โœ•

13 Tanggapan

bundaaa, kinestetik itu cara belajar. dan wajar banget anak 1,5 tahun ga bisa diem maunya kabur2an, nyoba sendiri melakukan apapun. selama dia bisa menyusun kalimat 2 kata gitu sebenernya bukan gangguan. kata2 belum jelas asal dimengerti maksudnya itu cukup, misal belum bisa mengucap L, R, Z... anak saya umur 2, bilang kasur itu kakus, terus jadi teyus, namanya sendiri sena juga masih sering dibilang nena (akhir2 ini dia jadi gajah sih) anak saya juga lari2 mulu ga bisa diem. ngajarin bicaranya dulu bukan dengan suruh menirukan, tapi diajak ngobrol aja. malah orang dewasa yang ngikutin dia, kaya dia ngomong "bading bading" sambil tunjuk baling-baling, kita bilang "oh iya, itu baling-baling... bagus ya warnanya merah bisa muter". sekarang umur 2 alhamdulillah udah cerewet ๐Ÿ˜… untuk baca, kami dapat kado buku bantal kecil dari RS, promo miln* wkwk. isinya 3 lembar doang, gambar hewan, tulisan nama hewan, sama bunyi kresek2 kalo diremas. udah itu mainan pertama dia, dikuwes, ditarik, digigit... lebih pilih kunyah2 buku itu daripada teether. kadang2 dibuka2, tunjuk gambar, sok2an orang dewasanya cerita "ini jangkrik, krik krik, lompat lompat", sambil bukunya dilompat2in. makin gede, ada buku2 lain. yang buku kertas tebal biasa, buku berjendela... semua kita perlakukan seperti mainan gitu. kalo anaknya mau dipangku perhatian ya bagus, kalo pas mau lari2 ya udah. dicoba aja konsisten sekali sehari dulu, sambil makan snack atau yang pas dia ga lari2 banget.

iya sih, kaya speech delay... harusnya udah minimal 20 kata kalo ga salah. coba ke klinik tumbuh kembang aja.

Bunda kalau mau bacain buku ke Balita itu saat menjelang tidur, bukan saat bermain, ini kalau yg tipe anaknya kinesthetic ya, bukan anak yg bisa diajak kerja sama. Jadi jangan dipaksa untuk duduk diam dan fokus mendengarkan, disini aku tegasin aja mendengarkan bukan membaca ๐Ÿ˜Š. Anak kinesthetic lebih suka bermain, Dan antara otak dan ototnya saling kolaborasi. Fokus aja untuk melatih motoriknya, jangan difokusin untuk duduk diam, karna anak kinesthetic gak bisa diam kalau kita gak latih motoriknya ๐Ÿ˜… ibarat kata kita nih mau belajar jalan, Kan stimulasinya itu dorong2 galon/kursi, tapi kita nih maunya langsung lari. Itu gak bisa bunda cantik. Jadi harus bertahap terutama anak kinesthetic ๐Ÿ˜Š btw anakku jg kinesthetic + strong willed temperament. Aku ajarin dia huruf, angka pun sambil lari2an ๐Ÿ˜… Kecuali kalau ada Hal yg ingin dia pelajari, dia akan fokus, tapi kalau sesuatu yg menurut dia gak menarik, harus ngajarinnya itu SE unik mungkin, sekreatif mungkin ๐Ÿ˜. Anak 1.5th ini wajar bila hanya bisa ucap satu kata, belum merangkai kosakata, Dan kalau pengucapannya belum jelas, ya wajar juga. Terus aja latih dengan kesabaran. Nanti usia 2th merangkai 2 kata, usia 3th membentuk kalimat pendek.

Peluk jauh bun ๐Ÿค— iya bun paham banget namanya juga baru pertama kali jadi Ibu, dan aku pun sering lihat anak2 temanku, mreka sudah pandai ngomongnya. Bahkan aku sendiri pun usia 2th itu sudah lancar ngomongnya, sudah bisa ngomong R. Tapi DSA anakku bilang, setiap anak memiliki perkembangan yg berbeda, jadi kita gak bisa jadikan anak lain sebagai standar normal perkembangan. Keponakanku didiagnosa speech delay, karna dipanggil tidak merespon, 18 bulan hanya bisa mama papah. Memang anak kinesthetic itu luar biasa bun, anakku pun yg usianya 3th, sulit untuk dikontrol. Dan anakku pun bicaranya baru bisa dipahami itu saat usia 3th. Sudah dicek juga apa autis atau bukan, ternyata normal aja bun. Jadi gak perlu khawatir, yg penting kita banyak sabar aja deh sama anak kinesthetic ๐Ÿ˜… dan semangat terus ngajarin kosakata, nanti lama2 juga bisa

