4 Tanggapan

Penyebab bayi kuning adalah karena organ hati pada bayi baru lahir belum sepenuhnya berfungsi layaknya orang dewasa. Fungsi hepar salah satunya menyaring darah dan menyingkirkan bilirubin yang akan dikeluarkan melalui urine dan BAB Karena fungsi hepar pada bayi yg belum efektif itulah yang menjadi sebab menumpuknya bilirubin sehingga bayi tampak kuning... Tidak selalu bayi yang lahir akan kuning.. Kuning fisiologis muncul pada hari ke 3 puncaknya hingga hari ke 5... Kuning fisiologis inyaaAlloh bisa diturunkan kadar bilirubinnya dengan pemberian minum yg cukup... Susui lebih sering... Agar bilirubin larut dalam air terbuang melalui urine dan BAB.. Bila dengan disusui lebih sering tidak cukup membantu, maka evaluasi cara menyusuinya. Cari sebab kenapa intakenya tidak cukup.. *perlekatan menyusui yg salahkah? *apakah ada tongue tie? *apakah ibunya stress sehingga ASI keluar sedikit padahal perlekatan sudah benar kah?.. Kalo kuning yg patologis belum tentu cukup dengan pemberian minum ASI/disusui lebih sering... Biasanya diperlukan intervensi medis salah satunya fototherapy... Bila kondisi hiperbilirubinnya begitu berat ada juga yg sampai di exchange transfusi.. Darah bayinya diganti dengan darah yg baru... Bayi yang kuning sebelum /setelah 24 jam pertama lahir Biasanya karena infeksi dalam kandungan, kelainan /penyempitan salah satu bagian dari organ hati Tp itu jarang terjadi.. 1 banding sekian kelahiran. Bayi kuning tersering yg fisiologis atau normal turun dengan sendirinya seiring kematangan organ hati memecah Bilirubin. Puncak nya hari ke 5-7 setelah lahir.. Mulai turun Hari ke 8-14.

TapFluencer

Klo saya di buatin kyk gini,dan ini saya pake 2 lampu yg satu di atas pala saya tidur hehe tp lampu tidur ,soalnya drmh mertua sya klo tidur harus gelap jd saya terangin khusus buat ank aja

TapFluencer

Di terangin pake lampu bohlam yg kuning bun Ank ku aja juga kuning tp cek lab kuning normal, tak kasih lampu,jemur lama

Jgn pas di atas pala aja nnti matanya ngeliat2 ke atas lampu

Biasanya akan hilang sendiri 1-2 Minggu Bun, ttp kasi Asi dan rajin jemur aja bunda.

Insya Allah normal Bun, yg penting ttp penuhi kebutuhan Aslinya ttp tercukupi, klo masih galau boleh bawa ke DSA Bun biar gak kepikiran.

Pertanyaan Terkait

Pertanyaan populer

Artikel terkait