di pukung

Selamat pagi bunda2... "Bapukung" Ini adalah salah satu cara unik&kearifan lokal yg ada didaerah sy, untuk menidurkan bayi biar pules &nyenyak. Kalo ditempat bunda,ada g baby nya yg di pukung kaya gini?

di pukung
309 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bapukung Aman Untuk dan Bermanfaat Untuk Bayi Sebagai tradisi bahari (lama) yang telah menjadi kearifan lokal yang mampu bertahan selama berabad-abad, secara otomatis menjadikan Bapukung sebagai salah satu produk budaya lokal Banjar yang telah teruji "kredibilitas-nya" baik dari segi keamanan maupun kemanfatannya. Karena perjalanan waktu yang semakin pragmatis dan kritis telah membuktikannya. Bagaimana Bapukung bisa memberi manfaat kepada bayi!? Bayi bapukung posisinya duduk dengan kaki berselonjor yang konon mirip dengan posisnya saat berada dalam kandungan. Dengan begitu, bayi akan merasa lebih hangat dan nyaman, bagaikan berada dalam rahim ibu lagi. Selain itu, bayi Bapukung juga tidak akan mudah terbangun baik karena terkejut mendengar suara keras maupun akibat gangguan serangga seperti nyamuk, karena seluruh bagian tubuh bayi rapat tertutup kain yang menyelimuti.  Apabila bayi menyusu pakai botol, posisi bayi Bapukung yang seperti duduk tentu akan menghindarkannya dari kemungkinan tersedak. Dengan posisi yang aman dan nyaman plus terbebas dari gangguan suara serta serangga ditambah dengan buaian ayunan yang secara ritmik mengayun-ayun tubuh mungil si bayi, tentu akan membuat si-bayi bisa tidur pulas. Dengan tertidur pulas secara stabil, tentu si-bayi akan memiliki perkembangan otak dan emosional yang lebih baik seiring dengan bertambahnya usia.  Selain itu, masyarakat Banjar juga meyakini, jika proses mamukung ini, jika dilakukan dengan cara yang benar oleh ahlinya, maka si-bayi yang biasa tidur dalam posisi dipukung juga akan menguatkan punggung dan pinggang-nya.

Baca lagi

Itu nggak kecekik atau kayak yg bunda" bayangin kok.. Ngerii liatnya yaa? Malah yg kayak gitu debaynya lebih anteng tidurnya lebih nyanyak karna berasa dipeluk kayak gitu bun.. Tapi dengan catatan harus professional juga cara pukungnya nggak asal" an debay nya didudukin trus diiket kayak gitu aja nggak bun.. Dan usia debaynya pun nggak sembarangan yg dibikin kayak gitu bun nggak mungkin kan bayi baru lahir langsung digituin.. Jadi Harus org ahli juga yg ngelakuinya.. Bepukung itu adat Banjarmasin bun karna saya kebetulan org Banjarmasin Dan saya hanya mau meluruskan saja.. Salah khilaf mohon maaf yaa bunda"..

Baca lagi

#mau balas komentar² bunda² yg nyesek liat foto tsb😊. Kalo adat kalimantan emng gtu. Kalo nangis kan brrti dede ny gk nyaman. Nah kalo dede dgituin mlh nyenyak brrti emng nyman bgt. Gk bakal kecekik. Krn yg kena kain itu dagu nya aja. Leher aman. Dan itu cma slama nidurin. Kalo udh lelap juga di rebahin lg. Klo diliat bidan atau dokter dikalimantan mah biasa aja. Mlh psti dlu mereka psti diboboin gtu😅. Dan mngkin anak mereka dgituin juga. Anak ku kalo rewel susah ditidurin. baru damai kalo digituin.

