Tinggal Bareng Mertua

Teruntuk yg tinggal serumah sama mertua,saya mau tanya gimana perasaan nya? Betah kah? Sedikit cerita,suami saya anak bungsu,yg diminta mertua buat tinggal bareng orang tua nya sekalipun udah nikah.Tapi kalau sekarang sih masih kerja di perantauan dan saya milih ikut suami. Tadi kebetulan kami kedatangan tamu ke kontrakan.Tamu nya ini temen deket suami dulu,beserta istri dan anak nya.Kebetulan mereka udah lama gk ketemu setelah masing2 berumah tangga,jadi temen suami nyempetin main kesini.Oh iya saya orangnya emang kurang pinter basa basi.Jadi yg buka obrolan istri nya temen suami itu πŸ˜… sementara suami ngerokok bareng temen nya diluar.Jadi saya juga gk banyak ngomong ataupun tanya ini itu.Mbak nya tau kalau suami saya anak bungsu,dan harus tinggal bareng orang tua nya.Dan di sela percakapan kami,mbak nya tiba2 nyeletuk "Enak ikut mertua mbak?" .Duh sebenernya saya mau jawab sejujurnya,cuma pasti kedengeran suami.Jujur aja gk enak ya tinggal sama mertua,privasi pun sama sekali gk ada.Tapi untung seengganya ikut suami merantau,jadi agak sedikit lebih bebas aja walaupun disini cuma ngontrak. Abis itu saya jawab aja "ya enak aja sih mbak" sambil nyengir.Kalau saya bilang gk enak ntar diomel suami,soalnya suami bilang gimanapun perasaan saya tinggal sama mertua tuh jawabnya betah/enak aja,kalau jawab gk enak/gk betah dikiranya ada masalah sama keluarga disana.Ya walaupun emang iya ya keluarga suami tuh problematik,tapi harus disabarin aja πŸ˜† Udah gitu si mbak nya tiba2 aja ngomong lagi "Enakan disini ya mbak,adem" .Saya senyumin aja deh.Entah kenapa kok mbak nya seolah tau perasaan saya yg sebenernya walaupun saya gk cerita πŸ˜… Btw mbak nya sama suami juga sama2 merantau disini.Dan mereka emang lebih milih pindah domisili kesini dibanding di kampung nya.Mbak nya juga anak bungsu,tapi katanya lebih milih keluar dari rumah orang tua dan ikut suami tinggal di rumah nya sendiri. Tapi saya yakin gk semua mertua tuh gk baik ya.Pasti disini juga banyak bunda yg beruntung dapet mertua yg baik dan pengertian sama mantu nya.

35 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

saya tinggal sama mertua bun.. ini saya cerita karena bunda tanya perasaannya dan betah atau gak. Alhamdulillah sejak 2018 saya betah banget bun tinggal di mertua. justru menurut saya hidup saya lebih adem ayem dan bahagia semenjak menikah. ketimbang dulu ikut orang tua (kehidupan masa kecil saya tidaklah indah) mungkin ini hadiah pernikahan saya dapat mertua baik Alhamdulillah.. setiap manusia tidaklah sempurna. tapi setidaknya mertua saya tidak pernah ikut campur dalam rumah tangga saya. mertua sangat pengertian saat keuangan kami tidaklah baik. saya dan mertua tidak pernah perhitungan masalah kebutuhan sehari hari ataupun pekerjaan. saya dan mertua saling membeli kebutuhan bersama. kalo pekerjaan rumah memang mertua saya kalo pagi masak nasi dan nyuci piring terus kerja jual kelapa sampai dzuhur. selain itu saya semua yang kerjain. mertua gak pernah komplen atau menegur saya tentang kerjaan rumah. mau itu bersih atau gak mau di kerjain atau gak terserah. tp saya tau diri dan ngerjain semua kerjaan rumah. berhubung sekarang ada anak batita jadi saya ngerjain pekerjaan rumah semampu dan sebisa saya. demi kewarasan saya saya gak mau memaksakan tenaga dan mental buat harus beres semua. ada batita rumah gak pernah rapih mainan berserakan di tata balik lagi di ratakan. Alhamdulillah mertua gak pernah komplen dan mewajari suami pun juga begitu. mertua juga gak suka gosip ataupun main. semua kebaikan mertua yang saya ceritakan nilai plus yang teramat sangat di butuhkan buat menantu. kekurangan mertua saya cuman sama sekali gak mau ngasuh anak saya. selain capek mungkin memang kurang telaten. terkadang memang repot pas kita sibuk banget butuh bantuan buat momong sebentar tp mertua gak mau bantu. tp gpp itu sama sekali gak masalah karena lebih banyak baiknya. malah mending karena mertua gak ikut campur parenting saya.. kalopun saya dan mertua berdebat kecil dan beda pendapat/pikiran ya udah biasa aja gak di baperin gak di ambil pusing. kalo udah ya udah gak dibikin panjang. Alhamdulillah mertua dan saya orangnya santai gak baperan jadi imbang..

