uang belanja dijatah suami

ada ga yg disini uang belanja dijatah suami ? untuk uang makan, belanja keperluan rumah dan anak ( uang jajan sendiri aja mepet) tp akhir bulan selalu dimarahi krn ga ada sisa banyak? ak sempet sedih dan hampir bunuh diri gara2 ini. ak ga pernah beli baju, sepatu atau make up selama menikah dan pny anak. uang jatah juga cukup untuk keperluan rumah tangga. ak ga pernah foya2 makan mahal selalu cari kl bisa diskon. anakku ak kasih popok yg murah, baju yg biasa, semua biasa. kl ditanya kmn uangnya, ya memang hanya cukup untuk makan dll

168 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

gimana yaa... aku juga bingung karna aku juga dijatah, ada yang bilang "wanita harus bisa kerja, ngasilin duid sendiri" iyaa itu ga salah tapi karna kondisi rumah tangga masing2 yang berbeda jadi kita gabisa menghakimi orang lain, kalo aku jujur aja aku juga pengen kerja, pengen menghasilka uang sendiri, pengen punya duid sendiri, tapi balik lagi keadaan tidak memungkin kan.. aku dan suami rumah udh pisah orang tua, dan prinsip suamiku itu satu "jangan sampe kita ngrepotin orang tua" kondisi aku lagi hamil saat ini, jadi aku gabisa kerja. dulu sebelum hamil nyari kerjaan sana sini susah bgt, akhirnya jualan dawet dirumah, aku jualan bukan berarti butuh duid bgt.. cuman buat selingan aja biar ada kegiatan dirumah, karna jenuh dan tidak menghasilkan, setelah aku hamil jadi males jualan (mungkkn bawaan orok) dan suami pun bilang yaudah ga usah dipaksa, abis lahiran rencana mau kerja tapii gaboleh sama suami karnaaa kalo aku kerja otomatis ngrepotin orang tua, siapa yang mau pegang dede? pasti kan ngrepotin. jadi apa2 harus di tanggung sendiri..anak anak kita kok yang bikin kita, jangan sampe nyusahin ortu yang harusnya udh istirahat dimasa senja nya. jadi terpaksa akupun ga kerja, aku dijatah sama suami... suami harus transparan masalah duid aku juga transparan masalah duid, aku belanja seminggu sekali bun,karna baru 2 orang dewasa jadi paling habis 150 udh termasuk ayam itu seminggu sekali jadi aku nerapin foodpreparation, kadang suami ngasi 500rb aku ambil dulu 50rb aku tabung, yg 450 duid muter buat belanja, kadang bisa sampe 3 minggu kadang cuma 2 minggu kalo lagi boros jajan, kalo habis, dikasi lagi 500rb gitu terus... dan suami juga ngerti karna aku ga menghasilkan uang otomatis semua dia yang tanggung... beras, galon, gas, listrik, iuran perum, semua dia yang tanggung di luar uang yang dikasih ke aku.. jadi intinya bun kita harus transparan masalah keuangan bicarakan sama suami, dirinci habis berapa belanja beli ini beli itu nya. kalo masih ngeyel kasih aja daftar belanja kesuami nya suruh muterin sendiri duidnya,.. trus untuk menghemat pengeluaran juga aku saranin buat foodpreep itu bisa menipiskan anggaran belanja.. dulu aku belanja sehari habis 30rb kalo pake ayam, 30rb x 7hari = 210rb, sekarang 150rb bisa buat 7 hari bahkan gasampe 150rb.. itu sih tips dari saya

Baca lagi

saya awal*menikah juga gini, selalu berantem masalah keuangan. saya cuma pegang uang buat makan aja, sisanya ditaruh ATM. sebenernya suami nyuruh saya pegang ATM tsb, tetapi tiap ada kebutuhan mendadak (misal: kondangan, gas habis, beras habis, iuran dll) saya ambil di ATM malah dimarahi., dibilang boros, dibilang ngga amanah. rasanya saya seperti mencuri uang suami saya sendiri. padahal juga buat kebutuhan sehari*. pokoknya awal* menikah saya rasanya seperti menyesal, kenapa dlu pilih dia jadi suami. kenapa saya dipertukan dg suami yg pelit, dan perhitungan. pokonya saya selalu membandingkan hidup saya dulu sebelum nikah yg bahagia, knp setelah menikah jadi sengsara. tapi seiring berjalannya waktu saya sering ngobrol, terbuka sama suami, ngomong apa adanya, saya tunjukan catetan*pengeluaran. alhmdulillah sekarang suami berubah. sekarang suami memasrahkan semua keuangan di saya. mempercayakan semua di saya. yg sabar ya bun. sekarang harus mulai dicatet setiap pengeluaran yg digunakan. biar suami percaya. biar suami tau kalau kebutuhan pokok itu ngga sedikit. semoga suaminya cepat berubah. 😇

