82 Tanggapan

Pertama bunda, setelah menikah itu memang perempuan surganya di suami lagi bukan kepada orangtua jadi perempuan sudah tidak punya tanggung jawab kepada orangtuanya dan memang benar suami pun ngga ada tanggung jawab kepada orangtua bunda hanya memang harusnya melalui kesadaran suami sendiri jika memang seperti itu keadaannya apalagi suami berprinsip demikian ya sudah ikuti saja kemauannya, mungkin bunda merasa berdosa dengan orang tuanya tapi balik lagi menikah itu ibadah jadi ya mungkin ibadah bunda ke suami diuji dengan uang yang dikasih ke orangtua masing2.. Kedua ya bunda, sampai kapanpun suami itu punya kewajiban bertanggung jawab ke orangtuanya sendiri terutama ibunya, kita sebagai istri gak boleh sesekali menyimpan gak suka suami memberi sesuatu ke ibunya walau ke ibu kita gak diberi, karna sejatinya seorang suami itu wajib menceraikan istrinya atau menikah lagi dengan wanita lain apabila istrinya tidak ridho bila suaminya berbakti kepada orangtuanya walau orangtua istrinya dilupakan.. Ketiga bun, keuangan siapa yang mengatur? Jika bunda yang mengatur lalu mengapa tidak pintar2 menyisihkan uang untuk suatu waktu diberikan kepada orangtua bunda? Kalo saya memang saya yg mengatur keuangan, sebelum suami saya gajian saya udah belajar matematika semaleman buat bulan depan, ngasih ibu suami selalu lebih besar dan kalo ga ada lebih saya bilang maaf ke ibu saya sendiri bun alhamdulillah ibu saya ngerti ya karna kebetulan ibu saya kerja jadi pegawai swasta gajinya ibu saya 10x lipet dari suami yg malah suami dibawah umr.. Jadi bunda, gak boleh marah, mungkin bunda kecewa sama perkataan suami tapi kita sebagai istri memang dituntut untuk patuh walau hati kecil kita menolak, memang murninya anak perempuan itu dari kecil sama orangtuanya dididik untuk jadi patuh kelak sama suami ketika dia sudah menikah bunda.. Bunda nanti malam temui suami, bilang maaf sama suami kalo bunda sempet gak suka dengan aturan suami yg kurang memperhatikan orangtua bunda, katakan pada suami bahwa sesekali bunda ingin memperhatikan orangtua bunda gak usah tiap bulan kasih uang kalo suami keberatan, belikan sembako juga sudah cukup ko bun, lumayan meringankan orangtua bunda.. Bismillah bun..

sebenarnya yaa, ngasih org tua kita bukan kewajiban suami kt :) tapi, kalau suami mau ngasih ya gpp sekali2, misal pas lg dpt bonus besar atau rejeki besar lain. knp ngerasa ga adil? yg wajib bantu org tua bunda adalah misal bunda msh punya abang laki2/ adik laki2 yg sdh bekerja, kalaupun bunda mau bantu ya sebisanya aja dan itupun harus seizin dan ridho suami ya, sy dr awal sblm nikah pernah blg jg gini ke calon suami.. klo sy biasa bantu org tua sy tiap bulan.. semenjak nikah kan dilarang tuh kerja ngandelin suami aja walau Alhamdulillahnya suami berpenghasilan lbh dr cukup, sy blg kesuami sy msh pengen bantu org tua sy, bukn krna ngerasa ga adil ya. Alhamdulillahnya mertua sy msh lbh dari mampu kehidupannya dan supeer baik, malah yg nyaranin suami ngasih ke orgtua sy ya mertua. dl suami agak kya berat gt krna ya setau dia emg bukn kewajibannya, yaudalah sy jg gamaksa, tp setelah nikah Alhamdulillah lg dia jd ngerti sendiri. skrg tiap bulan dia kasih org tua sy. tp balik lg.. itu tergantung keinginan suami. kt gausah maksa apalagi ngerasa ga adil, balik lg ke awal.. org tua kt bukn tanggung jawan suami kita :)

lah bentar, apa wajib ya suami ngasih uang ke orang tua istrinya? kan kewajiban suami itu menuhin kebutuhan dirinya, lalu ke istri dan anak. misal ada sisa ya dia ngasih ke orang tuanya, terus ke saudaranya. mungkin kalau ada uang lebih lagi baru suami ngasih ke ortu istri tp itu gak termasuk prioritas. ini ajaran ortu saya ya bun, saya di didik bkn menjadi wanita yg mengharapkan suami jadi sosok utama yg saya andalkan dalam urusan ekonomi pribadi dan mama papa saya, saya di didik buat jd wanita pekerja keras yang bisa memenuhi kebutuhan saya + dapat menolong mama papa saya bahkan adek saya. tp sejauh ini papa mama saya gak pernah mintak uang cuman saya yg rajin ngasih, bumer juga saya kasih uang dgn nominal sama cuman mama papa saya lbh bnyk dpt hadiah fisik dari saya itu aja. dan suami gak pernah komen.

alhamdulillah krna aku masih tinggal drmah orgtuanku sendiri. jadi keseringan suami kalo beli apa2 pasti belinya lebih dari satu dan inget sama ibuku.wlwpun bukan uang tapi sekedar makanan kita selalu beli lebih dri satu buat ibuku ponakanku kakaku juga dan kadang buat bapakku juga. mlah ke ibunya jarang. tapi lebaran ini alhdulillah rejeki lagi bnyak. kita beliin bingkisan buat ibuku dan ibu mertua kaka2ku dan bibiku. bingkisan buat ibuku dan ibu mertua disamain isinya. dan kita kasih uang bulanan buat blnja kaya biasanya ke ibuku dan dsruh dilebihin sama suami dan suami kasih uang juga ke ibunya. wlwpun suamiku agak selon tapi aphamdulillah dia ga pernah pelit kalo mslah uang dri dulu. mlah sering yg dipikirin aku bukan dirinya. aku mah beli baju ini itu. dia mah bajunya pada kusut kalo bukan aku yg beliin.

