "maksa" mereka dateng kan? sy sih mikirnya kl mmg mereka gada dana untuk dtg, yauda kirim doa aja jgn dipaksain tp malah blakangannya bebanin penganten baru. Kasian atuh uangnya mending buat modal awal RT.

Baca lagi
5y ago

Alhamdulillah keluarga kakak2nya pd berkecukupan bund. Ga ada tagihan dari keluarga kakak2nya. Cuma ya itu dari mertua dihitung. Ga tau gimana ngitungnya tuh. Udah gemes saya bund

saya bun... hampir sama kaya bunda...org tua saya gak pernah nuntut buat acara yg meriah malah org tua saya juga bilang ibaratx ga ada uang nikah selamatan kecil2 an aja.. tapi org tua sana pingin wow banget.. jadi krn tuntutan org tua suami saya, akhirx suami saya gadai rumah org tuax tapi dia yg bayar perbulanx... suami saya baru ngasih tau pas udh nikah..marahx saya bun rasax gk mau saya bayar tuk uang perbulanx...

Baca lagi
5y ago

Saya dari awal juga udah bilang. Mau ngasih berapa terserah, sesuai kemampuan calon suami aja. Ternyata mertua malah menghitung sebagai hutang suami. Sayapun juga menghitung berapa hasil yg didapat dari jual mobil keluarga saya. Gemes jadinya bun

Wkwkwkkkk... Kalau mertuaku perhitungan buangeeet nget nget nget. Dih amit amit dab pokok nya.. Padahal itu uang juga di pakai buat keperluan keluarga dia sendiri tapi masya allah sunggu luar binasa perhitungan nya sampai suami saya di katain yg nggk nggk.. Padahal biaya ngurus surat ini itu keluarga saya yg tanggung (karna beda provinsi).

Baca lagi

mertua sy juga gt, krn anaknya anak pertama, adiknya banyak, dan memang didikannya untuk mandiri. nikah ga boleh repotin ortu. kecuali ortu yang dr awa bilang "memberi" sifat orang beda beda. jangan samain ortu suami sm ortu orang lain lah, keadaan orang beda beda. emang mau di banding bandingin sama istri lain?

Baca lagi
5y ago

itu gak kasar bun, krn memang bunda membandingkan orang tua suami dengan orang tua lain, kondisinya beda. keuangannya beda. sifat bawaannya beda. dan orang tua wajib menikahkan, sebatas akad. bukan wajib bayarin bus boyongan atau bayarin sesuatu yg lain misal unduh mantu atau apa. itu tergantung ke ikhlasan orang yg punya duit

biarin aja bun, dia sendiri yg ngutang. bukan bunda. tanggung jawab yg ngutang lah.. siapa suruh?? anggap aja maskawin, nikah sama org lain bisa2 lebih mahal d tanggung semua sama suami.. ini udh agk ringan d bantuin keluarga bunda msih minta bayarin utang.

kalau dulu, keluarga dari suami bun ga mau nambahin sama sekali. padahal suamiku udah mohon-mohon sama keluarganya buat bantu walaupun ga banyak. akhirnya ya, aku dan keluarga yang nanggung 60%-nya biaya pernikahan.

VIP Member

Kalo sama ortu memang gak gampang ya. Gini aja, jadiin motivasi utk tambah rejeki. Lebih baik memberi daripada diberi semoga ditambah rejekinya.