Suami pengen kuliah

Selamat malam bunda, Aku butuh saran dan pencerahan. Jadi aku dan suami udah pacaran 5 tahun dan nikah udah 2 tahun . Pas sebelum nikah suami udah nabung dan dia mau kuliah, tetapi suami lebih milih nikahin aku dan biayain kuliah aku 4semester . Suami kerja biasa, udah sekitar 7tahun ditempat itu . Penghasilan pun bisa dibilang cukup karena suami pintar mengelola keuangan. Aku tahun ini insyaAllah lulus, InsyaAllah maret sidang (doakan ya bun) . Nah suami tb tb bilang pengen daftar kuliah yang malem. Saya tanya untuk apa . Katanya kalau mau pindah kerja sekarang susah kalo cuma lulusan SMK . Buat nambah2 relasi juga. Padahal kerja nya enak . Bosnya baik. Gaji pun terbilang cukup. Saya khawatir dia ga bisa bagi waktu, terpengaruh dengan teman, takut diajak nongkrong2 ga jelas, ribet sama tugas, kalo capek ntar ngomel2 . Saya takut itu karena saya sudah mengalami itu semua . Suami sih bisa dibilang pendirian nya kokoh, dia ga mudah terpengaruh sama temen. Cuma dia itu orangnya kadang ga enakan, royal, humble ke siapa aja . Apalagi saya takut Cemburu . Bukan karna saya takut dia 'tergoda' . Tapi saya takut dia 'digoda' . Selama saya mengenalnya saya tau dia ga pernah selingkuh atau macem2 sama cewe. Dia kasi tau semua cewe2 yg deket sama dia . Tapi dia itu ga bsa bedain mana cewe yg suka mana yang engga. Dan dia emang orang nya humble banget . Gampang deket sama orang . Gampang bikin nyaman . Kaya ada temen kantornya, anak baru ... Waktu itu ga sengaja ketemu trus di jalan trus sama suami di anter sampe kerumah, eh besok besok besok nya sering kasih makanan ke suami. Tapi suami tegas sama dia, karna waktu itu dia mau nikahin saya . Suami orang yang sangat2 sweeeet, perhatian sama saya, keluarga saya apalagi sama anaknya . Kami udah punya anak usia 8bulan. Dan masalah terakhir ya itu . Saya takut dia gabisa atur waktu buat anaknya. Saya takut dia berubah . :)) Bukannya saya mau mencegah mimpi dia, tapi saya hanya khawatir akan hal2 yang tidak diinginkan. Jadi baiknya bagaimana ? Apakah saya ijinkan ? Mohon pencerahannya

48 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Duh liat cerita ini aku sbnernya pengen cerita pengalaman hidup aku dan suami tp panjang males ngetik hehe. Intinya jangan egois aja, dulu akupun bgtu ko, aku lulusan s1 tp pada saat itu belum kerja karna baru lulus langsung nikah ๐Ÿ˜, suami udh punya gaji juga d swasta ya ga banyak tp insyaAllah cukup, tp 1 taun sbelum kami menikah dia malah ingin s2, yang mana itu pasti akan berbentrokan dgn biaya persiapan nikah dan nantinya setelah nikah akan mengurangi uang bulanan kami (terlebih sehari2 hanya mengandalkan uang dia), tp dengan pertimbangan bahwa pendidikan adalah investasi, dan memang kami berdua sangat concern di dunia pendidikan jd suami ambil s2 di univ swasta, kami saling bantu misal dia lg ujian semester online tp posisi lg meeting d kantor jadi aku yg gantiin, dia ujian take home deadline besok pagi, malem2 aku yg kerjain, dia ngerjain kerjaan kantornya, saling bantu saling support, pedih sih mana baru nikah blm punya apa2 uang baru ketabung dikit harus dibayarin buat semesteran, tp alhamdulillah kami sama2 berhemat pada saat itu, kami juga bertekad buat menunda kehamilan karna biaya, kesiapan, juga satu dan lain hal. aku gamau sampe ada konflik kurang biaya saat hamil atau ada konflik tidak ada biaya persiapan melahirkan, karna menurutku hal yg ky gtu2 harus sangat2 dipertimbangkan dan harus dipersiapkan dari jauh2 hari, akhirnya setelah suami lulus s2 kami barulah merencanakan kehamilan dan alhamdulillah langsung dikasih tiket H, qadarullah juga lambat laun eksistensinya meningkat, posisi d kantorpun naik, beliau dipercaya jadi spv di salah satu perusahaan di jkt. Dengan d sertai doa dan usaha alhamdulillah bun bisa terlewati, meski pernikahan kami baru 2 taun dan mungkin masih rawan2nya masalah semoga kami selalu diberikan akal pikiran yg sehat untuk mencari solusi terbaik bersama2. Maaf juga bkn aku smbong atau gmn, tp ya memang benar, pendidikan itu memang investasi masa depan. Yah ujung2nya jd cerita juga ๐Ÿ˜‚. Semoga memotivasi deh ๐Ÿ˜€

