1th belum bisa makan nasi bahkan bubur

Ini 1th saya masih bikin bubur bun, ini pun kadang ga bisa ketelan sama dia. Gimana ya bun cara merangsang anak biar mau makan bubur di kunyah gitu? #seriusnanya #bantusharing #firstmom #pleasehelp #ingintahu

1th belum bisa makan nasi bahkan bubur
14 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

sudah pernah coba suappin pakai tangan mama sendiri? atau suapin sendok yang agak besar tapi bukan sendok makan sebab sendok yang diphoto bunda sama persis kayak sendok yang saya punya pernah suappin babyboyku pake sendok ituh malah ga ketelen dilepeh meski teksturnya mau lembut atau sudah naik tekstur kasar tetap ga bisa pakai sendok gitu kayaknya karena ukuran sendoknya ga nyaman buat langit2 atas si anak karena anak saya langit2 atasnya agak cembung kedalam sedangkan pakai sendok mixue malah lahap banget makannya dan pakai tangan ku juga lahap tapi karena aku malas kotor jadi pake sendok mixue karena sering beli mixue jadi punya sendoknya banyak tapi kalau makan cemillan seperti biskuit milna atau buah2an dipotong besar mau makan dan sudah bisa gigit2 kah bun?

Baca lagi
1y ago

sudah bisa bun kalo kaya cemilan Milna gitu bisa

Sensori play Terapi oromotor Anaknya sudah bisa jalan ? Bisa dicoba jalan tanpa alas kaki di atas rumput atau pasir, kasih anak main beras, atau benda2 lain bertesktur kasar. Beri anak makanan yang kriuk, bisa dari ketimun mentah, atau buah yang teksturnya tidak lembek (bikin potongan stik, kecil memanjang supaya lebih mudah di pegang) Pijat oromotor di wajah (banyak tutorialnya) Pelan2 naikkan tekstur, dengan suapan sedikit demi sedikit. Hoek sekali dua kali tidak apa2, itu wajar. Tapi kalau tidak berhasil juga, bisa langsung ke dokter anak. Bisa ke puskesmas dulu poli tumbang/KIA, minta rujuk ke dokter anak.

Baca lagi
1y ago

iya bun sy bawa ke DSA saja besok

kl dr 8bulan udh dicoba naik tekstur ttp gabisa jg sampe skrg, sebaiknya bawa ke dsa bun, takutnya ada gangguan oromotor. krn normalnya dr 8bulan udh naik bertahap shgg 1tahun udh bisa makan nasi. anakku dulu jg agak susah naik tekstur, sm dokter diarahin sensory play. udh pernah cb bun? kl udh diterapi mandiri sensory nya tp ga ada perubahan, cus ke dokter brrti. oiya kl mau cb ke puskesmas dulu boleh bun, nnti kan dirujuk lg kl di puskes ga ada dokternya. yg penting langsung cari bantuan ke ahlinya (dokter), sesama dokter pasti paham nnti hrs dirujuk kemananya misalkan di puskesmas ga memadai

Baca lagi
1y ago

iya bun sy takut nanti ke depannya bakal kenapa kenapa gitu

VIP Member

dulu naik teksturnya gimana bun? naik tekstur itu bertahap bukan yg ujug2 anak dari yg awal makan bubur halus terus mau naik tekstur besoknya lgsg ganti bubur kasar, gabisa begitu krn anak butuh penyesuaian. sering kasih finger food buah2 yg agak keras juga ngebantu anak buat ngunyah contohnya buah apel, pir, atau biskuit bayi juga bisa

Baca lagi
1y ago

terimakasih bun

TapFluencer

Terapi oromotor dan latihan sensori. Ngefek banget antara sensori tangan kaki sm kenaikan tekstur anak. Misal anak gk dibiasain jalan nyeker atau jijikan megang2 barang yg bertekstur. Coba browse di Google ya, penjelasan lebih lengkapnya

bawa ke fisioterapi bun ada dokternya kok, anak syaa mengalami gangguan oromotor kl makan lgsg telen. dl terapi 2 bln dicover bpjs semua. seminggu 2x pertemuan, macam pijat oromotor dan kt dirumah jg harus praktek sehari 3x sangat ngefek.

1y ago

anak sy dulu mulai ketika usia 14 bln berjalan 2 bln uda bagus kok.

mungkin ada gangguan oromotornya . bisa periksa sambil ikhtiar dipijat sendiri lihat tutor di yutub untuk pijat oromotor. biarkan juga anak main sensory play , main di rumput tapi periksa dulu aja ya .

Baca lagi

Ke dokter bun, bisa aja ada gangguan oromotor. Harusnya dr umur 9 bulan udh naik tekstur jd nasi tim bukan bubur lg, jd umur 1thn udh bisa makan nasi bukan bubur.

1y ago

ya Allah bun, innalilahi yg sabar bun

Coba metodenya di ubah. Suap pakek tangan .. atau makan pas ort jg makan . Biasanya mau.. harusnya sudah naik tekstur jd nasi biasa . Jd d coba aja bun dl ..suap pakek tangan ..

terapi oromotor bun, coba bunda cari detailnya di youtube 🙏🏻

1y ago

oh ok ok bun terimakasih yaa