tinggal dengan mertua

bun aq lagi galau ni suami ku itu anak satu" nya semenjak menikah aq disuruh tinggal sama ibu nya karna bapa nya sering keluar kota tapi aq ga mau soalnya aq ngerasa ga cocok sama mertua ku dy itu suka ngatur" dan trlalu bnyk peraturan ya intinya bagaimana pun namanya rumah tangga ingin mandiri membangun kluarga sendiri dengan aturan kita klo bareng mertua rasa nya ga bebas banyak beda pemikiran sama mertua terutama cara mengurus anak gimana ya tapi disatu sisi kasian dy sendirian,,tapi didalam batin aq ga mau serumah sama dy

52 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Dulu aku pernah tinggal sebelahan sm mertua, bener2 gak enak bgt. Apa2 serba dipantau sampe aku beli baju buat anak aja dikomen, aku sih gak masalah klo dikomen asal bilangnya sm aku jgn blng keorng lain & orng lain yg menyampaikannya sm aku. Itu hal yg paling aku gak suka dr mertua aku. Klo aku ada salah, pasti mertua ngomongnya ke orng lain bkn langsung ngomong ke aku. Aku cerita sm suami, suami cm blng "ya ibu memang seperti itu sifatnya jd maklumin lah... yg muda ngalah aja". Sampai aku pnya anak 2 mertua aku msh seperti itu sm aku. Dan skrng ketambahan ada menantu baru yg disayang, makin2 deh aku gak dianggap sm mertuaku. Apa2 selalu menantunya dan cucu barunya itu. Skrng aku cm bs sabar dan belajar ikhlas dgn semua ini. 😭😭 Bunda kalau mau tinggal sm mertua difikirin lg dan diomongin lg sm suami jgn sampai akhirnya bakalan menderita bathin...

Baca lagi

Bun, saya juga tinggal bersama mertua. Meskipun suami bukan anak satu2nya, tapi ibu mertuaku sering sendirian karena bapak kerja. Awalnya memang agak seram. Berfikir kalau mertua itu pasti banyak ini itu. Tapi, ketika saya tinggal disana dan hamil. Alhamdulillah ibu mertuaku sangat perhatian. Bahkan suami sering di nasehati untuk menjaga perasaan saya karena saya mau d bawa pulang. Dan ketika lahir si princess kami. Mertua mulai protektif, segalanya salah. Sampai saya stress dan ASI tidak keluar (karena saya tipe orang yg sensitif dan melow). Namun, mengingat anak saya butuh ASI. Akhirnya saya acuh saja mertua mau bilang apa. Tapi memang terkadang ada kata2 yg bikin g suka. Namun, Alhamdulillah sampai sekarang si princess udah 4 bulan saya masih betah. Karena sampai kapanpun tidak akan ada benarnya mertua dan tidak akan ada benarnya menantu

Baca lagi

Sabar, Bun. Sy tau apa yg Bunda rasakan krn posisi kita sm 😁 Apalagi skrg sy masih mengandung anak pertama sy ditambah LDM dg suami. Rasanya nano2 ya, Bun πŸ˜… Cb diskusikan lg baik2 dg suami, Bun. Sy dulu seringkali berantem dg suami krn masalah ini. Mungkin krn waktu itu penyesuaian & penyampaian 'uneg2' masing2 kita. Cm lambat laun suami pun akhirnya mengerti bgmn ada di posisi kita sbg menantu. Apalagi posisi sy hamil spt ini pgn apa2 jd sulit & tdk leluasa spt di rumah sendiri. Dan alhamdulillaah akhirnya suami menyetujui kalo kita hidup mandiri tnp 'menumpang' di rmh ortu (walo entah kpn krn kita LDM & kerjaan suami yg berpindah2 πŸ˜… doakan semoga kita disegerakan bs mandiri ya, Bun). Kuncinya ya itu cm sabar & trs berdoa sj diberi jalan keluar plus kekuatan 😁

Baca lagi

saya juga pernah bun, dulu saya ngontrak sm suami krn saya ga mau serumah sm mertua pengalaman dr tmn2 juga ga nyaman sm mertua. tp minim sbulan skali pasti mertua maen ke kontrakan. skali maen kenkontrakan ada aja yg d komentarin. pernah tuh tiba2 mertua dtg bawain perabotan. pdhl saya sudah blg sm suami slama ngontrak ga usah d isi brg byk2 krn kita blm pasti netap d kontrakan slamanya. tp suami ga bs teges manut aja. yaudalah kontrakan penuh sm perabotan yg kdg ga kita butuh. pdhl saya ga masalah tinggal seserhana d kontrakan. nah suatu saat kerjaan suami pindah dan saya balik ke rmh ortu saya krn lahiran. suami repot pindahan sndr krn perabotan uda byk. saran saya sih mending ngontrak2 sederhana dulu berdua sm suami bun, toh kan belajar mandiri. Semangat ya bun ❀

