cara mengejan yg baik

saat persalinan normal, bagaimana kita bisa relax utk menghadapinya. apakah jika ada robekan, ketika dijahit akan dibius atau tidak.?

8 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Kalo normal saya dulu emang ada disuntik katanya bius . Cuma dosis biusnya emang ga banyak krn bisa bikin bengkak dan lama sembuh. Jadi pas dijait dulu masih kerasa ๐Ÿ˜ apalagi dlu saya lahir spontan dg robekan luar dalam rasanya aduhai. Tapi sembuhnya cepet 3 hri saya udh bisa duduk nyaman. Saya skrg hamil anak ke 2 dan salah satu afirmasi saya adalah lahir tanpa robekan perineum . Coba bunda buka ig @bidankita atau website bidankita. Byk ilmu disana yg dibagi. Bidan yessi adalah salah satu pelopor gentle birth di indonesia dan dalam gentle birth itu salah satu golnya adalah lahir minim trauma tanpa robekan .

Baca lagi
VIP Member

setahu saya sih tidak dibius pun. dibiuspun kayanya percuma kan udah sakit, udah robek. sebaiknya, untuk menghindari robekan bunda usahakan rileks, jangan panik saat persalinan (agak sulit sih๐Ÿ˜). ikuti aja petunjuk bidan/dokter. sebaiknya saat hamil trimester akhir (7-9 bulan) bunda sering aktifitas ringan, seperti jalan kaki, ngepel pakai kain, cuci baju pakai tangan, intinya olahraga ringan. tapi jangan sampai kecapean.

Baca lagi
5y ago

iya bun, yg pnting olahraga ringan aja.

VIP Member

Yang penting bunda jgn takut saat melahirkan.. tetap yakin pasti bunda bisa melewati masa persalinannya.. Saat persalinan tidak hanya kita saja yg berjuang bun,, ingat ada bayi kita yg di dalam berusaha juga mendorong tubuhnya untuk keluar.. Dan ada suami serta keluarga yg menemani bunda โ˜บโ˜บ Saat saya di jahit,, saya tidak di lakukan pembiusan bun.. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

Baca lagi
5y ago

iyya bun,, gak boleh di angkat,, robekannya gak di sengaja kok bun..

Atur nafas bunda, minta tolong suami untuk mengingatkan kita untuk atur nafas kita. Saat usia 36 weeks mulai lakuin pijat perenium biar otot sekitar vagina lebih elastis sehingga saat melahirkan tidak tegang.. Coba buka IG bidan kita, banyak sekali ilmu dan penjelasan mengenai kelahiran..

5y ago

iya ini aku lakukan bun... bunda kmrn normal ya, maklum ini mw anak pertama ku bun

jgn panik bun, tetap tenang. positive thinking. kalo jhitan, ada yg dibius ada yg nggak dbius. q lahiran anak kdua, jhitn g dbius bunda. anak prtama dbius

biasanya sih sewaktu dijait gak dibius bun.. tapi klo saya dlu di tanya dlu mau dibius gak.. klo di bius lebih lama sembuhnya gitu..

5y ago

iya katanya begitu ya bun. lama sembuh

bisa kitaa minta gak utk ibius aja. sy udah 33w sdh dilema bun.. mw lahiran normal atau sc

Klo mw g sakit, pke epidural aja.coba baca2 tentang epidural di google