SC bukan rayon

Bun Mau tanya Saya kan bpjs pemerintah bun Nah saya kan maret ntar SC Misal nya nih saya kontrol nya ke dokter umum, dokter nya praktek di RS A bisa gak saya SC sama dokter yang saya kontrol di RS tempat dokter nya praktek. Tanpa rujukan dari puskesmas karna bukan rayon puskesmas nya?

7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

1. bila ada kerjasama dengan BPJS bisa melakukan SC terprogram dengan RS yang dituju. tapi RS tersebut masuk dalam ring rujukan faskes 1. 2. tetap butuh rujukan faskes 1. kecuali persalinan darurat atau kejadian darurat wajib ditangani tanpa rujukan di seluruh indonesia. saya pernah post soal BPJS kebetulan saya post sesuai pengalaman saya melahirkan July 2021 kemarin. Pengalaman hamil dan melahirkan menggunakan BPJS 2021 . linknya ini: https://community.theasianparent.com/q/mohon_save_ya_karna_akan_sangat_amat_panjang_klik_bendera_di_pojok_kanan_atas_ja/3447272?d=android&ct=q&share=true https://community.theasianparent.com/q/the_moment_a_child_is_born_the_mother_is_also_born_mohon_save_ya_karna_akan_sang/3447263?d=android&ct=q&share=true semoga membantu ya ๐Ÿค—

Baca lagi
2y ago

sudah di jadwal SC bun alhamdulillah hehe kemaren tetap di RS yang sama tapi dengan dokter yang berbeda.

kalau pngalaman teman dan saudaraku, dy kontrol di klinik dr A, mau SC di RS (tempat praktek dr A) itu bisa bun. nnti pas di klinik lgsung mnta rujukan dri dr A itu, trus nnti bidan kliniknya yg nyariin kamar gitu deh.. (nyariin kamar=konfirmasi ke RS) pernah juga yg mau lairan normal, lgsung ke IGD blg klo saya pasien dr A, lgsung deh bisa pke BPJS. gk pake umum. jadi tergantung dr nya mau bantu / mmpermudah gk gitu kok bun..

Baca lagi
2y ago

iya kemaren maksudnya gitu bun tapi gak jadi jadinya ke RS yang sesuai sama faskes

klo sya waktu lahiran ga pake rujukan mom, kebetulan waktu itu bidanku takut ketubanku rembes krna di observasi dari pagi smpai malam bukaan susah nambah sedangkan darah sering keluar tiap pipis, jdi langsung di suruh ke IGD. setelah 24 jam lebih di RS susah lahiran normal akhirnya minta SC, kebetulan dokter yg SC saya itu yg dokter yg biasa USG sya waktu hamil krna buka praktek nya di RSUD, dan sya lahiran di RSUD itu juga.

Baca lagi
2y ago

saya anak pertama dulu juga gak rujukan bun. makanya bingung anak pertama dulu 32w uda sc

kalo kontrol nya ke dr.umum , sc nya harus sma dokter obgyn mba . tapi kalo misalnya mau sc di RS tmpt dr. itu praktek bisa . sebenarnya kalo uda ada jadwal sc nya , kontrol terakhir harus nya lngsung ke rs aja . jadi dr.obgyn nya bisa lngsung kasihtau jadwal sc nya . kalo uda di jadwal biasanya lngsung aja dtg ke bagian obgyn . memang dimana2 kalo pakai bpjs , wajib ada rujukan mba .

Baca lagi
2y ago

kontrol nya sama dr obgyn kok mbak. maksud saya kemaren saya mau coba ke RS dekat rumah kemaren ada WA admin RS di sarankan kontrol 2x bayar umum non BPJS nanti dibantu sama dokter nya untuk SC di RS tersebut, jadi dokter nya yang kasih surat gitu. tapi sekarang saya uda di RS yang rayon saya. alhamdulillah uda dijadwal

pakai rujukan Bu apalagi BPJS pemerintah ya mau ga mau NNT fakses tingkat duanya ya yang ada d daftar mereka. sc ga bs tanpa rujukan kebanyakan karena sc kebanyakan tindakan terencana itupun bunda harus kontrol ke puskesmas dulu buat dapat rujukan, kalo enggak ya sulit .

Baca lagi
2y ago

sudah bun kemaren uda dapat rujukan sekali ke RS A tapi dokter nya agak gimana ya jelasinnya pokoknya udalah saya yang tau. terus kan dekat rumah ada RS nah maksud nya mau coba kesitu, uda WA admin RS di sarankan kontrol umum non BPJS 2x jadi nanti dokter yang membantu untuk SC disitu. tapi sekarang saya uda balik ke RS A, RS yang awal saya rujukan tapi dengan dokter yang berbeda

Setau aku gak bisa asal pilih rs bund, harus pake rujukan, nah rsnya juga dipilih dari tipe C dulu, kalo tipe C gak sanggup naik ke tipe B gak sanggup juga naik ke tipe A. Kecuali sc cito karna kegawat daruratan bisa di rs mana aja yg terdekat.

2y ago

bisa pilih RS tapi sesuai dengan rayon faskes 1 bun

kalo mau pake BPJS, faskesnya harus sama, misal dari puskesmas A rujukannya ke RS A, kalo puskesmas A trus minta lahiran di RS B ya gak bisa, nanti gak di claim dan dicover sama BPJS nya

2y ago

iya bun.