anak susah makan

selamat malam...mhon bantuanny bunda2 tips mengatasi anak umur 2 thn yg susah makan..trimakasih?

58 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kehilangan selera makan Pada usia 2 tahun, umumnya anak sudah bisa mengenal beragam rasa dari makanan yang dikonsumsi dikarenakan indra perasa mereka sudah berfungsi dengan baik yang menyebabkan mereka cenderung memilih makanan berdasarkan rasa yang hanya mereka senangi. Pada usia ini juga, anak sudah bisa bergerak aktif dan berlarian kesana kemari yang membuat Anda sebagai orang tua cukup susah untuk memberikan makanan apalagi jika makanan tersebut kurang disukai si kecil. Selain itu, anak usia 2 tahun tentunya sudah tidak bisa lagi diberi makanan dengan tekstur lembek dan tawar seperti bubur bayi, karena beberapa dari gigi mereka sedang tumbuh dan ada beberapa gigi susu mereka sudah muncul sempurna. Memang sebenarnya, berkurangnya selera terhadap makanan ini tidak semua anak akan mengalaminya namun Anda tetap harus waspada. Tips mengatasi: Oleh sebab itu, orang tua dituntut untuk lebih kreatif dalam menyediakan makanan anak sehari-hari, tidak hanya dinilai dari kekreatifitasan rasa enak atau tidaknya makanan tersebut namun juga kandungan gizi dan nutrisi yang cukup untuk membantu proses pertumbuhan anak Anda. Vitamin untuk anak susah makan sayur dan buah juga bisa Anda berikan pada si kecil, dan pastikan jika vitamin aman untuk diberikan pada anak.

Baca lagi

ada banyak faktor bunda biasanya karna anak ingin makan bersama keluarga, atau karna mau bersama sang ayah yg sering kerja, mau suasana baru, atau 1 piring dg bundanya, jadi harus ngalah ikutin makan makanan yg di makan anak, anak saya juga gitu bund, ternyata mau pakai wadah yg lucu, atau mau maem dg tgn.nya sendiri tanpa di suapi, dulu sukanya cmn susu akhirnya saya selingin tiap hbis minum susu kok mau minta susu lagi saya ambip makan jadi dia malah seneng dan makan agak berkurang susuny, memang kita harus tau kemauan anak apa, anak saya dri usia 18bln susah makan skrg Alhamdulillah baru enak makannya, seminggu makan rutin 2-3x skrg naik 200gr, coba ikutin ig.nya @dr.thanshotyen bun bisa konsul sama org.nya ada cara mengenal kemauan anak juga

Baca lagi

D ajk mkn bersama tnp aktivitas lain spt main hp ato nntn ato jln2. Mgkn hny brthn sbntar tpi gk ppa, ttep diprtahankan sdikit dmi sdkit mggeser kbiasaan yg sudah ada, sblm makan apa mnum ssu? Mnum ssu bkin kenyang, usahakan ada jarak dg mnnum ssu sblm nya, cb kenali apa mkanan yg dsukai, variasikan menu makanan dlm 1 hari, ga prlu muluk2 yh sekiranya masuk aja, sm kasi vitamin, kl anak sy biolysin, kl agak sulit vitamin sirup bs pake vitamin yg bntuknya prmen gummy, cuman ga tau efektivitasnya, kl anak sy sblm sapih sy vitamin, dkit2 dlu sih ga full 1 sendok, nti di tingkatkan smpe 1 sendok, jgn lupa ksi reward kl dia bs mncapai

Baca lagi

klo anak saya memang dulu susah makannya.. tapi Alhamdulillah sekrg sudah mau..karena sebelum makan anak saya di kondisikan dulu untuk duduk tenang.. beri hal yg dia sukai, misalnya mainan apa atau kalo sdang main dengan teman atau saudara sebayanya bisa diajak makan bersama... waktu awal2 dulu saya kondisikan dia duduk tenang sambil nonton kartun yg dia suka..klo skrg Alhamdulillah tanpa nonton kartun pun dia sudah mau makan..asal kondisinya dalam keadaan duduk tenang ..dan satu lagi, anak saya juga lebih semangat mau makan jika sekeluarga duduk bersama2 makan.. semoga trik dari saya bisa membantu ,bund

