test lab dan buku pink/KIA

Bunda saya mau tanya, saya hamil 19w setiap bulan selalu USG ke obgyn tp tdk pernah disarankan untuk test lab atau diberi buku pink/kia tp saya baca dsni kata bunda2 test lab untuk cek urin dan darah itu penting, apakah klo sy ke puskesmas harus bawa rujukan untuk tes lab ? Dan apakah buku pink harus dimiliki bumil ? Dan apakah klo tidak memiliki buku pink tdk bisa melahirkan di RS menggunakan BPJS. Terimakasih ?

16 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Bunda bisa periksa ke puskesmas, nanti bisa minta ke bidannya untuk cek lab., kalau belum punya buku pink KIA bisa minta ke bidannya pasti dikasih. Cek lab itu penting lho bun, apalagi untuk ibu hamil wajib cek HB, sipilis, HIV, protein. Selama hamil baiknya minimal cek HB 3x, untuk yg lainnya 1x saja cukup di awal kehamilan. Saya hamil 35w cek lab HB di puskesmas turun drastis di angka 8.7 (pdhl ibu hamil minimal 12) akhirnya dirujuk ke rs, dan diminta banyakin makan sayur, ati ampela, sari kurma sama minum obat penambah darah. Alhamdulilah pas mau lairan HB dh normal lagi. Bunda, jangan anggap remeh cek lab ya.

Baca lagi
5y ago

Oke bunda, terimakasih infonya ya nanti saya akan mngkuti saran bunda2 dsni untuk cek lab. Krna saya ga prnah disarankan dokter jg jd kurang tau..

Tes lab itu mmg penting bun. Cek urin, tensi n HB selama hamil. Biar bunda n cadebay terjaga. Ada jaminan ga preklamsia, hepatitis, diabetes, trz apaaa lagi gt aq lupa. Unt buku pink ga harus ada. Ttp bs kok melahirkan dg BPJS. Tp sebaiknya ada bun. Bunda bs minta ke puskesmas/posyandu terdekat. Itu semacam buku riwayat kehamilan n kesehatan ibu dan anak mulai dari dlm kandungan sampai 2 tahun nanti.

Baca lagi
5y ago

Ada nama dokter nya ya bun? Kl mmg d klinik dokter tersebut, cb cek ada fasilitas buat cek lab ga, kl ada ya bunda ga harus ke puskesmas, lgsg d klinik tersebut. Kecuali klinik itu tdk melayani cek lab. Baru minta rujukan. Ke puskesmas terdekat.

VIP Member

Di tempat saya buku KIA itu otomatis di kasih dari puskesmas bun. Soalnya tiap bulan itu kami kontrol dan di kasih vitamin2 . Pake bpjs gratis. Nahh untuk cek lab sendiri saya pas ketauan hamil itu langsung cek darah untuk HB dan golongan , serta cek urin untuk memastikan aja bener positif apa ga , terus pas 5 bulan (baru aja kemarin aq priksa) itu lab lagi untuk cek hiv dll , gizi, serta gigi.

Baca lagi

Kl di daerah saya tinggal buku pink/KIA bisa di dapat di bidan atau di puskesmas. Kl tes lab saya di puskesmas bun tm 1 dan tm3. Kl untuk bpjs nggk bisa langsung lahiran di RS kecuali ada rekomendasi dari dokter. Atau ada rujuka dari faskes 1 yg memang mengharuskan lahiran di RS. kl langsung ke rs itu nggk ditanggung oleh BPJS

Baca lagi

kalo di dokter obsgyn g ada bun, adanya di bidan atau puskesmas. terakhir ini setau saya kl lahiran pake bpjs harus ada buku pink krn Ada minimal kontrol kehamilan yg terdokumentasi di buku pink. cb sesekali kontrol ke bidan atau puskesmas bun, sekalian test lab juga. bilang aja blm punya buku pink juga, nanti dikasih kok

Baca lagi

Klo mau buku KIA ngambilnya ke puskesmas. Sy dlu kontrol selalu di Praktek mandiri Sp.OG. setiap sy nanya perlu tes lab ga dok, sll dijawab ga usah. Klo bunda mau tes lab, ke puskesmas aja. Terakhir, sy melahirkan di RS tanoa buku pink, bisaaaa.

Masalah buku pink gpp kok. Minta aj bun. Bilang aj sblmnya gtw ttg buku pink. Krn bunda baru hamil yg pertama ini ya? Gpp bun. Ga perlu panik. Masi ttp bole kok. Lagian itu ttp berfungsi sampe anak ud lahir n gede nanti kok.

5y ago

^^

Kalo kata bidan dipuskesmas daerahku cek leb itu pas di semester 1 sama 3 bund, kmren sya agak telat cek leb di 13 week tpi katanya gapapa si daripada ga sama sekali 😁 nanti cek lagi pas di smester 3 😁

Aku nggak punya buku pink bun dari hamil anak pertama. Tapi Alhamdulillah bisa kok melahirkan pake bpjs. Kemarin juga baru tes lab di rs gratis pake bpjs jga, minta langsung ke dokternya pas kontrol..

Sya jga ke obgyn sja bun. Insyaa Allah nnti ke bidan nya klau sdh masuk 4bulan soalnya sya mash di pantau dokter krna pernh BO. & dokter bilng cek lab nnti stlh 5bulan ke atas bun