cek lab dan buku kia

Permisi bun, apa kah cek lab darah, urin dll itu wajib bun? Dan dimana kita bisa melakukannya bun? Apa di puskesmas bisa? Untuk biaya brp bun? Sy hamil mau 11w selama ini periksa di spog rs swasta blm diberi buku kia juga bun. Mohon petunjuknya ya bun ?

25 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Aku dlu tm1 kontrol di SpOG dan puskesmas. Tapi lebih nyaman di puskesmas. Kalo k SpOG cmn di tanya2 ada keluhan ga trus di kasih resep sesuai keluhan gitu. Tapi pas ke puskesmas di cek smua dari mulai kesehatan secara umum, cek lab (darah+urin), cek kesehatan gigi, cek status gizi, di kasih buku KIA dan lebih banyak penjelasan meski kita ga nanya dan ga ada keluhan. Lebih nya aku dijelasin vitamin dan kebutuhan ibu hamil. Jdi skrg udh ga k SpOG lg karna rasa nya di puskes udh cukup. Tentunya biaya ny jauh lebih murah.

Baca lagi

Kl menurut sy bagus bun kl bs cek darah & urine berkala, utk memantau kondisi ibu & bayi..sy cek darah & urine di puskesmas bisa bun..kebetulan puskesmas di tempat sy pelayanan utk KIA lengkap..biayanya utk test awal (screening awal) 56rb sdh termasuk cek darah-urine, gizi & gigi. Lalu kl cek2 rutin tiap 2 bln biayanya cm 12rb. Untuk buku KIA sy dpt dr faskes 1 (klinik) bun, gratis...atau bs jg minta di puskesmas/posyandu harusnya gratis juga...semoga membantu..

Baca lagi

Kemarin pas cek awal sama bun ke rs juga. Tp perawat yg didepan langsung kasih tau jng lupa cek lab hb,hepatitis, hiv dll i ke puskesmas sama minta buku kia ya di puskesmas. Kalau di rs atau prodia cek lab harga lumayan bun. Makanya disuruh kepuskesmas untuk cek lab. Oh ya rs di tempat sy periksa ngg tersedia buku kia jdi itu dptnya periksa di bidan, puskesmas atau klinik. Kebetulan sy faskes 1 bpjsnya klinik jadi mungkin minta rujukan untuk cek lab ya di rs.

Baca lagi

Saya udah lab 2x bun di TM1 dan skrg di TM3 menjelang persalinan, perlu sih utk diliat urin kita apakah ada masalah misal infeksi atau kandungan lain, kalo darah utk kiat HEmoglobin, Leukosit, sm trombositnya, ada jg yg cek gula darahnya

Klo kmrn aku cek lab d faskes gratis. Tp pernah dikasih rujukan dr dok. pas usg ,disuruh ke prodia.. Tp aku blm k prodia. Takut mahal...hahahahaa...msh ngumpulin dulu uangnya πŸ˜…

Ke puskesmas aja bun. Biasanya untuk awal pemeriksaan nanti dilakukan cek urin, darah lengkap dan HIV. Kalau di daerah saya untuk ibu hamil gratis bun. Alhamdulillah

5y ago

Iya bun amiiiiiiiinnnn ..

Cek darah itu wajib bun untk penanganan sedini mungkin apabila ada yg abnormal, biaya dipuskesmas lebih murah. kalo buku kia dapatnya dari posyandu biasanya.

Dipuskesmas bun, aku kmrin dicek darah minta buku kia jg krna jg blm ada dikasih vit jg, gratis krna pke bpjs 😁

periksanya di puskesmas bun , jika ada bpjs bisa pake bpjs , nanti buku KIA nya diberi oleh pihak puskesmas bun

VIP Member

Buku kia dapet nya di klinik bidan/puskesmas kalo dokter wmg gk dapet. Iya kalo mau cek lab di puskes juga bisa