Obat penurun demam

Izin bertanya bunda Obat penurun demam anak yg gak pahit apa y bun,soalnya saya kasih sanmol Drop sama paracetamol rasanya pahit,padahal saya campurkan susu tapi anaknya kyak trauma minum susu bun karena pahit,klo di minumkan langsung anakny muntah bun mungkin karena Pahit..

14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Selamat malam, Bun. Suhu tubuhnya berapa? Sudah berapa lama demamnya? Bagaimana perilaku anak? Apakah masih aktif? Masih mau makan minum? Sebenarnya demam adalah respon tubuh yang bermanfaat melawan kuman, jadi tidak perlu buru-buru diturunkan karena kuman subur di suhu rendah. Bunda bisa melakukan upaya untuk menyamankan dan menenangkan anak, misal dengan memeluk, menggendong, skin to skin contact, menepuk-nepuk, mengelus, berendam air hangat. Jika anak sangat rewel, atau mengeluhkan nyeri yang sulit ditahan, Bunda bisa berikan paracetamol (bisa drop atau sirup, biasanya ada variasi rasa jadi tidak terlalu pahit. Kalau saya lebih senang pakai drop karena lebih pekat) dengan dosis 10-15mg per kg bb. Perbanyak minum agar tidak dehidrasi. Pantau suhu tubuhnya secara berkala dan perhatikan gejala-gejala lainnya yang muncul. Jika perlu, buat catatan kecil soal demam dan gejalanya. Anak muntah setelah minum obat belum tentu karena pahit sih. Btw Bunda berikan sanmol dan paracetamol maksudnya diberikan double gitu? Sanmol kan isinya paracetamol juga, jangan dibarengin dengan paracetamol generik yah, nanti jadi berlebihan. Waspada dehidrasi dan tanda bahaya lainnya. Semoga Si Kecil lekas sehat kembali.

Baca lagi
Expert

Assalamualaikum salam sejahtera Perkenalkan saya apt. Ita 🥰 #TanyaApoteker Rasa pahit parasetamol berasal dari zat aktif parasetamol itu sendiri. Beberapa sediaan dari brand tertentu mengandung zat tambahan pemanis rasa untuk mengurangi rasa pahit. Sediaan parasetamol di apotek ada drop, sirup, tablet, dan suppo. Biasanya sediaan Drop baik Parasetamol Generik maupun Branded lebih disarankan diberikan pada anak usia bayi karena memudahkan penyesuaian dosis menggunakan pipet tetes. Untuk sediaan sirup banyak macamnya yang tersedia di Apotek dengan berbagai varian rasa. Ibu bisa berkonsultasi dengan Apotek terdekat. Jangan lupa perhatikan dosis yang seharusnya diberikan ya. Sampaikan berat badan anak agar dosis yang diminumkan sesuai takaran. Jika demam tidak membaik segera konsultasikan dengan dokter terdekat. Semoga membantu

Baca lagi

Ana saya juga lg demam ni bun usia mau 8 bulan,, td siang muntah terus badan ny panas tapi cuma di area kepala dan leher, sehabis nene juga muntah tidur mlm pun gk neyeyak bun, pdhl udh di kasih bawang merah di tumbuk campur minyak kayu putih,, ini gmna yah bun?

2y ago

ngeri DBD klo muntah gtu Bun aku mah

tempra drop bun.. trus jgn dicampur susu, kalau g salah kandungan susu bisa menghilngkan khasiat obatnya.. makanya setelah minum obat harus dijeda ketika mau dikasih susu.. trus kasian jg bun anaknya jd trauma minum susu karna pait itu.

jgn dicampur susu ya bund. nanti obat nya bisa ternetralisir oleh susu. di apotek² banyak dijual pemanis untuk minum obat kok Bun. nama nya sirplus Syrup. aman utk bayi & anak².. tinggal campurin ke obat nya aja.

Tempra sirup bun, dia manis banget, kalo aku kasih dikit air biar gak kemanisan, soalnya anaku gak gitu suka yang manis banget

2y ago

iya bun bener

merk lain boleh bun. ada tempra, ada yang sirup generik. bisa juga beli pemanis obat di apotek, itu aman buat bayi.

tempra drop, praxion drop minum nya jgn barengan sama susu ya mam. tawar nanti obatnya

rata² emang ada rasa pahitnya bun. kalau anakku pakainya apetic

daun Dadap obat tradisional jaman nenek moyang

2y ago

tidak mbak halus dan sudah terbukti sampai sekarang masih ttp saya pakai