mitos apa fakta

Kata nyaa kalo baju bayi gak boleh di jemur di luar kalo malem ,pamali takut knp2 katanyaa iyah gitu ? Trus kalo nyuci baju juga gak boleh di peras atw.pake mesin cuci nanti bayi nya sakit badan ,bener ga sih ??

89 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sebenernya sih orang dulu bilang ini itu pamali pasti ada sebabnya, kalo orang jaman dulu kan jemuran emang di luar rumah kebanyakan ya, kalo jemur malem2 takutnya itu tengah malem ujan terus keujanan basah lg deh,, mkanya biar gx keujanan di buatlah istilah pamali yg sampe sekarang masih di percaya.. padahal mah kalo di tanya kenapa gx boleh pasti mereka gx mau jelasin, karna mereka jg jarang yg ngerti,, taunya mereka ya gitu2 aja dr leluhur mah sebenernya pamali itu kadang ada yg masuk logika tp kadang jg enggak, tinggal kita aja cara berpikirnya gimana baju gx boleh di peras jg gitu, jaman dulu mah orang nyetrika pake arang bun, kalo baju bayi di peras kan bakal kusut tuh,, kalo di setrika nanti takutnya kena abu2 dr arangnya itu bisa bolong lah, kotor lg lah makanya gx boleh di peras biar gx terlalu lecek

Baca lagi

Bener bun kalau masalah jemur baju, karena memang ajaran rosul begitu, jin itu mulai turun/keluar waktu ashar, dan jin menyukai hal-hal yang berbau amis, baby itu masih ada bau khas nya kalau orang yg ngerti, apalagi ibu yg juga nifas, mereka suka gangguin, jadi alangkah lebih baik di angkat bajunya sebelum ashar, kalau belum kering, cukup masukkan ke rumah, kering anginkan besok bisa di keluarkan lagi.... Kalau masalah cuci baju itu kepercayaan masing-masing. Kalau di wilayah saya terutama memang tidak dianjurkan cuci pakai mesin cuci, diinjak dll alesannya berpengaruh ke kesehatan bayi, bahkan sisa cutton bud atau apapun yang habis di pakai bayi itu gak boleh di bakar, pernah kebakar 1 cutton bud aja baby nya keluar bentol2 berair gt.. Tapi balik lagi, semua tergantung kepercayaan bunda.

Baca lagi

Dulu waktu masih hamil udah mulai nyuci2 baju anakku, mertuaku yg cowok suru suamiku angkat baju2 anakku waktu magrib. Katanya ngk boleh jemur baju anak sampe magrib, bsk di jemur lagi. Akhirnya di masukin kamar depan sma suami ( ada kamar depan, kamar skrg terusan dr kamar depan ). Waktu lahiran aku dirumah ibu, krn ngk ada ibu mertua. Baju anakku yg belum kering sampe pagi di jemur di teras rumah yg beratap. Tiap magrib pasti anakku di gendong, entah sma aku atau sama mamaku atau suamiku. Selesai magrib baru di taruh dikasur lagi. Puji Tuhan anakku ngk pernah nangis2 kalo magrib, kecuali minta nen aja. Ngk tau ya gmna kalo masalah cucian bayi di luar itu, ya kita nurut2 aja bun.

Baca lagi

kalo dalam Islam emang gak boleh, Bun. ada Hadistnya. makhluk pengganggu ibu hamil itu ada 2. 'ain dan ummu sibyan. nah ummu sibyan ini lebih ngeri. dia ini bentukannya kaya cewe rambut panjang suka nempel di tembok. pas magrib" apalagi. dia seneng ganggu bayi dan wanita hamil sampe keguguran caranya dia nendang perut bumil. dalam hadis (coba bunda googgling, soalnya saya bukan ahli agama juga sih. cuman pernah baca dan nonton di youtube crash rasanya) jadi tempayan, tempat makan, jendela, pintu dll harus ditutup. kalo pun mau gak sengaja jemur malem paginya bilas lagi. di dalem kamar mandi juga kalo bisa jangan nempatin baju kotor. soalnya setan senang jilat-jilat katanya.

Baca lagi

Iya bund karna ajaran rasulullah di wakt habis ashar k magrib itu ada mega merah yg pertanda waktu para syetan terutama sibyan itu keliaran, maka qt harus tutup rapat pintu dgn bismillah dan makanan serta air, jaga bayi dn anak kecil, di gendong aja kalo bayi, biar gk kena gangguan setan sibyan yg . Baju yg blm di lipat yg berada di luar lemari pun bisa di pakai di kencingi dll oleh setan2 itu. Mkanya baju jangan dibiarkan lama berada di luar, terutama baju bayi agar tdk terkena gangguan Ain

Baca lagi
VIP Member

Mitos akan menjadi kenyataan kalo dipercayai, karena itu jadi sugesti. Toh di negara lain yg tidak memiliki mitos seperti itu, bayi² mereka baik² saja. Kalo dipikirkan baik², bayi bisa jadi memang sakit badan. Bayangkan mereka berbulan-bulan dengan posisi tidak nyaman hidup di rahim. Terus kalo jemuran dibiarkan diluar, yakali, kalo tiba² ujan kaga ada yg tau ditinggal tidur. 😊 Positif aja lah... biar hidup ga dikejar² sama rasa takut mulu.

Baca lagi

kalo soal jemur baju bayi setau aku ga boleh sampe lewat magrib, ga boleh d inepin sama jendela & pintu sebelum magrib harus udh d tutup soalnya ada jin yang suka ganggu anak kecil ummu sibyan kalo ga salah namanya. itu aku ngalamin sendiri k anak pertamaku dulu aku jemur bajunya semaleman d taro d luar terus jendela habis magrib baru d tutup anak aku jadi rewel ga berhenti" nangis terus. nanya" k orang" ternyata emang bener kaya gitu katanya.

Baca lagi
4y ago

Betul bun

Setau saya klo mulai jam 5 kita yg hamil. Sama baby masih kecil jgn diluar rumah.. Sampe nnti isak.. Karna dalam islam di Al Quran juga di jelasin jam segitu ada ummu sibyian( jin yg suka mengganggu anak kecil, ibu hamil.. Yg masuk ke rahim wanita dan mengunci biar gak bisa hamil, nendang janin di perut agar keguguran) di suruh tutup semua pintu..

Baca lagi

Klo saya pke logika aja bun apa hubungan nya mesin cuci sama badan anak saya . 😶 lagian klo ga di keringin kapan keringnya lg musim ujan juga bun . Pliss permudahlah diri anda. Hehehe😅 Klo jemur malam hari saya ga cuma baju baby aja yg di angkat baju kluarga juga antisipasi klo ujan pas kita bobo cntik . Klo jemur didlm ya gak apapa.

Baca lagi

Klo masalah jemur baju gk boleh malem itu emnag bener bun ada jin namanya ummu sibyan yg suka gangguin ank kecil sama bumil makanya jendela pintu udh harus ditutup sebelum magrib bju jg sudah harus diangkat sebelum menjelang magrib. Klo masalah baju gk boleh dicuci di mesin cuci itu mitos anak2 sy gpp Alhamdulillah dr lahir nyucinya pakek mesin cuci

Baca lagi