Pertanyaan

Anak saya sekarang usianya sudah 13 bulan tapi belum bisa berdiri harus ada pegangan baru bisa berdiri, apakah itu normal?

2 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Perkembangan dan pertumbuhan bayi menjadi perhatian para orang tua. Kemampuan bayi menurut usianya diantaranya adalah: 1. Duduk: usia 4-7 bulan. 2. Merangkak: usia 7-10 bulan. 3. Mengangkat diri sendiri dengan bantuan: usia 8-9 bulan. Stimulasi yang dilakukan dengan menarik tubuh bayi ketika akan berdiri dan mengajarinya menekuk lutut. 4. Berjalan dengan bantuan: 8-9 bulan. Stimulasi dengan menatih bayi 5. Merambat: 8-9 bulan. Stimulasi dengan memuji bayi dan memastikan pijakan lembut. 6. Berdiri tanpa bantuan: 9-12 bulan. Stimulasi dengan melatih bayi untuk berdiri, ajak bayi bermain dengan duduk lalu mengajak berdiri. Puji bayi ketika bisa berdiri sendiri. Hitung berapa lama bayi bertahan berdiri. 7. Langkah pertama: usia 9-12 bulan. Stimulasi dengan memuji saat bayi mulai berjalan. Ajak bermain dengan memposisikan tangan seperti memeluk dan perlahan berjalan mundur agar bayi bisa berlatih berjalan untuk meraih tangan ibu lebih lama. 8. Berjalan: usia 12-18 bulan. Stimulasi dengan mengajak bayi untuk terus berjalan. Posisikan bayi berdiri apabila anda memindahkan bayi. 9. Hindari penggunaan sepatu saat bayi belum bisa berjalan untuk melatih keseimbangan dan koordinasi. 10. Hindari menggunakan baby walker. Baby walker meningkatkan resiko cedera pada bayi.Pertumbuhan dan perkembangan bayi berbeda-beda. Anda tidak perlu khawatir bila bayi anda belum bisa berjalan di usia 1 tahun. Terus lakukan stimulasi dan latihan serta berikan pujian atas kemampuan bayi anda. Tetapi jika anda khawatir pada perkembangan anak anda yang terlambat,anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis tumbuh kembang anak,semoga bermanfaat

Baca lagi

Redflag berdiri sendiri tanpa pegangan/bantuan usia 12 bulan bun. Anaknya udh lewat dr redflag coba diperiksain dulu ke dsa.