Baca lagi

Kalo suamiku gak ngejatah tiap hari harus abis brp,yg jelas satu bulan udah nya yg dijatah,entah sehari habis brp trserah yg pnting jatah 1bln ckup.tapi ya gitu kita sbgai istri smpai jarang/lupa mmperhatikan keinginan dan kebutuhan kita,kita lbh mentingin keinginan n kebutuhan suami n anak,wlpun makanan yg kita makan g cocok dilidah kita,yg pnting suami n anak doyan,g mslh,.untuk kebutuhan yg kurang wajib kyk tas,sepatu,baju dll aku jrg bgt beli bun,tapi kalo ngliat sepatu tas n baju suami udah kliatan kurang bagus,lgsung dah aku beliin..istri itu lbh mmprioritaskan kebutuhan anak suami,tapi kadang suami kurang paham akan hal itu..aku dlu prnh py suami sprti bunda dijatah tiap harinya pdhl mantan suami krj di Kantor Pajak,tapi klo mslh uang blnja dy lumayan pelit,kalo buat jajan dy royal bgt.tapi aku g bertahan lama sm dy,.kalo sm suami yg skrg krjanya cuma sales farmasi tapi orangnya g prnh ngatur" mslh blnjku,dy prcyain penuh k aku,wlpun dy jrg beliin aku ini itu krna memang ktrbatasan gajinya,.ehehe,maaf malah curhat

Baca lagi

hehe iya bun sama dia gaji harian jd setiap hari aku di kasih uang selalu pas2an buat nabung lahiran dan makan, tp setiap akhir bulan selalu di ungkit2 ko tabungan nya ga nambah2? udh gitu ga prh punya pegangan sm sekali pdhl setiap hari di kasih uang😂 ya allah rasanya sakit hati bngt kalo ungkit pengeluaran, pdhl dia sendiri tau setiap hari nya uang nya di pake buat apa tp mulutnya begitu,udh ngasih pas2an tp kalo kerumah orangtua nya ngasih jajan adik nya minta duit jatah makan sehari2 kalo ga dikasih malah jd suami yg marah sm saya kalo di kasih ke adik atau ortunya kami makan apa? suka ga mikir suami tuh, kalo saya belanja pake uang simpenan saya sendiri yg saya titip di mamah juga dia marah2 seolah2 saya belanja pake duit dia saya ngehambur2in uang dia pdhl saya kalo belanja barang saya ya pake duit saya sendiri, boro2 belanja pake duit dia ada sisahan 10/20ribu aja di ambil lagi sm suami, suka sedih kadang tuh

Baca lagi

aku juga di jatah ko bun. sehari 50k. itu udah termasuk buat belanja keperluan dapur dan jajan aku. ya dalam sehari aja aku beli beras 1L yg 8k,lalu beli sayur dan ikan bisa abis 15/20k (seharian bisa abis). belum minyak goreng,pembersih lantai,rinso,molto dan jajan (kayak pengin jajan bakso dll 5-10k bisa abis buat jajan itu pun jarang kalau lagi kepengen aja) malah kadang 50 itu abis ke dapur semua kalau kalau stok dapur lagi pada habis. bilangnya si itu 50k untuk uang jajan ku. tapi faktanya jangan kan jajan, semua nya lari ke dapur dapur juga. nyeseknya pas di bilang boros. 50k abis dalan sehari. padahal suami ku kalau makan selalu maunya ada ikan dan gak mau hanya sayuran aja. jadi ya wajar boros dan variasi ikan 1/2 kg ada yg 12-18k dan itu untuk 24 jam ikannya sudah habis. suami mah gitu gak tau taunya cuma bisa bilang boros boros aja.

Baca lagi
5y ago

kasih ikan asin bun

VIP Member

Wahh ternyata ada yg lebih parah dr suami ku, gedekk bngt klw ada suami model gini nyesek sendiri rasanya mentang2 istri ngk kerja jd semena2...Coba di catet aja Bun buat rincian trs kasih ke suaminya ato ngk duitnya yg bunda biasa kasih gantian suaminya yg suruh ngatur biar suaminya yg beli buat kebutuhan sehari2 bunda tinggal tulis apa aja yg perlu dibeli .Senasib bun klw pngn beli yg sy butuh sll ngk punya duit ato kurang krna uang blnja yg suami sll ngepass apa lg posisi lg hamil jd lebih boros. Klw pngn beli yg aku mau kudu minta dulu ke suami udah kek ank kecil mnta jjn kdng muakk bngtt rasanya wlupun suami psti beliin tp rasanya lebih bebas klw dikasih duit trs beli sendiri smpt mkr Seakan2 suami ngk percaya sama aku... kdng pngn bgt kerjaa biar bisa punya duit simpenan sndiri... Hnya bisa pasrah dan Sabarrr

