Berpengaruhkah puasa pada bumil?

Bun mau nanya ada yang punya pengalaman sama gak? Jadi saya ikut puasa ramadhan, suami selalu larang tapi saya selalu bilang saya kuat, ada satu masa saya sampai muntah darah bun sekitar jam 4 gitu baru saya batalin puasanya sampai malam gak bisa tidur karena bagian dada di sebelah kiri terasa perih. Besok nya saya lanjut puasa lagi terus saat buka cuma makan kurma dan minum air sambil makan beberapa roti, terus saat mau pergi cari makan karena seharian lemas gak bisa masak saat di tengah jalan kepala ku pusing banget minta paksu berhenti saat sudah berhenti gak tau semua udah gelap terus tiba-tiba badan saya lunglai gitu aja jatuh ke tanah.

48 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Itu namanya badan udah gak kuat, si egonya di tinggikan bilang kuat kuat. Aku awal puasa juga pernah gitu, tiba2 lunglai, padahal sahur makan bener, buka makan bener. Kalo udah gt ya besoknya ga puasa dulu. Badan minta penyesuaian dulu, mungkin bisa karena cape, mungkin dehidrasi, mungkin emang nutrisi kurang. Pengaruhkan sama bumil, ya jelas berpengaruh dong, bumil bawa 2 nyawa ibaratnya, mana yang satu belum bisa ambil nasi sendiri, cari lauk sendiri, apa-apa bisanya numpang lewat apa yang dimakan si ibu. Kalo emang niat puasa, ya sahur sama bukanya di benerin. Makan makanan yang bener biar selama ga makan minum si kecil masih tercukupi asupannya. Dari sini paham. Duh kah jadi cerewet.

Baca lagi

Kondisi orang beda beda bunda. Kalau udah tau bunda ada keluhan baiknya ga puasa dulu. Coba cek ke dokter dengan kondisi bunda begitu apa memungkinkan buat puasa lagi, apa dedenya sehat. Alhamdulillah aku puasa terus, batal 4 hari di awal ramadhan karena memang perut sakit jadi disaranin dokter ga puasa dulu sampai perutnya enakan. Tapi pas aku ngerasa udah enakan alhamdulillah kuat puasanya, pas kontrol 3 hari lalu juga semuanya bagus kata dokter. Jadi emang harus peka yah bun sama badan sendiri. Saran ku kalau ada apa apa sama badan sendiri sebaiknya langsung periksa ke dokter usg buat liat dede apa baik² aja yah bun, jangan hanya nanya disini tapi ga ada tindakan buat ngecek.

Baca lagi
VIP Member

Kenapa sih bumil2 ngotot banget mau puasa padahal ada janin yg harus dikasih banyak vitamin dan asupan karena dalam masa pertumbuhan/perkembangan. Puasa bisa diganti dihari lain atau bisa fidyah. Tp anak ? Islam itu mudah, Allah saja memudahkan hambanya dalam beribadah. Kebetulan sy bidan. Maaf klo sy agak gemes sama masalah ini. Karna sy sangat peduli dg kesehatan bumil dan janin. Banyak pasien sy datang dg keluhan pingsan, lemes, muntah2, janin pergerakannya lemah, DJJ lemah, keguguran, bahkan janin meninggal didalam karena bumil puasa. Bumil kuat puasa blm tentu janjnnya kuat puasa juga. Tolong jadi perhatian utk bumil2 lain yaa☺️

Baca lagi
Post reply image
4y ago

Bunda anonim: innalillahi, turut berduka cita bun. Semoga keluarga diberi ketabahan ya bun😔

Yaallah bun, maaf ya bunda kok tetap ngeyel menjalankan puasa sedangkan keadaan bunda sudah seperti itu? Aku yg baik2 aja setiap puasa perut kadang suka panas sama lapar haus gak ketahan aku langsung batalin bun, kesian janinku.. ibu hamil gak diwajibkan untuk puasa krna bisa diganti dihari lain, krna apa? Ada bayi didalam perut kita yg harus kita kasih makan.. Beda lg kalau ibunya puasa terus gk ada kendala. Klo udh terjadi 1 masalah berhenti jgn dipaksa.

Baca lagi

Awal puasa sya jg ikutan bun sya gk lemes hanya saja stiap sdh msuk jam 4 sore sya kliyengan pusing perut suka kram dan yg sya rasa2 baby kyk kurang gerak sya langsung ambil keputusan utk tdk puasa sya hanya puasa dpt 4 hari sya gk mw egois terhadap baby sya krn qta mungkin kuat utk puasa tp qta gk prnh tau keadaan baby qta di dlm gmn .. Jdi klo menurut sya jgn di paksa kan utk berpuasa bun sblm akhir y menyesal dgn hal2 yg tdk di inginkan 🙏🙏

Baca lagi

Ga usah egois lah ya udah tau ga kuat, Masih ajja dipaksain, Menurut kamu Kuat puasa tuh kayak gimna?? Kamu bisa nahan laper sampe Maghrib gitu?? Trus ga mikirin janin kamu kuat ga buat diajak puasa?? Suka sebel kalo udah gini, Kalau kamu mau puasa ya silahkan tapi please lah kalo udah tau ga kuat trus ngapain sok2 an urutan lagi Be smart ya mom, buang semua keegoisan mu sekarang udah mau jd ibu, mikirnya buat anak yg diutamain

Baca lagi

Bun klo mau puasa asupan makanan pas malemnya sesuaiin sama yg biasa di lakuin pas blm puasa, banyakin minum, itu juga klo kehamilannya gaada keluhan, klo misalkan ada keluhan jangan di paksakan, saya dari awal hamil ngebo ngga pernah mual muntah, dan Alhamdulilah detun juga gakurang aktifnya. Jadi saya ttp puasa bukan saya so kuat, so tau janin di dalem baik2 aja, sblmnya saya sudah konsul dulu sama bidan jadi yah aman2 aja.

Baca lagi

Kalau saya Alhamdulillah puasa enggak ada yang bolong, dan gak ada halangan apapun. Tapi nutrisi untuk baby tetep saya utamakan, dari buka sampai sahur gak lupa makan sayur ikan buah susu vitamin pokoknya yang bikin baby tetep aktif. Malah sejak puasa saya makin aktif gerak dan aktifitas Alhamdulillah sehat aja. Kalau bundakan udah berusaha puasa, tapi ada problem lebih baik disehatkan dulu kasian baby-nya.

Baca lagi
VIP Member

Yaa ampuun ko ga sepeka itu sih bunsay 😭😭.. Ya kalau muntah, langsung batalin Kalau lemes banget, langsung batalin Kalau pusing lebih dari sejam, langsung batalin Saya aja kalau pipis udah warna kuning, langsung saya batalin bun.. Takut dede kurang cairan Kalau pusing langsung batalin, takut gula darah rendah... Dan nutrisi tetep harus dijaga bunsay 😭😭 Aku kasian sama dede nya 😭😭

Baca lagi

Jangan dzalim bun sama janin, bunda kuat blm tentu janin kuat. Menjaga amanah alloh itu udh pahala besar bun, jangan sampai di dzalimi... Jangan sampai menyesal di kemudian hari bun karna ego bunda yg maksain buat puasa. Puasa itu bisa di qodho, sementara hamil kita gak bisa tau apa kita masih di percaya sama alloh atau engga, bisa jd ini kesempatan kita sekali2 nya seumur hidup.

Baca lagi