Baca lagi
4y ago

Katanya males ngetik.. ๐Ÿ˜‚

Di support bun.. meskipun khawatir.. doakan suami dari rumah.. soalnya walaupun sekarang kerjaan & gaji enak tapi kan kebutuhan bakal nambah kalo ada anak.. kalo belom ada ijazah S1 maaf suka susah naik pangkat atau pindah kerjaan.. mo jadi manajer aja skrg ada syarat min S2. Suami saya juga lanjut kuliah ambil kelas karyawan waktu suami beresin thesis saya pilih balik ke ortu karena udah hamil gede.. saya ingetin+support terus suami buat beresin kuliahnya. Jadi kami LDM-an tapi masih ketemu seminggu sekali, alhamdulillah desember kemaren udah lulus.. saya dateng wisudanya sama debay di perut eh, minggu depannya udah minta lahir hehe..

Baca lagi
VIP Member

dukung dan PERCAYAKAN K SUAMI... kalau blm maju udh d pikirkan yg aneh" biasanya malah kejadian... kebanyakan bgtu. contoh karna takut suami selingkuh si istri kasih keamanan kelas 10.. tp ya tetep aja yg d takutin terjadi... jd intinya percayakan sama suami, jgn egois bund.. bunda sudah d izinkan kuliah kan sampe selesai sama suami, skrg giliran suami.. percYa aaja klo itu niat suami buat nuntut ilmu dan ijazahnya jg d pakebuat naikin grade gaji kan... yg seneng sama bangga ntar keluargga sama anak bund.. positif aja ntar anak bakalan blg gini "keren, ayah ibuku lulusan sarjana semua, jadi aku harus bisa minimak lulus sarjana juga"

Baca lagi
VIP Member

dukung aja bu kalo pendidikan suamimu tinggi kan bisa menunjang juga dikerjaannya nanti. ketakutan bunda itu ada karena pikiran bunda sendiri. perasaan insecure, merasa udah ada di zona nyaman. jangan egois bu suami mau berkembang dengan hasil kerjanya sendiri lho apalagi kuliah bunda jg suami yg tanggung. pengalaman saya, saya pacaran 7th dr sma, lulus sma saya kuliah suami nyari kerjaan. 2th lulus kuliah saya baru memutuskan nikah dan resign dr kerjaan. Alhamdulillah suami kerja di perusahaan yg cukup besar, dia orangnya ulet bisa berkembang dan setiap kali mau dapet promosi pasti kehalang ijazah.

