makanan instan atau homemade

bunda, lebih bagus mana ya, makanan instan yg sdh dilengkapi dengan segala macam vit n zat besi atau homemade ? sya barusan baca artikel yg katanya kalo homemade itu blm ckupan nutrisinya jadi disaranin ke yg instan..

56 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Jadi begini buibu, pengalaman saya kasih homemade dan instan buat anak, masing masing ada kekurangan dan kelebihannya. Instant: Cepat, praktis, lebih murah, gizi sudah terukur pasti. Tapi rasanya ga mencerminkan rasa makanan asli, dan teksturnya pun ga seperti makanan asli. Beberapa kasus menyebabkan anak jadi picky eater krn ga terbiasa dgn rasa asli sayuran. Homemade: Menu variatif, mengenalkan anak dgn berbagai macam rasa yg asli, tekstur makanan membuat anak adaptasi dgn makanan orang dewasa. Tapi sedikit lebih repot persiapannya, jumlah gizi menggunakan perkiraan ga ada takaran yg pasti, dan secara biaya juga jauh lebih mahal. Jadi ya monggo disesuaikan dengan kondisi masing masing. Keduanya sama bagusnya. Harus diluruskan bahwa mpasi instant tidak mengandung pengawet dan MSG.

Baca lagi
VIP Member

Saya better ke homemade dan instan untuk emergency. Keyakinan masing2 ya bun, anak yg terbiasa mknn instan akan lbh berpotensi picky eater dan overweight krn kandungan gula yg ada didalamnya. Kalau home made kita bs mengenalkan lbh banyak macam bahan makanan ke anak, beda dgn mknn instan. Gak ada kan bun bubur bayi instan rasa oyong, terong 😂 Selama cara mengolah dan menu nya seimbang insyaAllah terpenuhi gizinya Serius saya ingin sekali nanti anak saya selalu merindukan masakan saya saat dewasa nanti, jd saya lbh memilih memasak sendiri untuk si kecil.

Baca lagi

Keduanya bagus bun . kelebihan Mpasi instan itu takaran gizinya sudah lengkap dan sesuai umur bayi kekurangannya mungkin bayi kita lebih sulit makan homemade ketika usia 1 tahun karna usia 1 tahun sudah harus bisa makan makanan keluarga. Kelebihan mpasi homemade kita tau bahan apa saja yg kita masak tanpa khwatir ada bahan yg kurang baik kekurangan homemade kadang peralatan yg kita gunakan itu belum tentu bersih yg bisa menyebabkan makanan jadi tidak higenis dan takaran gizinya yg kadang belum pas dan sesuai

Baca lagi
VIP Member

Yaiya namanya juga jualan, pasti ada alibi buat biar laku. Kan ada diajarin sama dokter anak gimana cara ngukur besar kalori, karbohidrat, lemak, dll dalam setiap bahan makanan. Lalu usia sekian butuh sekian kadar juga lengkap ilmunya. Tinggal aplikasiin aja. Kalo kita butuh info, selain dapet dari dokter pro MPASI Homemade, banyak juga pengetahuan sama artikel ilmiah tentang MPASI Homemade termasuk dari WHO.

Baca lagi
5y ago

Helloooo Bunda Ikaaa yuhuuuu kok meneng wae bun?? Jawab dong ah

dua2nya sama sama bagus mom, tergantung di lihat dari segi mana. kalo makanan instan kan sudah lengkap nutrisinya karena ada ahli gizi berperan disitu, kalo homemade kita yang berperan namun tidak tau kelengkapan nutrisi pada makanan yang kita buat. kalo saya sih lebih milih homemade

Kalo rasanya pengetahuan tentang kandungan gizi dan cara pengolahan mpasi sudah mumpuni, ya lebih baik homemade bun. Tapi kalo belum yakin bgt sama masakan kita ya baiknya diselingi mpasi instan fortifikasi, jadi baby bisa dapat makanan fresh, dan gizi jg bisa terpenuhi.

VIP Member

klo dr kecil sdh trbiasa dg yg instan, nanti besarnya lbh suka jika dikasi homemade (makanan rmh org dewasa), pengalaman anak sy dr bayi dikasi homemade sampe skrg 26 bln tdk prnah brmasalah dg makanan, dikasi apapun sll lahap makannya

VIP Member

memang kalau instan kandungan gizinya sudah lengkap bunda, tp bayi jadi tidak belajar tekstur. kalau home made ya bunda harus bener2 menyesuaikan, bahan*nya agar memenuhi kebutuhan gizi bayi.

Baca lagi

Simple aja.. kalau bundanya bisa masak dan anknya bs ditinggal ya mending homemade kalau ank yg ga bisa ditinggal dan ga mau repot ya udah yg instan, kalau bs 22 nya ya silahkan.. hehehe

Aku kadang di selang seling sama ini bun, tapi tambah prohe, lt, sama keju. Ini instant tapi bukan yg pakai air panas terus langsung matang. Ini harus di masak lagi bun.

Post reply image