dinding pipi dalam (pika, piki) dekat gusi ada bercak putih, sariawankah?

mau tanya bun, anak saya umur 9 bulan, di dinding pipi dalam dekat gusi ada putih-putih (pika dan piki), itu knp ya bun sariawankah/jamurkah/atau apa? bagaimana solusinya? (anak tidak rewel, mpasi dan asi normal...)

118 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

kalo kaya gitu ga bikin anak ga napsu makan atau minum, cukup di bersihin pake kasa + air hangat Bun kecuali kalo kaya gitu bikin anak bunda ga mau makan, gaminum, nangis terus itu mending di periksain bun ke dokter. jgn di kasih obat sembarangan meskipun emang kegunaan nya tanpa pengawasan dokter. Krn dosis per anak itu beda2 ga bisa di samakan. anakku jg gtu soalnya pengalaman anakku pernah periksa putih2 gitu ke bidan di kasih obat Bru sehari aku bawa ke DSA kata DSA nya obat yg di kasih bidan itu sbnrnya ga boleh buat bayi. dr situ aku mulai tiati bgt,baru sebulan lalu periksa ke DSA krn putih2 dr lidah sampe tenggorokan yg ternyata dia sariawan di tenggorokan nya.

Baca lagi

Bantu jawab yaa bun... pnglmn anak sy sempat bgtu dan cb ganti2 DSA krna ga sembuh2 smpe 3 bln baru ilang dg jwban yg sama jamur bund dan obatnya yg kandungannya nystatin bun... dengan BB 7,8 usia 8 bln itu di ksh 1 ml persekali pakai olesi 3 atw 4 x shri.. tp bukan di minumin di olesin di pipi kanan kirinya bisa di bantu pke cottonbud biar meresap..kalopun termakan oleh anak aman bund... karna dy lgsung trcerna ... nah kalo udh mulai ilang jgn di stop dlu ya bund kalo sy itu di sarankan smpe 2 minggu surug di gunain trus biar jamurnya tuntas hilangnya karna kalo ga balik lagi mgkanya wktu itu anak sy lama smbuhnya krna saat hilang sy stop. Itu pngalaman sy bund

Baca lagi
4y ago

Bunda syainela anak sy juga habs 8 botol lbh ... smpt khwtr tp dsa blg ini aman... tp lbh baik di olesi bukan untuk di minumin krna sistem krjanya ibarat salap jd butub pnyerapan.. stlh itu jgn di ksh air minum kurang lbh 15 menit biar mnyerap dlu.. sbaiknya di ksh makan dan minum sblmnya baru di olesi... sbnrnya sy jg prnh cb bersihin pake kasa dan biasanya bayi kita ttp mulut bahkan menangis dan DSA tdk menyarankan tkt trjadi trauma pd balitanya .. dan jamur tdk smbuh jika di kerok kemulut pakai kasa ckup di olesi ... rajin di beri air minum hangat saja bund.. cb olesi saat dy tdr bund.. klo pun sdh smbuh truskan smpe 14 hari biar tuntas.. blh di cb bund ini pnglaman sy

bun ,anakku 10bulan kurang 5 hari , alhamdulillah Udah bisa duduk sendiri , dan kalo turun dari kasurr itu sekarang Udah kaki duluan Biasanya kepala duluan dia , dan Udah bisa berdiri sambil merambat , udah bisa melangkah sedikit sedikit tapi dia mau nya di pegangin bun. dan Gigi nya Udah 4 . apakah Itu udah termasuk Keahlian dia Bun diusia segitu atau Melambat ya bun?. takut nya , misal : di usia segini dia belum bisa begini begini , dan pada Harus nya Dia udah bisa begini . tapi Ini belum , kaya gituu bun😌Soalnya Bingung ngejelasinnya bun.hihi

Baca lagi
6mo ago

dijemur pagi hari

itu disebut jamur candidiasis albicant yg terjadi karna kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut apalgi saat sudah meminum susu atau setelah makan bun. kadang anak jg akan merasakan panas dalam dan rewel bun, jdi solusinya ambil handuk kecil/kasa gulung pd ujung jari yg sdh di basahi air hangat bun setiap kali sudah minum susu atau setelah makan. atau bunda jga bisa mengoleskan obat anti jamur di sekitar mucosa pipi si kecil

Baca lagi

usia 9 buln yg lalu anak ku jg gitu.. lalu konsultasi online sma dr, ktnya itu iamur.. jd mulutnya harus dbrsihkan 2x shri pkai kasa dn air hangat shbis mandi.. itu pnybabnya bsa krna antibiotik itu anak sy. Jd dr mnyarankan mnum obat nymiko. Alhamdulillah krng lbih 5 hri udh brsih mlutnya smbil rutin dbrsihkan mulutnya

Baca lagi
VIP Member

Itu jamur bund, anak saya juga pernah kaya gitu, dibersihin aja mulutnya tapi dibantu sama obat dari dokter, kalau dibiarin nanti bisa makin tebel jamurnya, terus nanti apa yg dimakan ga ada rasanya (hamabar) kan kasian Terus lagi kalau anaknya pake dot, dotnya dibersihin steril, soalnya kata dokternya faktor utamanya biasanya dari dot

Baca lagi

kalau masih asi kurangin minum susu bundanya.. karena kejadian jg sm sodara kyk gitu.. ibunya sering minum susu, bayinya jg byk bercak putih d lidah dan gusi . kata dokter itu efek jamur dr susu.. tp bisa ilang ko, stop minum susu 2 minggu kedepan, trs minum susunya jgn terlalu sering klo bercakny udh ilang..

Baca lagi

Indikasi jamur bun. Bersihin pake kassa dan air hangat tapi bersihinnya di area yg kena saja (jgn ke semua mulut) pengalaman anakku malah yg gak kena jamur jd kena karna bekas kassanya jadi nyebar. Kalo makin banyak kasih nystatin totol aja atau oles ke bagian jamurnya

3y ago

Hampir seminggu kalo anakku dulu bun karna agak banyak

bun mau nanya nih. mgkin pertanyaan saya berbeda. kenapa ya diumur segini tuh anak say masih ngeluarin liur dan suka jilatin benda...seperti saat kipas bergerak toples tangan apa yang ada dihadapannya. dan suka sekali dengan benda yang bergerak

2y ago

itu salah satu ciri mau tumgi bund. gatel gusinya

Iya kemarin anak sy usia 9 bln juga gitu sma, uda dikasi brbgai macam obat ilang bntr muncul lagi.. Jmur itu, uda gitu lm ilang nya kuranglebih hmpir 3-4 minggu baru ilang total. Sempat kuatir tp untung nfsu mkn dan minum nya gak brubah.... Tp tetap harus diprhatikn juga.