Baca lagi

keuangan dalam rmh tangga butuh transparansi sih kalo aku. dan kebetulan kalo soal keuangan suami aku yg pegang. suami ku jg tipe yg gk mempermasalahkan soal uang. kalo abis ya asal dia tau abis nya kemana ya gk masalah. apalagi utk keperluan anak, kalo ada rejeki lebih gk ada salahnya beli yg rada mahal tapi berkualitas. sebenarnya hal yg begini harus dibahas sblm menikah sih ( aku gitu) jadi setelah menikah sdh jelas dan masing2 tinggal jalankan peran saja. coba suaminya diajak utk urus keuangan, jgn hanya tau nya jatah2 saja, padahal gk tau kondisi pasar gimana, hrg kebutuhan gimana. coba libatkan suami, misal sesekali ajak suami kepasar, biar tau hrga sembako pada naik, jd suami bisa paham kondisi real dilapangan seperti apa, supaya suami gk cm bisa nuntut kamu utk berhemat aja bun.

Baca lagi
2y ago

setuju tuh saran bunda ..sip

Alhamdulillah skrg suami ku ngerti keuangan utk kebutuhan dapur bun,, tadinya pas awal nikah dia juga suka nyalahin aku kalo uang keburu abis sblm tanggal gajian,, trus aku jawab ajh "kalo km nyalahin aku msalah keuangan, lebih baik km yg megang semua keuangan kita,, setiap aku mau belanja sayuran lebih baik ngedadak minta, biar km tau pengeluaran setiap harinya abis berapa". Trus pas bulan berikutnya suami ku yg pegang uang, aku sllu ngedadak minta kalo mau beli apa", dan akhirnya dia nyerah bun cuma sanggup pegang uang selama 2 minggu doank,, dan sisa uang nya dikasih ke aku semua. Hahahaha Makanya skrg dia gk pernah komplain msalah keuangan,, dan kalo sampe dia komplain lagi pasti aku jawab lagi, krna sbenarnya kebutuhan dia pribadi yg lebih besar dibanding kebutuhan dapur 🤣🤣🤣

Baca lagi
4y ago

Gk ada yg tanya bu

Uang suami q yg pgg smua, tiap akhir bulan sering khabisan uang karna sjak hamil ni q suka jajan tp suami gk pernah protes sih dia malah cari pinjaman sampe da uang masuk lg tu pun plg cuma 50-100ribu ja ma temennya. jd uang belanja dijatah suami Suami q gk pernah protes ato nanya kmana ja uang tu habis karna q dah ksh tunjuk daftar pengeluaran blanja n bulanan tu pun cuma skali ja. N dia dah pernah gantiin q blanja bulanan ato nemanin q blanja kpasar, jd dah tahu ja kmana uangnya kluar. Q ja kalo pengen bli baju ato lainnya dluar kbutuhan dapur slalu izin. Kalo suami msh protes, suruh suami yg belanja bun..bunda ksh ja daftar belanjaan kesuaminya biar tahu skalian

Baca lagi

Ya Allah,.. Yang sabar ya bunda bisa di bicarakan dengan suami baik", dari hati kehati. Jangan berfikir pendek ya bunda, kasihan dedeknya. Saya juga di jatah bund sama suami. Tapi kalo habis saya sering minta, malah kadang suami yang tanya uangnya masih apa enggak. Kalo untuk keperluan pribadi saya, seperti make up, fashion saya, kalo saya pengen saya minta sama suami, pengajuan proposal gt bund. Hehehe dan gak semua yg saya pengen diturutin juga kok. Kadang ada baju yg suami saya gak suka karna beberapa alasan pasti suami gak mau belikan. Tapi pasti itu buat kebaikan kita juga bund. Kalo untuk anak, kasih lah yang terbaik untuk buah hati bund. Semangat ya bunda

Baca lagi
3y ago

persis. sy jg sama kyk bunda. klo sy sih mslh di jatah asal klo emg habis minta lgi di kasih, dan mencoba pengertian aja krn keadaan skrg suami lgi kesulitan jd brapapun di kasih Alhamdulillah aja. di usahakan secukup²nya wlw seringnya sih g cukup😁tp stiap di tnya suami sy slalu blng masi cukup. tp makan seada nya gpp ya?😅