Baca lagi
11mo ago

Alhamdulillah ya bun.. menurut islam dapat mertua baik salah satu kado pernikahan Alhamdulillah dan saya jg sangat bersyukur bun.. semoga kelak kita bisa merawat orang tua/mertua dengan baik..

saya tinggal sama mertua bun.. ini saya cerita karena bunda tanya perasaannya dan betah atau gak. Alhamdulillah sejak 2018 saya betah banget bun tinggal di mertua. justru menurut saya hidup saya lebih adem ayem dan bahagia semenjak menikah. ketimbang dulu ikut orang tua (kehidupan masa kecil saya tidaklah indah) mungkin ini hadiah pernikahan saya dapat mertua baik Alhamdulillah.. setiap manusia tidaklah sempurna. tapi setidaknya mertua saya tidak pernah ikut campur dalam rumah tangga saya. mertua sangat pengertian saat keuangan kami tidaklah baik. saya dan mertua tidak pernah perhitungan masalah kebutuhan sehari hari ataupun pekerjaan. saya dan mertua saling membeli kebutuhan bersama. kalo pekerjaan rumah memang mertua saya kalo pagi masak nasi dan nyuci piring terus kerja jual kelapa sampai dzuhur. selain itu saya semua yang kerjain. mertua gak pernah komplen atau menegur saya tentang kerjaan rumah. mau itu bersih atau gak mau di kerjain atau gak terserah. tp saya tau diri dan ngerjain semua kerjaan rumah. berhubung sekarang ada anak batita jadi saya ngerjain pekerjaan rumah semampu dan sebisa saya. demi kewarasan saya saya gak mau memaksakan tenaga dan mental buat harus beres semua. ada batita rumah gak pernah rapih mainan berserakan di tata balik lagi di ratakan. Alhamdulillah mertua gak pernah komplen dan mewajari suami pun juga begitu. mertua juga gak suka gosip ataupun main. jadi itu nilai plus yang teramat sangat di butuhkan buat menantu. mertua saya cuman sama sekali gak mau ngasuh anak saya. selain capek mungkim memang kutlrang telaten. terkadang memang repot pas kita sibuk banget butuh bantuan buat momong sebentar tp mertua gak mau bantu. tp gpp itu sama sekali gak masalah karena lebih banyak baiknya. malah mending karena mertua gak ikut campur parenting saya..