bernyanyi dan menirukan suara benda anak saya paling suka jalan-jalan sama ayahnya sore-sore 2km ada, jadi kalo ngajak pulang anak mesti digendong karena tidak mau pulang! suami jalan 4km tiap sore. haha ok.. perjalanan pertama di rumah tetangga ada induk ayam bersama anaknya ==> induk ayam dikejar musang (upin-ipin) next, di desa tetangga ada truk ==> om telolet om ada mobil circle (pemotong kayu) ==> tiru suara edek-edek-edek ketemu kucing ==> meoong-meoong ketemu anjing ==> gukk.guuk. mobil ==> tiin.tinn lihat pesawat lewat ==> pesawat terbang..wuussss... ada bebek dan angsa ==> potong bebek angsa ada excavator ==> excavator (balita yt lagu excavator) ada motor ==> motor! ngeeng.ngeng warung bakso ==> abang tukang bakso (lagu anak) lihat cicak ==> cicak-cicak di dinding masuk kandang sapi orang ==> moooo masuk kandang kambing orang ==> mbeek. ek. ek ketemu mbah-mbah ==> cium tangan, terus pergi. suruh bilang "dadaa mbah"

masyaAllah terimakasih bun sharingnya, semoga sehat selalu yaa. aku udah terapin seperti itu, tp mungkin harus di banyakin lg sabarnya ya karena dia belum keluar kosakata yg jelas, kalo ngomong asal asalan yg tanpa arti gitu sih dia udah cerewet sambil mainan, lari, lompat

anak kita seumuran bund, emang lagi fase nggak bisa diem, suka manjat2, lari2. kalo saya siasatin biar anak diem itu main masak2an, kasih air/tanah di wadah, suruh nyendokin ke wadah lainnya. sambil cerita lagi masak disuruh ngikutin beberapa kata yang kita ucapkan. bisa juga aktifitas numpuk2 benda gitu, nanti pura2 dijatuhin tumpuk lagi. anak saya mau fokus diem. nggak harus baca buku sih, banyak aktifitas yg lain kok.

kalau ngomong merangkai kata belum bisa, tapi sudah banyak kosakata yang dikuasai, meski pelafalannya belum jelas misal ngomong bintang jadi itang, singa jadi nyinga.

kata siapa anak kinestetik Bun??? kayaknya hampir semua anak usia segitu sekali contohin bisa deh Bun... trus yg nyuruh baca buku juga siapa?? sering2 ajak ngobrol atau sosialisasi coba Bun... menurutku itu ngaruh banget.. anaku usaianya 19bulan juga udh ngrangkai 2kata Bun..

VIP Member

jangan self diagnose, yg bisa ngediagnosa anak bunda kinestik atau bukan itu cuma DSA aja alias dokter anak. yg tau gangguang atau engga jg cuma dokter. kasian loh anakmu kalopun ternyata normal2 aja tp malah di bilang gangguan sm ibu sendiri

ya maaf kalo kamu merasa terpojokkan soalnya di atas kamu ga ada bilang org lain yg ngomong anakmu itu kinestik, kamu lgsg bilang "tipe kinestik". dan jg saran aku gausah terlalu denger omongan orang

anak umur segitu ya emg ga bisa di suruh duduk diem baca buku.. anak umur segitu lg aktif2 nya, explore kesana kemari.. coba bacain bukunya pas mau tidur atau pas adek lg main mama baca aja kenceng2 di samping dy..

VIP Member

ajak ngbrol bun..bcain bukuny ps mw tidur aja..smw ank d bwah 3 thn bgtu bun..gk bisa diem..diem 5 mnit aj syukur deh..tp gk prnh tuh 30 dtik aj udh gk betah..sring ajak ngbrol aj bun..bcain buku ps mw bbok..

VIP Member

Duh msh keciiil bgt, msh 1.5y, mommy ๐Ÿ˜… Anakku 1y8m aja baru bisa ba=bola/balon, baba-baba = laba-laba Skrg usianya udh 5y udh cerewet bgtbgt, mulai bawelnya sih usia 3y, apapun ditanya sama dia

jd masih dlm batas wajar ya bund anakku ngomongnya blm lancar? aku keliling nyari DSA di kota ku yg khusus untuk tumbuh kembang anak tuh full slot untuk bulan ini, tp aku udah keburu gak sabar gitu loh bund, panik sekali denger omongan orang sana sini ๐Ÿฅฒ

yg bilang ada gangguan jg siapa bun? bawa ke dsa tumbuh kembang dan psikolog anak aja dulu bun, nanti pasti diobservasi anaknya, dan ortu diberi arahan stimulasi sesuai kemampuan anak..

Pertanyaan populer