Baca lagi
5y ago

setuju sama sarannya bunda nih

Bund,setiap rumah pny aturan sndr"..wajar kalo mertua bny aturan ini itu..mgkn mmg krn drumahnya spt itu..dmaklumi aja.jengkel?ya pasti ada jengkelnya..tp gmn"kt g bakal bs100%cocok sm mertua.mau mertua sbaik apapun tetep akan ada g cocoknya.. Klo masalah mertua bny ngatur,gmn"anak lelakinya dy tetep dianggep masih kecil bund..masih perlu diatur.dan mertua merasa kt sbg istri ini g bs ngatur anakny sebaik dy.. Kalo masalah ngatur,q meskipun tggl terpisah sm mertua,isi lemariq aja yg nata mertua..susunan perabot dirumah jg mertua yg nata.kadang ada pembawaan org yg spt itu mmg.krn yg q lihat,mmg dy tipe yg begitu..dbawa enjoy aja bund biar g stres sndr. Nanti kt pun akan jd tua..mgkn nanti kt jg akan spt mertua kt.

Baca lagi

kuncinya di suami sih sebenernya.. coba bicarakan baik2 sama suami dulu bun, mau suami dan bunda seperti apa.. mungkin kalo sementara aja tinggal sama mertua ga masalah ya bun, tapi kalo udh kelamaan takutnya juga mertua ikut campur/ikut intervensi masalah keluarga kita, apalagi kalo udah ada baby. ya saran saya, bunda "harus sedikit mengalah", kalahkan ego dan coba lebih bersabar menghadapi mertua, kalo bisa pikiran2 negatif seperti "ga cocok sama mertua", "mertua suka mengatur" diganti dengan pikiran yg lebih positif. misal "hal ini akan menjadikanku bisa belajar lebih sabar dan ikhlas menjalani kehidupanku", insya Allah itu akan menjadi ladang pahala bagi bunda. tetap semangat ya 😊

Baca lagi

mertua ku yang baik dan nggak cerewet aja aku nggak mau tinggal satu rumah bun.berkali kali mertua nyariin kerja suami yang deket2 rumah.tapi berkali kali juga aku doktrin suami untuk cari kerja yang jauh dari runah mama ku dan mertuaku.aku utarain alasan aku.sebaik apapun mertua menantu bakalan nggak nyaman.karena apa dirumah mertua menantu nggak mungkin males malesan.sementara sejatinya wanita pasti ada rasa ingin istrahat sehari dan males mau ngapa ngapain.aku mau mandiri.eh alhamdulillahnya sebelum nikah suami dapet kerjaan dan jadi ada alesan ehhehehe apalagi mertua yang cerewet duuuh nyikasa bathin pasti bun

Baca lagi

Saat bunda memutuskan menikah dgn suami bunda, bukannya bunda udah tau kan suami anak satu2nya? Tau kan resikonya? Siapa lagi harapan orangtua suami kalo bukan suami bunda sendiri? Nanti jika salah satu dr mertua uda ga ada, satunya disuruh tinggal sendiri gitu bun karna tidak ada kecocokan? Jgn buat suami memiliki pilihan yg sulit, mau gamau suka gasuka dia orangtua suami bun. Diskusikan saja aturan bunda bagaimana dan aturan mertua bagaimana gausah gaenakan. Berikan pengertian kalo bunda punya pola asuh sendiri yg gamau diganggu gugat. Kalo kita keras kepala mertua jg lama2 males dan ikut2 aja kokπŸ˜…

Baca lagi

Sama bun.. malah ini aku ga serumah tp serasa serumah. Apa” hrs diatur jd rmh tangga ga bs bebas dan leluasa. Masa iya penataan rumah dan aku hrs ngapain aja diatur bun. Pdhl ibu mertuaku hidupnya ga sendiri masih ada bapak sm adek suami. Sdgkan suami ku kl tau ibunya ngatur” aku ga bs teges. Ya bkn kita nyuruh suami brani sm org tua. Tp dia sm kita bs teges blg di iya in aja kl ibu ngmong tp kl ga cocok ga usah di lakuin. Tp suami ga bs teges kl pas ibunya marah” aturannya ga dilakuin. Kan sedih jg bun ky ga ada yg belain gt. Rasanya pgn plg aja ke org tua

Baca lagi

aku tinggal sama mertua bund.. ya memang bund beberapa hal emang gak cocok , berbeda Pendapat sama mertua, ya tapi ngalah aja bund akunya.. Toh mereka pasti ngomelin pun juga karena sayang/ ada benarnya (ortuku pun juga bernasehat manut sama mertua , mertua juga ortu sendiri, sama posisinya) .. sudah kewajiban Muslim juga ikut suami. awalnya aneh juga bund tinggal bareng mertua, tapi ya sudah jalani saja.. Bunda bukan satu-satunya orang yang adakalanya merasakan hal (kurang enak) selama tinggal sama ortu. Sabar ya Bund, emang emak-emak itu strong 😊

Baca lagi