Baca lagi

saya sempat tinggal sama mertua 2 minggu lebih, saat setelah lahiran. waktu saya hamil kebetulan ibu saya sakit dan gak bisa jln.jadi setelah lahiran , saya ibu saya dan suami tinggal d rumah mertua. alhamdulillah mertua saya baik,mau bantuin saya jagain anak pas saya kecapean nyusuin anak malam", masakin, dan ngajarin ngurus bayi. beliau juga bantu rawat ibu saya pas sakit. cuma,memang beliau masih ada percaya bbrapa mitos atau model parenting jaman dulu, kdg suamiyg edukasi ngasih tahu, syukurnya beliau mau aj dengerin. cuma saya yg gak enak pas itu gak bisa bantu" di rumah mertua krn kondisi habis lahiran jahitan blm kering,sulit gerak. kadang bantu sebisanya, itu pun di suruh istirahat. sempat waktu baru 2 minggu umur anak saya mau d kasih makan pisang yg udah di rebus karena biar kuat katanya perutnya g sering BAB. saya g bolehin dan minta suami saya yg cobain πŸ˜…. krn asem jd d buang takut ade sakit perut. gak lama beberapa hari kemudian saya memutuskan pulang ke rumah mama saya. karena mau coba urus anak sendiri dan karena pas itu kondisi saya udah pulih. padahal mertua pinginnya saya 40 hari disana . tapi kami masih sering ngunjungi mertua minimal sebulan sekali. atau setiap mertua balik ke rumahnya dari kebun (mertua saya petani). dan mertua baik bgt, setiap kami mau pulang pasti disuruh bawa oleh" dari kebun. justru sebenarnya yg banyak aturan itu di rumah ibu saya , πŸ˜… jadi sering beda pendapat dan privasi jg sulit. sempat berfikir mau ngontrak. tapi kasihan ibu saya tinggal sendirian , abah saya saya sudah lama meninggal dari saya kuliah. jadi kami tetap bertahan disini, di sabar"in aj kalau ada yg g srek .

Baca lagi
TapFluencer

Alhamdulillah salah satu keberuntungan saya adalah punya mertua baik. Ngga tinggal serumah, tapi tiap seminggu sekali selalu nginep di sini soalnya yang saya tempatin itu rumah mertua saya dan mertua saya tinggal di rumah lain. Waktu saya lahiran mereka nemenin saya dan ngurusin saya selama 2 minggu, masakin saya makanan, nyuciin baju ngga pakai mesin cuci malah. Bersyukur banget meskipun ada beberapa hal yang ngga cocok dengan keluarga mertua tapi itu semua tertutupi dengan semua kebaikannya. Karena saya dan suami tinggal di lingkungan keluarga mertua atas dukungan mertua, saya jadi ninggalin orang tua saya di rumah. Lalu Mama saya meninggal pas 2 minggu sebelum melahirkan setelah itu mertua saya makin baik ke saya lebih dari ke anak sendiri yang saya rasain sayangnya. Ngurusin kuliah saya, BPJS saya yang nunggak, banyak hal yang dilakuin mertua saya yang gabisa disebutin satu-satu. Bahkan hal kecil yang saya inget kalo mertua saya ke Pasar suka beliin roti kesukaan saya, padahal saya ga minta, terus tau saya gapunya daster busui dibeliin terus sampe punya beberapa buat ganti-ganti. Walaupun hidup saya ngga seberuntung orang lain dari segi keharmonisan keluarga bahkan ekonomi, tapi syukur alhamdulillah saya dikasih rejeki keluarga suami yang baik banget. Semangat ya Bunda-bunda, bukannya mau pamer mertua saya baik. Saya juga jadi lebih bersyukur dan semoga mertua Bunda-bunda sehat terus dan dilembutkan hatinya ya.

