Sinus di hidung

Assalamualaikum Bun anak ku pilek dan mampet tak kunjung sembuh.. sudah periksa smp obat habis..apa dsini ada bunda yg tau cara menyembuhkan sinus..anak ku usia 10 th

7 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Wa'alaikumussalam mbak. Perlu diluruskan bahwa setiap orang punya sinus mbak, terdapat di 4 tempat. Dan itu adalah hal yang wajar Kalau penyakit pada sinus namanya sinusitis artinya radang pada sinus. Radang pada sinus (sinusitis) ini untuk menegakkan diagnosa perlu beberapa pemeriksaan, bisa dari endoskopi hidung, Rontgen maupun CT-scan. Jadi kalau belum melakukan pemeriksaan ini nggak bisa langsung dibilang sinusitis. Kenapa saya bisa bilang gini? Karena saya penderita sinusitis mbak dan udah tegak diagnosa. Jadi waktu itu dicek melalui endoskopi hidung nggak ditemukan sinusitis tapi karena ada gejala sinusitis jadi disuruh Rontgen dan hasilnya positif sinusitis maxilla bilateral (peradangan sinus maxilla kanan-kiri). Sinus maxilla artinya rongga sinus yang terdapat dibelakang tulang pipi (ingat bahwa setiap orang punya sinus yang terletak di 4 pipi, dan sinus maxilla adalah salah satu nya). Pengobatan nya gimana? Kalau nggak ada rhinitis alergi biasanya dengan terapi obat bisa sembuh kecuali kalau sudah parah misal sampai keluar nanah dari hidung nah itu perlu dioperasi. Kalau ada rhinitis alergi ya biasanya muter-muter sembuh-kambuh sembuh-kambuh gitu. Dulu pas tegak diagnosa sinusitis sayapun terapi obat selama 2 bulan tapi karena nggak ada efek sama sekali jadi dokter THT nyuruh tes alergi, hasilnya positif 10 alergi dari 12 alergen yang dites ke tubuh saya. Akhirnya tegak diagnosis rhinitis alergi sedangkan alergi kan susah sembuh kecuali dengan terapi immunuterapi yang masa terapi nya paling nggak 3 tahun dan harga nya mahal euy. Kalau kalau saya pribadi usaha aja biar alergi nya nggak kambuh. Karena kalau rhinitis alergi nya kambuh otomatis sinusitis ku ikutan kambuh dan konka hipertropi ku juga makin gede (aku juga mengidap konka hipertropi)

Baca lagi
3y ago

Aamiin. Iya mbak mending periksa keTHT langsung

sinusitis tidak bisa sembuh bun, cm bisa dihindari pencetusnya. misalnya anaknya alergi dingin, debu dsb brarti harus dihindari jgn sampai alerginya kambuh. krn sinus itu peradangan yg diawali oleh flu, makin sering flu makin sering kambuhjg peradangan sinusnya. kalau sdh terlalu sering kambuh baiknya diperiksa ke spesialis THT aja bun.

Baca lagi
3y ago

sama² 😊

Saya kurang tahu bun klo anak 10 thn bisa pakai cara ini atau gak. Klo saya tiap wudhu airnya dihirup, tapi hrus hati2 biar gak terlalu dalam. Kayaknya agak susah buat anak kecil. Tapi cara ini paling ngaruh di saya.

3y ago

iya Bun aku udh ngajarin ky gitu tp.susah anaknya klo pk cara itu

VIP Member

Sy juga sinus. Dokter saranin Harus banyak berjemur kena matahari pagi, rajin olahraga seperti jalan santai gitu. Klo pakai ac / kipas ga boleh terlalu dingin. Sinus rentan sama udara dingin

3y ago

iya Bun makasih ya saran nya memang anak ku jrg sekali berjemur klo pagi

upp

upp

upp