Baca lagi

Cari penyebabnya dlu bun anak susah makan krn apa. Bisa krn ank sdg gk mau makan nasi, sayur berkuah, tumis, atau lainnya. Ank sy usia 2th 10 bln bbrp kali susah makan biasanya krn gk mau nasi atau sayuran berkuah. Misal penyebabnya kyk ank sy karbonya gnt kentang, ubi (ank sy prnh seminggu karbonya ubi trs), mie/bihun, roti jg bs. Atau gk mau sayur berkuah nah sayuran nya dimsak breng telur bs (bkin fuyunghai) atau ditumis breng lauk lainnya yg anak suka. Bunda bs cari referensi masakan utk anak di tap atau media sosial lainnya bun😉

Baca lagi

Klo saya asal masuk srapan az gak jadi mslah dlm 1hari cmn mkan nasi bbrp suap az yg pnting nasi udh msuk,paling dibantu dgn ngemil mkan2an yg agak berat sprti roti wafer2 kue2 sma buah2 soaly klo dpaksain nntinya takut jd trauma anaknya mlah jd tmbah susah mkannya lgyan ada masanya anak dimana gak mau mkan,tohh nnti juga klo laper pasti mnta sndiri bund 🤗,,dan alhamdulillah smpe skrg anak yg prtma saya klo makan gak susah mlah sll mnt sndiri dan gak rewel dgn jenis masakan appun 😊

Baca lagi

Aku lagi ngalamin ini. Anakku usia 10bulan. Makannya agak susah. Sebetulnya apa aja mau dimakan, tapi kalo pas jamnya makan susah dan luama banget abisnya. Sampe sekarang belum nemu penyebabnya apa. Tapi aku coba anakku kasih makan dalam bentuk finger food. Bola2 nasi, stick kentang, perkedel,dsb. Yg dia bisa pegang sendiri jadi ada ketertarikan untuk makan. Semoga sedikit membantu ya bunda. Monmaap nimbrung curhat juga 😅

Baca lagi

Pada usia ini anak saya mengalaminya mom tapi saya akali dengan cara makanannya saya olah dengan cara yg berbeda dan berbentuk seperti telur di gulung, nasi dicetak jadi dinosaurus walaupun saya pakai cetakan kue , ditambah anak saya itu gampang bosen jadi mengharuskan saya berfikir lg untuk ganti bentuk karakter dan makanannya apa. Semoga bermanfaat Bun jawaban saya.

Baca lagi

alhamdulillah anakku gapernah gtm dr awal mpasi smpe usia mau 3thn bun dlu pas org2 blg pakai gizidat gizidat gtu ya ankku biasa aja deh ga ada nafsu yg diklaim org2 tp semenjak pakai madu syamil anakku makin makin makannya bulan ini dia naik 2kg bb nya bahkan tinggi jg naik 2cm anakku makan nya kuat bgtt skrg 2 thn stengah 17kg lebih tinggi 98cm pesat bgt pakai madu syamil

Baca lagi

Kalau anak saya lagi susah makan saya kasih vitamin malah jadi lebih susah makan bukan menambah nafsu makan bun, karena mungkin sudah terisi nutrisinya sama vitamin itu sendiri. Pikiran aku sih begitu. Lebih nurutin apa yang dia suka bun, sama ganti2 menu andalan, tanya mau makan sama apa? Makan sambil main diluar bun. Gaperlu banyak yang penting si kecil makan nasi masuk.

Baca lagi
4y ago

Karena yg namanya vitamin nafsu makan itu tidak ada bu