Baca lagi

Alhamdulillah masya allah aja sih, mlh seringan mertua yg ngasih uang ketimbang suami πŸ˜… ga ngapa"in pun ga jd masalah meski kdng mertua ngomel capek tak suruh istirahat pun jg ga mau kebetulan mertua tipe yg emang ga bisa di suru diem, saya mah ga ambil pusing yg pnting tiap sambat ya saya dengerin aja, suami jg nyuruhnya bgtu, suami jg ga pernah nuntut buat nglakuin kerjaan rumah yah sewajarnya aja, paling bumer minta nya saya di suruh masak aja itu pun kdng", dari 4 menantu bumer emng lbh cocok sama saya, yah karna komunikasi kita nyambung sih, malah saya yg suka curhat soal suami ke mertua πŸ˜… meski ga ngebantu bantu bgt kami berdua dah kek temen aja saling ngingetin makan belum, bnyk nanya kek mau masak apa hr ini, harga cabe brp skrng, gt gt biar akrab aja serumah, saya bangun siang jg ga gmn mn ap lg semenjak hamil ini makin keluar malesnya tp bumer ga masalah, berantem pernah ga? Yaa pernah ! Pasti salah satu ngalah endingnya ya saya sama sama minta maaf, ini saya mau lahiran jg q balik ke rmhku sendiri bumer udh wanti" mulu abis lahiran suru cpt balik krna di rmh ga ada tmn ya udh kek ibuk sendiri jg feelnya

Baca lagi
TapFluencer

Alhamdulillah Aku ikut Mertua Bun...Dan Mereka Seperti Org tua kadung sendiri...terlebih sosok Bapak. tapi Tuhan berkehendak lain..Hampir 5 thn,aku menjadi menantunya Bapak.Beliau sudah dipanggil Allah(Puasa kemarin)dan sekarang tinggal Ibu mertua.walaupun kadang ada sedikit beda pendpat/keinginan...aku sebagai menantu cuma iya in aja walau pada dasarnya kata"iya"gak aku ikuti.bisa dibilang menolak secara baik2.tapi Bumer ku gak ngomel2 bun...mgkin beliau tahu mengapa dan kenapa gak aku turuti apa yg mnjadi keinginannya.kadang berbalik arah kemauan masing2... ada enaknya juga tinggal sama mertua bun..tapi itu semua tergantung bagaimana kita berada di dalam rumah mertua.. semenjak Bapak gak ada,aku sering bantu mertuaku kerja di villa dan kebun bun...lumayan luas banget,sambil momong juga anakku yg usia 4 thn. kalau ibu ku sendiri kerja jadi TKW bun,dan berpisah dgn bpk kandungku sejak adikku masih kecil.jadi nya semenjak nikah aku ikut mertua. Seringnya ngobrol bareng,bercanda bareng,masak bareng jadi sama mertua rasa org tua sendiriπŸ₯°

Baca lagi

Halo bun, saya tinggal sama mertua krn suami cm 2 bersaudara dan kakaknya uda tinggal sama suami nya. Saya betah dan nyaman tinggal sama mertua bahkan saya merasa sangat beruntung krn punya mertua spt beliau. Sangat sabar dan pengertian. Ibu mertua saya wanita karir. Dr sebelum menikah saya uda bicara sama mertua ttg kebiasaan2 saya biar nanti ga kaget. Saya ga bisa bangun pagi dan ga terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah. Mertua mngerti dan untuk kerjaan rumah kami pakai ART. Utk masak itu mertua yg masak krn beliau emg suka masak. Anak saya yg handle. Kalau saya mau keluar rumah, saya carikn babysitter harian dan dipantau sama mertua. Mertua ga pernah ikut campur urusan rumah tangga saya dan sistem parenting saya.. Intinya tinggal sama mertua itu komunikasi dan jadi diri sendiri. Saya ga pernah berusaha terlihat baik. Kalau ga suka ya saya blg ga suka tp tentu dgn bahasa yg sopan. Saling menghormati dan menghargai aja. Saya sudah tinggal bersama mertua 10 tahun dan ga pernah merasa menyesal..