Baca lagi
VIP Member

Didukung aja bunda. Suami saya pagi sampe sore kerja, lanjut malamnya kerja. Alhamdulillah sekarang punya bayi. Suami nggak suka nongkrong2, tiap pulang kuliah langsung pulang ke rumah, temen2nya sering ngajak nongkrong dulu tapi suami selalu ingin pulang cepet. Katanya, "enakan di rumah aja sama istri". Apalagi sejak saya hamil, ditambah anak lahir, dia makin betah di rumah. Percaya sama suami bun, dukung dia, saat dia merasa dapat dukungan istri, semakin dia sayang istri, istri jadi tempat dia pulang. Yakin, toh usaha suami juga untuk bahagiakan bunda. Semoga bernilai pahala. Aamiin.

Baca lagi

Keadaan kita sama, Bun. Suami saya juga ingin kuliah lagi. Tapi saya pribadi memang mendukung keinginan suami, apapun tujuannya, apakah untuk kemajuan karir, atau pure nyari ilmu dan relasi. Kalo kekhawatiran Bunda seperti itu, berarti itu ujian utk Bunda. Sebisa mungkin selama masa kuliah suami nanti, Bunda harus sabar dan menerima segala konsekuensi. Rajin ingatkan suami dan setia mendampingi. Saya yakin, suami akan jauh lebih peduli pada kita jika kita mendukung mimpinya selagi itu baik. Konsekuensi pasti ada, tapi banyak berdoa aja biar kita bisa lewati itu semua.

Baca lagi

Keadaan ekonomi perusahaan2 di Indo & luar negeri banyak yg gak stabil, Kita gak tau nasib kita kedepan, kayak saya perusahaan ok2 saja kerjaan jg ok, tapi tiba2 kena PHK, gak ada salahnya upgrade pengetahuan, sepenglaman saya ijasah setingkat SMA susah bgt buat nyari kerja sainganya S1 & S2 diluar sana jg banyak yg lg nyari kerja, Hidup cuma bentar bun, jangan sampai ada penyesalan dihari tua, selagi ada kesempatan dan tenaga. Sy & istri tidk kerja dirumah saja, punya anak kembar usia 2bln, Saya sendiri jg sedang kuliah, Istri sudah dluan wisuda pas lagi hamil 7bln.

Baca lagi

Kalo umur masih mencukupi buat lamar kerja baru sih gpp bun. Soalnya dulu suami saya kerja sambil kuliah, sekarang udah jadi karyawan tetap, kerjaan udah enak, gaji dah melebihi cukup, lokasi dekat (30 menit perjalanan) Tapi di pabriknya ga ada penghargaan apapun, ijazah S1 nya ga bisa di realisasikan, kerjaan tetap di posisi lulusan SMA sederajat. Dan kalau mau cari kerja lagi jadi mikir 2x. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ saya juga jadinya khawatir kalo nanti resign malah susah lagi cari kerja yg enak kaya gitu

Baca lagi

Klo saya jadi bunda saya ijinkan dia kuliah lagi. Kenapa? Sukses ga identik dengan pendidikan tapi pendidikan sedikit banyak pengaruh ke sukses. Jangan egois karena suami bunda juga berhak punya pendidikan dan masa depan yg baik. Toh klo pun berhasil, bunda juga ikut merasakan. Kerja juga belum tentu bakal di situ juga selamanya, selain pns & usaha sendiri kerja ikut orang sewaktu waktu punya resiko phk / berhenti. Tidak ada salahnya mengantisipasi hal hal seperti ini.

Baca lagi

Menurut saya pendidikan itu investasi apalagi dia suami yg tulang punggung. Kita kan gak tau kedepannya gimana bund, kalau oneday dapat tawaran kerja yg lebih baik tapi syarat harus S1 misalnya, kan itu sayang kalau dilewatkan. Bundanya jangan nethink gitu, disupport suaminya karena niat suami bagus. Disemangati, dia aja nyemangatin plus biayain bunda kuliah kok.. Yaa diingetin aja buat tetep bisa atur waktu karena ada anak istri yang perlu diperhatikan...

Baca lagi