Susah makan

Rasanya mau nangis liat anak susah makan Segala cara udah di coba, tapi tetap susah banget makannya.. 😭 Kalo si bayik lagi tidur, saya suka liatin perutnya kempes karna mkan ny cuma secuil.. Nyesek rasanya 😭 mana si bayik gak mau sufor juga, jdi cuma bergantung sma ASI, saya takut kbutuhannya gak tercukupi klo cuma dri ASI Ada gak vitamin penambah nafsu makan buat anak 13 bulan?

15 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Sejak kapan Si Kecil menolak makan? Bagaimana kondisi kesehatannya? Apakah sudah cek rongga mulutnya, mungkin ada erupsi gigi? Makan adalah petualangan tersendiri. Ciptakan pengalaman makan yang menyenangkan. Kenalkan rasa lapar, kenyang, dan kebutuhan makan. Ciptakan suasana makan yang ceria dan seru. Gunakan alat makan yang lucu dan menarik. Jangan paksa anak untuk makan, berempati lah pada anak. Jangan bilang anak tidak suka jika belum mencoba setidaknya 15-20x. Ajak makan bareng. Ajak Si Kecil memilih dan menyiapkan menu yang akan dimakan. Hias dan bentuk makanan jadi lucu agar penyajian lebih menarik. Terapkan feeding rules. Pada dasarnya, anak dalam kondisi sehat dan normal pasti mau makan dan tidak akan membiarkan dirinya kelaparan. Jadi jika anak tiba-tiba malas atau menolak makan, coba evaluasi dan cari tahu penyebabnya agar bisa mendapat solusi yang lebih pas. Semangat, Bun. Semoga Si Kecil semangat makan lagi.

Baca lagi

anakku jg 13 bulan jalan 14 bulan Bun. coba dicari tau dlu Bun knpa nya. gk suka tekstur atau rasa makanan nya. lg sakit kah? tumbuh gigi? atau gmana feeding rules nya selama ini? contoh nya kayak anak saya kapan hari tuh gk mau makan kalau di suapin. tpi kalau makan sendiri mau. jadi ya beberapa waktu saya biarin dia makan sendiri. saya buatin makanan yg mudah di pegang. karena dia belum bisa pakek sendok. nasi sama lauknya saya bulet"in gitu. pernah jg bosen makan nasi. tpi makan mie mau. jadi saya buatin mie ditambah lauk plus sayur. terus karena kebiasaan makan di jam" itu" terus. misal sarapan jam 7 makan siang jam 12. Makan malam jam 6 kalau dikasih makan utama di luar jam itu pasti mingkem dia. 2 jam sebelum jam makan jg harus stop jgn dikasih Snack atau susu Bun. biar dia makan banyak waktu jam makan nya.

Baca lagi

anak saya jg gtu ko bun dr awal mpasi. makanny sdkit bhkan kdang gk mkan smp berhari2, dy cm knyang dr asi saya, sufor jg gk mw. udh mcem2 d coba, ttp gtm. saya jg khawatir tp krn kenaikan badanny ttp bagus, gk prnh sakit dan gk rewel ya saya anggp asi saya msh cukup. skrg usiany 20 bulan saya coba mnumin susu pediasure katany susu itu bsa bkin anak nfsu makan. wlwpun sdkit2 alhamdulillah dy mw mnum susu, dan sejak itu mkanny jd lumayan lahap stiap hari. mimik asi ny jd berkurang mngkn emg udh wktuny laper dan susu saya udh gk mncukupi utk dy, dy laper dan makan dgn sndiriny πŸ˜…

Baca lagi
3y ago

bb nya tetep nambah kah bund? trus gmn skrg makannya bun.. anak sy pemilih dan sedikiiit makannya.. pake pediasure juga. teteup aja bb nya ngirit bgt huhu.

peluk online bun.. kita satu server.. anak sy 11 bulan jg dari awal mpasi gak mau makan. BB stagnan udah 4 bulan ini.. udh bolak balik DSA jg semuanya normal aja. makannya dikit banget bun utk seusianya, dan dia jg gk mau sufor. asiku udh seret jg.. tiap hari stress bgt bun dan jd sering nangis liatin badan bayiku tambah kurus wktu demi waktu. pertumbuhannya pun terhambat.. blum bs merangkak & duduk mandiri... tlg kabari saya ya bun jika anaknya sdh mau makan, pakai cara apa..

Baca lagi
2y ago

iya bun.. pada praktek nya emg sangat susah nerapin cara biar anak mau MPASI.. skrg saya ngikutin kemauan anak aja, dia suka ngemil saya kasih cemilan, kasih buah. untuk mkanan pkok ny skrg andalan sya kentang telur wortel digoreng ala2 martabak telur gitu.. anak sya bener2 nolak kalo di ksih nasi+lauk, selalu di lepeh..

jangan cuma dilihat bun. dibisikin sekalian. bilangin pelan2 nanti pas sudah bangun kita makan ya, mau makan ini itu dsb. btw udah coba nyuapin pas lapar? kadang kaya makan terlambat, tapi kalo emang jam laparnya jam segitu ya udah gapapa. biasanya 2 jam setelah minum susu atau ngemil baru lapar lagi anaknya. variasi makanan juga boleh. usia setahun sudah bisa makan seperti orang dewasa, boleh makan sepiring berdua gitu. suapin pake tangan πŸ‘πŸ»

Baca lagi
VIP Member

coba diterapkan feeding rules nya bun, tekstur nya jg dikoreksi ya bun atau mungkin si kecil lagi sariawan atau mau tumbuh gigi? klu sudah di cek semua dan Oke tp masih blm ada perubahan coba deh kasih madi gizidat, anakku nafsu makannya sempet menurun alhamdulillah sekarang lahap makannya.. untuk review dan takaran konsumsi nya bisa tonton video yg ini https://youtu.be/LjYWrDQXiBo .. ☺

Baca lagi

gaada mam.. sering variasi menu aja.. gonta ganti menu...feeding rules tetep jalan.. atau ganti suasana makan.. mgkin bosen. tetap dipantau ..dikit2 gpp atau mgkin lbh sering ditawari makan.. udh dicek apakah mau tumbuh gigi atau ada sriawan? klo memang berangsur lama baiknya konsul ke dsa ya mam

Baca lagi

coba ajak makan bareng bunda, anakq gitu bun kalau makan sendiri, maksudnya tak ambilin sendiri selalu makan sedikit tapi kalau saya makan pasti dia selalu minta suapin juga πŸ˜…

ada Bun kmren saya juga belikan anak saya vitamin awalnya lahappo bangettt makan 3x sehari usia 6 bulanan 7 bulan gigi tumbuh 2 susah ngeces trus ini baru mau lagi makanyua

bunda semasa hamil suka makanin jajanan kah,atau ciki cikian,kata bidanku jika kita sering makan makanan begituan pas hamil bisa ngaruh ke anak,anak bisa susah makan nya.