ibu hamil puasa ga

bun aku pas 9 bulan nanti bulan puasa, bunda bunda wktu hamil ada ga yg pas bulan puasa dan puasa ga? tlg d jwb ya bun

31 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Bun, setahu semua umat Islam yang sehat jiwa raga, dalam keadaan suci, dan mampu, wajib puasa. Jadi jika Bunda mampu, Bunda bisa saja puasa, tapi jangan memaksakan diri yah. Kalau terasa nggak kuat, batalkan saja nggak apa-apa. Coba saja dulu puasa atau jika Bunda khawatir dengan kesehatan Bunda dan/ atau janin, setahu saya nggak apa-apa juga nggak puasa. Nanti kewajiban puasanya bisa diganti sesuai aturan yang berlaku. Saya dulu pas hamil, jika kuat yah saya puasa, pas nggak kuat yah saya batalin. Utamakan kesehatanmu dan janin (atau anak jika nanti sudah melahirkan). Sekarang saya nggak lagi hamil, tapi saya ada penyakit kronik. Jadi saat saya coba puasa, kalau pas kuat dilanjutkan, kalau nggak kuat saya batalin.

Baca lagi
TapFluencer

Puasa tahun kemaren aku sudah 9 bulan, sudah mendekati HPL jadi gak puasa bun karena gak kuat. Aku ikut suami makan sahur tapi jam 8 pagi kalau belum makan lagi, perut aku perih banget. Udah gitu gampang haus juga karena perut sudah semakin membesar jadi kalau melakukan aktifitas suka engap gitu. Bunda konsul ke dokter atau bidan dulu, kira-kira kondisi bunda memungkinkan untuk puasa atau tidak. Tapi kalau memang tidak memungkinkan untuk puasa, jangan dipaksakan.

Baca lagi

Pas saya hamil tetap puasa bun.. alhamdulillaah bolong 2 hari karna saking lemesnya tau kan hamil tua bagaimana.. jgn ngobatin atau berpikir gak puasa karna kasihan sang janin malah jadinya bunda hutang 2 kali.. puasa gak bikin menyusut janin asal asupan bunda terpenuhin.. malah bikin sehat loohh.. tetap puasa biasa kalau emg sekiranya gak kuat bangeet sampe lemes dibatalin boleh tp jgn niat batalin karna kasihan sang jabang bayi yaahh..

Baca lagi
VIP Member

sependek pengetahuan sya dokter kurang menyarankan untuk TM3 puasa bund, karena dd bayik perlu asupan nutrisi yg lebih banyak di Tm 3. Sebenarnya mampu aja kalo puasa tapi yg dikhawatirkan itu kasian dede nya🥺 dalam islam pun ada keringanan untuk ibu hamil yg khawatir terhadap bayi yg dikandungnya, jdi daripada ragu dan berdampak buruk kedepannya lebih baik gak puasa aja bund, aku mikirnya gitu sih

Baca lagi
VIP Member

sama bun nnti saya pas bln puasa jg hamil tua... islam tu tdk mebebani umatnya kok bun klo kiranya mampu berpuasa ya puasa ndak ap2 bun tp perlu konsult dulu sama dokter/bidan ny karena bawaan bayi kn sndri2.. tp klo takut trjd ap2 sama dedekny ndak puasa jg ndak ap2 nnti bisa di qodo' lain x dan byr fidiah.

Baca lagi

tergantung kondisinya bundaa bun, dan kalo mau puasa tetep dalam pengawasan kebetulan sy juga tahun kmren hamil tua,tapi krna pas sekali puasa tidak ada masalah apa apa jdi saya lanjutin bun, tapi tetep diawasin gerak janinya dan harus dikonsultasikan dulu alhamdulilah selesai sebulan bun ngga bolong

Baca lagi

saya juga nanti saat bulan puasa udah 9 bulan bun. kalau saya milih untuk ngga puasa. saat ini uk saya mau masuk 7 bulan, kalau perut kelamaan kosong, asam lambung lgsg naik. juga kalau udah masuk trimester 3 kita harus pantau terus asupan dan bb janin agar ngga terjadi berat badan bayi lahir rendah.

Baca lagi
VIP Member

aku dulu hamil jg pas ramadhan tpi usia masi skitar 3-4 bulanan.. masi mual muntahnya, susah makan tpi klo dibuat puasa jg gakuat.. jdi ga puasa dan emng tdk dsarankan puasa dulu sama dokternya bun.. pas menyusui baru bisa full puasanya bun mskipun anak full asi dan dbf 😁

Baca lagi

kebetulan puasa tahun kemarin aku masih TM1 dan tidak disarankan puasa karna diagnosa apa gitu lupa namanya, intinya kekurangan gizi. juga sering mual jadi butuh banyak cairan. dikonsultasikan saja dengan dokter/bidan bund. klo TM3, untuk beberapa kasus malah disarankan puasa.

aku juga gitu. mana hamil pertama, jadi belum tau. pernah nyoba pas rajab pertamaan, sebab udah biasa rajab 3hari. eh, ndaa kuad. disaranin juga sih, kalo kuat ngga papa. kalo enggak, ya jangan dipaksa. bayar fidyah sama bayar puasa dilain waktu aja. meski pr banget sebulan.

Baca lagi