ya syukur klo gitu.. tp si ts kan minta saran dan pendapat, kok malah pamer si? nggak punya etika dan simpati banget

Wajar bund kalo suami ngasih lebih banyak ke ortunya sendiri, lagian memang itu yg lebih wajib. Suami ngasih ke ortu istrinya itu memang hukumnya tidak wajib, jadi bukannya tidak adil. Kecuali dr sebelum nikah sudah komitmen. Kyk sy dn suami. Dr sebelum nikah sy udah bilang, sy masih ttep mau berbakti sama orangtua sy secara finansial walaupun sy sudah nikah. Alhamdulillah suami setuju ikut bantu, walaupun ttep yg dapet lebih banyak ibunya sendiri, sy ga marah dn ga kecewa, krna memang ibunya butuh lebih banyak uang. Katakanlah dulu suami ga setuju sy berbakti sama ortu, mungkin sy ga akan nikah sama dia. Krna kan biarpun tidak wajib, ngasih ke ortu istri bisa jadi dinilai sebagai sedekah. Dan sebagaimana yg kita semua tau, sedekah itu bisa melapangkan rezeki.

VIP Member

Ngasih uang ke org tua itu bentuk sedekah bun. Kalo dia ke org tua nya sendiri itu masih hitungan berbakti. Suami wajib memberi nafkah ke istri dan anak terlebih dahulu, jika ada sisa bisa dipakai untuk diri sendiri (suami), jika masih tersisa bisa disedekahkan dgn org tua dan kerabat. Tinggal didiskusikan aja enaknya gimna. Apa dari kebutuhan keluarga kalian masih ada sisa? Ya setidaknya ya berbakti ke org tua bukan cuman masalah uang aja. Toh kalo bapak masih bisa kerja, ya nda masalah sih. Menurut saya ya.. kalo saya harus ngasih mami saya krn janda. Sedangkan mertua masih lengkap, bapak juga kerja, ada adek suami. Ya saya pikir bisalah masih dibagi adil sm mami saya yg sendiri dan saya anak tunggal. 🙂

Kalau saya biasa aja bun.. Saya tau bukan kewajiban suami memberikan uang ke ortu kita bun. Makany saya ga prnah meminta apalagi menuntut suami memberikan nafkahny ke ortu kita, kecuali kalau bunda bekerja sndri bolehlah bunda memberikan sebagian penghasilan bunda ke ortu. Jangan merasa tidak adil yah bun, memang sprti itu..☺ Pikirkan aja, skrg bunda sudah menjadi hakny suami dan suami bunda sudah menfkahi bunda selama ini. Tapi suami bunda juga masih punya kewajiban kpd ortunya, jdi jangan tambhkan lagi beban suami bunda yah.. kasian.. Kecuali jika keuangan bunda dan suami sudah melebihi dari cukup, tidak apa2 untk memberikan sdkit ke ortu bunda itu pun tetap harus atas ijin suami. 😊

hai bun, i can related. Bunda ga minta suami memberikan hak yang sama seperti ke ortunya. Bunda cuma minta sedikit dan sesekali untuk ortu bunda. Dan terlepas dari beragama atau engga nya seseorang yang namanya dia punya perhatian juga ke mertua pasti akan memberi juga untuk mertuanya. Dan suamimu ga begitu. Masalah uang sangat sensitif Bun, apalagi bawa² ortu. Yang ada suami bisa suudzon ke ortumu juga, mengira kamu dididik hanya untuk meminta hak mereka. Padahal ortumu ga begitu kan. Solusinya komunikasikan dlu keinginan bunda. Kalo masih ga sepaham coba Bunda minta hak bunda semuanya, semua nafkah sebulan. Bunda sisihkan nafkah bunda untuk ortu bunda. Mungkin itu yang terbaik Bun.

kalo aku sih Bun... mertua kan kebetulan udh gak tgl bersama lg jadi suami kadang ngasih bpkny aja ibu gak pernah itupun jarang jg Bun... nah kalo ngasih ke ortu ku plg ya cukup beli beras dan blanjar lauk pauk ny ah bunda krna aku dan ortu ku masih satu rumah dan kalo masalah adil kadang iyaa sy bilang ke suami " kalo punya rejeki jgn ngasih ke ortu ku aj a' bpk sama ibu yg di probo jg kasihi kasihan a' harus adil disini dikasih disana jg dikasih, disana dikasih dan disini jg kasih a' jgn gt sama" ortu kita " gtu Bun suami stju2 aja Bun ☺️ 🥰 . jadi coba lah musyawarah lagi sma suami Bun insyaallah suami aku ngerti☺️☺️smg berhasil Bun ☺️

butuh waktu beradaptasi untuk suami benar benar menganggap orang tua kita sebagai orang tuanya bund, keuangan pun sama terhadap istri, kita gabisa menuntut langsung semua gaji harus diserahkan kekita, akupun dulu sama awal pernikahan cuma dikasih jatah uang satu juta, tapi aku ga lgsg marah aku pikir biarin aja toh itu kerja keras dia tapi akhirnya Alhamdulillah dengan sendirinya dia percayakan gaji nya seluruhnya termaksud uang sampingan dia, sambil doakan dan beri pengertian ya bund, ngga ada salahnya memperlakukan orang tua kita seperti orang tua kandung nya malah berpahala disisi Allah

Pertanyaan Terkait

Pertanyaan populer

Artikel terkait