Baca lagi
5y ago

Up

Maaf ya buibu, mana ada orangtua waras tega sih bun sama anaknya. Coba dipelajari dulu apa itu bapukung, baik atau tidaknya coba tanyakan dulu ke ahlinya. Jng main bilang "kasian bgt". Kesannya ibunya tega bun. Apa bedanya bunda2 sama ibu2 yg liat anak digendong M Shape trus bilang "kok gitu gendongnya sih, kasian belum kuat". Sama aja kan komen kosong 🙂 Dasar ibu2 suka curhat, sedih anaknya dikomenin org, rulesnya dikomenin org eh tp malah komenin rules org tanpa pelajari dulu. Hadeeh

Baca lagi

Menurut saya si itu kurang baik. Tapi kita mungkin karena rasa GK enak sama adat d sana. Seharusnya ngikutin adat hanya beberapa menit saja sebagai syarat, terus si Dede d bawa TDR k kamer d lepasin deh iketan d lehernya itu. Kasihan loh, kita aja kalo d gitu gimana coba. Jadi sedih liat nya. Emang mungkin itu GK kencang ngiketnya, tapi tetep aja dia kurang bebas. Dia lahir k dunia ini ingin kebebasan, d dlm perut aja udh sempit..

Baca lagi
5y ago

pelajari dulu baru ngomong

Wahhhh sama bun Anak ku suka dipukung sama nini nya hehehe Aku pernah mau coba ngepukung sndri tpi gak bisa haahaha, jdi kalo di rmh ga pernah aku pukung tpi kalo udah ke rmh nini nya pasti dipukung bun, dan tidur anak ku jdi pules. Itu engga berbahaya kok kalo cara ngepukung nya bener, kalo emak² kalimantan zaman old ngebikin anak nya kek gitu tu dipukung 😁

Baca lagi
5y ago

Iya ini juga nini nya yg mukung... Dgn begitu kan tidurnya jd nyenyak, dan aman juga krn nini nya sdh ahli mukung memukung😂

Ditempat saya juga ada adatnya, namanya 'beayun', jadi anaknya umur lebih 60 hari di pukung, kaya gitu u dedenya tidur nyenyak loh bun, awalnya memang agak ngeri takut, tapi lama kelamaan alhamdulillah udh bisa mukungin sendiri... Itu lehernya gak dicekik kok bun, saya sering liat Ade saya waktu kecil digituin dan selama ini mah baik-baik saja...

Baca lagi

Jadi inget pas 2 minggu babyku di bedong sama tetangga dgn kakinya di paksa lurus trus diiket dengkulnya, trus di bedong kenceng bgt. Bener2 udah kaya papan... Katanya biar tidurnya nyenyak ga gampang bangun malemnya. Lah justru nb kan mesti disusuin 2-3 jam sekali. Semenjak itu aku protect anak ku bgt dr tetangga" gg rusuh.

Baca lagi
5y ago

Iya bun.. malah kadang sama ortu sendiri yang beda pemahaman. Ga nurutin dibilang sok tau dan bilangnya mereka lbh pengalaman.

bahaya itu bun,di desa ku dulu juga ada yg di gituin katanyah si dah tradisi tapi entah itu tradisi dari mana,ada anak tetanggagu malah meningal dunia kasian banget karena dadanyah terlalu di tekan terus jatungyah jadi lemah sempet di bawa rs tapi selang beberapa hari malah gk bisa di tolong..

5y ago

InsyaAllah Aman bun jika dilakukan dengan cara yang benar oleh ahlinya, kita juga org tua nya g bakal kenceng2 juga ngikatnya.. si-bayi tidur dalam posisi dipukung juga akan menguatkan punggung dan pinggang-nya..

Bapukung itu dedek kaya dibedong terus diayun ayun pakai kain,kainnya di ikat kiri kanan pada 2 tiang/cuma 1 ya bund?biar adiknya tidur pules.kalau iya,saya jadi kangen waktu bayi,lebih seneng digituin daripada ditaru di box ayunan,kalau di taruh di box ayunan saya lebih pecicilan ndak bisa diem