anak blm bisa bicara

Umur 20 bln anak sy blm bs bicara, apakah itu normal???

17 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Speech delay .. Segera di konsul ke dokter tumbuh kembang ya bu agar tau apa penyebabnya dn theraphy apa yang dijalankan, takutnya kalau kelamaan anaknya jd makin tantrum. jauhin gadget, sering ajak ngobrol dgn kalimat dn bahasa yang jelas dn tatap matanya jd komunikasi 2 arah. Semangat mom :)

Adik ipar saya sudah kelas 1 sd masih susah bicara bun, tidak jelas kadang dia ngomong apa tapi dia anaknya aktif meski susah bicara dia sering bertanya dan bercerita, beda anak beda perkembangan bun, sabar sering ajak anak komunikasi

Ngga normal bun. Jangan sering di kasih gadget bun. Jauhin gadget dari anak. Karna itu yg bikin terhambat nya perkembangan anak. Lebih baik sering sering di ajak ngobrol, ajak komunikasi yg baik.

anak q 3 th baru bs ngomong bund..pdhl sdh k dokter dll..smua usaha udh d coba..tp emg blm saat nya..alhamdulillah yg penting bs mendengar dan respon cepat klo dgr swara..semangat bunda..

4y ago

Anakku juga bun udah 2 tahun 2 bulan cara ngomong nya gak jelas Kasiann .. tp anakku ngerti dan ngreapon apa yg di suruh itu.. kdang ngmongnya klau di tnya kya berkalimat pnjangg gitu tp gak jelas bun ..

Tidak bun. Harus sudah bisa komunikasi dua arah. Apakah dirumah sering diberikan gadget?? Karena hal seperti itu juga salah satu yg mempengaruhi keterlambatan bahasa anak

4y ago

Maaf ya bun bukan bermaksud tidak baik komennya. Tapi saya pernah memiliki murid yg speechdelay.. Perlu latihan dan konsultasi.. Sering diajak ngobrol atau dihibur istilahnya. Agar ada keinginan utk berkomunikasi..

Tp ankny kl d suruh Dy ngrti apa mksd qt kan Minml 20 suku kata Dy udh bisa nyebutin Jauhin gadget,tv Orgtua jg brperan penting buat ngajakin ngobrl

Baca lagi

keponakanku smpek paud ngmgnya masih belepotan bun tpi skrg udh kls 4 bisa ngmg kok mlh dlu itu mnta susu aja pkek isyarat manggil ibu bibi..

Bukan belum bisa bicara Hanya belum lancar mungkin... Mustahil anak sudah 21 bulan gak bisa bicara sama sekali,

Baca lagi

Kalo udh bisa 1-2 kata Misal kan panggil mama papa Itu aja dh bagus kok Bun Brrti agak lambat

Baca lagi
VIP Member

Sering dilatih bun, sabar bun anak beda2 kalo emg hati bunda galau ya coba periksain aja bun