Baca lagi

mertuaku baik, kalo kami main ke rumah mertua aku berasa dianggep anak sendiri. tp aku ga mau tinggal di sana krn jujur ga betah sama lingkungannya. hehehe... sementara yg ga enak justru kalo tinggal sama ortuku. kami jd serba bingung mau ngapa"in. kebetulan model rumah ortu model jawa kuno-modern gitu jd kamarku ada d luar bangunan utama. tp sekedar air minum aja kami sampe sungkan mau ambil jd kami diem" beli air galon sendiri taroh kamar. makan pun sama. kami diam" beli makan berdua dan makan d kamar krn mau makan masakan mama sungkan banyak" ato kalo keluargaku blm makan barulah kami orderkan makanan buat rame". rasanya ga bebas bgt. akhirnya kami milih nempatin rumah ortuku yg kosong udah 2th dan kurang kerawat, biar kami rawat dan tanggung semua biayanya sambil nabung buat bangun rumah sendiri 😁 kalo udah lahiran nnt pun kami ga mau tinggal sementara d ortu atau mertua. biar susah senang urus bayi berdua dgn aturan kami sendiri. hehehe

Baca lagi
VIP Member

sebaik2nya mertua ketika tinggal serumah pasti ada aja ketidak cocokkannya, krn pada dasarnya menantu dan mertua adalah 2 org asing yg bertemu dan tiba2 harus jadi keluarga jd wajar kalo ga ada cocoknya. dulu aku ngalamin 3 bulan tinggal bareng mertua krn mertuaku sakit, pengeluaran jd double krn mertua gamau makan masakanku, untungnya sih aku ga ambil pusing jd aku ga gimana2 krn fokusku urus suami dan anak. tp tetep omongan2 begini begitu dari mertua pasti ada aja pdhal kalo dibilang baik yaa mertuaku ini baik, memperlakukan aku seperti anak sendiri makanya ga ada batasan dalam ucapan sekalipun, sama anak2ku juga sayang bgt tiap ada rezeki lebih yg di ingat pasti aku dan anak2ku tp balik lagi sebaik2nya pasti masih ada aja gak cocoknya jd emang lebih terasa bebas pas hidup ber2 sm suami krn mertua skrg udah meninggal, begitu jg suami pas ditanya pun lbh nyaman hidup sm istri dan anak aja 😁

Baca lagi
11mo ago

Nggak bun,suami gk betah sekalipun cuma nginep semalem doang di rumah ortu saya.Malah kadang banyak alesan nya aja tiap saya pengen nginep di rumah ortu,lagian cuma semalem bukan bulanan kaya yg suami minta ke saya buat diem di rumah mertua.Suami bisa betah tinggal bareng orang tua nya ya karna emang terbiasa ya dari kecil.Tapi setelah nikah di rumah ortu juga saya gk terlalu betah karna gatau kenapa kaya canggung aja,enak di kontrakan apa2 nya bebas.

VIP Member

kebetulan lg tinggal sm mertua karna mau lahiran di kampung aja, kalo ditanya betah apa engga ya jawabannya betah tp kadang suntuk di rumah terus, karna aku pas tinggal di kota sehari2 kerjaannya mobile keluar. kalo ditanya enak ya jawabannya enak bgt, disini aku ga pernah ngapa2in karna masih ada adek ipar yg beres2 rumah & mertuaku orangnya ga cerewet harus banyak gerak kalo lg hamil. malah kalo aku mau beres2 diomelin suruh duduk aja. alhamdulillah bgt aku dpt mertua baik bgt, sayang kek anaknya sendiri, dan ga pernah ikut campur urusan rumtang anaknya. btw di kota aku jg tinggal sm mamaku karna bapakku udh gaada & perlakuan mamaku ke suami jg kek ortu sendiri alhamdulillah. jd kesimpulannya enak/engganya ya tergantung pribadi masing2 orang. gabisa di generalisir semua yg tinggal sm mertua ga enak/enak bgt 😌

Baca lagi
11mo ago

Iya bun alhamdulillah bgt, sejak dr jaman pacaran sampe skrg ga berubah sifatnya πŸ₯ΉπŸ₯Ή