Suami ngelarang anak di imunisasi, apa boleh imunisasi nya ga lengkap ??

Hallo bun, sy mau tanya apa ada ya disini bunda² yg imunisasi ank nya ga lengkap ? Dan klo ga lengkap imunisasi nya smpe tahap apa ? Krn sy kesel sm suami dia ngelarang sy utk imunisasi ke ank. Soal nya waktu itu anak sy imunisasi DPT 1 +PCV anak sy jd rewel, demam 2hr dan muntah² bun. Makanya suami jg ngomel² sm sy dan ngelarang sy utk ajak ank imunisasi. Sy udh ngejelasin ke suami klo imunisasi itu penting dan skrg jg klo ank mau masuk sekolah ditanyain anak nya di imunisasi atau tdk ? Udh gitu suami jg terpemgaruh sm tmn² nya krn ank tmn² nya jg imunisasi nya ga lengkap bahkan ada yg ga imunisasi sama sekali mereka bilang bahwa ank nya smpe skrg sehat wal'afiat. Dan di tambah tmn² nya jg blg "imunisasi mah ga penting² amat, toh klo emg waktu nya sakit ya sakit aja nnt jg sembuh. Allah yg ksh sakit Allah jg yg ksh kesembuhan" sy cape berdebat sm suami masalah imunisasi smpe sy bilang ke suami "ya udh terserahlah toh klo nnt knp² sm dedek kamu jgn menyesal ya" dan dia malah bilang gini "tuh kamu nya jg blm apa² ngomong nya udh jelek aja"#bantusharing #seriusnanya #firstbaby

24 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
VIP Member

Prinsip saya semua imunisasi itu wajib. Imunisasi itu hak anak, dan kewajiban kita sebagai orang tua untuk memenuhinya. Berdasarkan pengalaman pribadi, anak saya yang imunisasinya lengkap daya tahan tubuhnya lebih bagus daripada sepupunya (anak adik kandung saya) yang cuma beda 2 bulan usianya. Anak saya sekarang 20 bulan. Selama ini baru 1x batuk pilek, 1x batuk, 1x pilek, ketiganya sembuh kurang dari seminggu. Pernah 1x muntah diare, sembuh dalam 3 hari (dengan pengobatan dokter). Bedanya sama keponakan saya, dia sering banget batuk pilek dan sembuhnya selalu lama. Pernah muntah diare sampe 2 minggu baru sembuh. Kalo mau risiko demam lebih rendah, ya ambil vaksin yang mahal (hexaxim/infanrix hexa). Anak nggak pernah minta dilahirkan ke dunia. Saya yang meminta kepada Tuhan, menghadirkan anak saya ke dunia. Makanya saya punya tanggung jawab penuh untuk memenuhi segala kebutuhan dan hak anak saya. Apa pun akan saya lakukan demi kebaikan anak, termasuk melindunginya dari penyakit, dengan ikhtiar memberikan imunisasi lengkap sesuai anjuran IDAI. Alhamdulillah anak saya berkali-kali divaksinasi nggak pernah ada efek samping apa-apa.

Baca lagi

Kalo ga lengkap, seluruh imunisasi yg bunda sudah pernah berikan, akan sia-sia. Bahkan bunda harus selesaikan sampai booster lho. Cek jadwal imunisasi anak IDAI terbaru. Itu kan ada imunisasi booster segala. Kalo ga diselesaikan sampe booster, kata DSA saya, percuma anaknya selama ini udah diimunisasi. Suaminya suruh nyebrang jalan gausah tengok kiri kanan. Wong anjing kucing nyebrang jalan gak nengok kiri kanan aja selamet kok. Atau suruh naik motor kemana2 gak pake helm. Banyak kok orang gak pake helm gak pernah ditilang polisi, gak pernah kecelakaan sampe kepalanya pecah. Kira2 analoginya kayak gitu dengan imunisasi anak. Lagian kalo anak bunda kena penyakit parah, TBC misalnya, tau ga pengobatannya brp lama? Enam bulan :) Gaboleh jeda 1 hari pun. Suaminya tega? Emang mau minta tanggung jawab sama temen2 suaminya? Tolong suaminya kasih liat postingan ini. Dan jawaban dari bunda2 lain juga. Udah tahun 2022 pak! Anak berhak dapet imunisasi. Bapak sbg ortu wajib memberikan. Kalo gak, bapak melanggar hak anak bapak akan kesehatan yg lebih baik di masa depan.

Baca lagi

IMUNISASI di RS dgn DSA maupun di PUSKESMAS dengan Bidan sm aja bagus IMUNISASI ITU HAK ANAK KITA balik lagi kondisi perekonomian kita kalau bunda mampu ya ke RS tapi kalau bunda mau yang gratis dari pemerintah ke puskesmas bunda bisa ? bedanya kalau di RS biasanya DSA sarankan jg ambil imunisasi tambahan selain imunisasi wajib dan vaksin nya import jd gak buat anak demam dan bayar nya lumayan mahal bisa sekitar 600 - 1.2 juta vaksin tambahan itu ada PCV, ROTAVIRUS, MMR II, VARISELA, HEPATITIS A, JE, INFLUENZA, TIFOID vaksin wajib 1 bulan BCG Polio 1, untuk mencegah penularan Tuberculosis dan Polio 2 bulan DPT-HB-Hib 1 Polio 2, untuk mencegah Polio, Difteri, Batuk Rejan, Tetanus, Hepatitis B, Meningitis, & Pneumonia 3 bulan DPT-HB-Hib 2 Polio 3 4 bulan DPT-HB-Hib 3 Polio 4 9 bulan Campak, untuk mencegah Campak tambahan sekarang ada PCV gratis tp beda jenis nya sama yang berbayar PCV nya kalau saya pilih di RS dgn DSA karna lebih detail cek nya karna Dr anak juga jd lebih oke juga . ?

Baca lagi
2y ago

kalau BPJS hanya imunisasi wajib aja bun ?

VIP Member

Tp DSA aku bilang emang ada kasus anak yg tubuhnya menolak divaksinasi bun, dan salah satu tandanya jg muntah muntah atau kejang. Sama hal nya kyk ada anak yg demam setelah imunisasi, ada jg yg engga. Jadi intinya respon tubuh anak beda beda, bahkan ada yg menolak. Nah yg menolak ini yg bahaya, malah kalo diimunisasi bisa aja membahayakan bun, jd menurutku jalan terbaik konsul dulu sama DSA, karna kalo sampe muntah muntah takutnya kenapa kenapa dedenya. Jangan mendebat suami bunda jg, karna aku yakin seorang bapak jg gak mau anaknya kenapa napa, semua org tua pasti mau yg terbaik untuk anaknya. Sekedar mengingatkan aja bun, tp ucapan kyk "nanti dedek kenapa2 km jangan nyesel ya" sebaiknya dihindari bun, selain terkesan menyalahkan, ucapan itu kadang jadi doa bun. Lebih baik ajak suami konsul ke DSA, karna temenku jg ada yg anaknya nolak vaksin, dan gak di imunisasi, atas saran DSA bun?

Baca lagi
2y ago

ok bun mksh info nya

sebisa mgkin tetap diimunisasi bund. kalo saya dulu anak pertama imunisasi selalu di posyandu ke bidannya. karena disitu murah cukup bayar 5rb, tp tentu saja tidak dikasih obat buat demamnya. naaah saya anak yg ke 2 ini agak parno jg karena cerita orang² tentang efek pasca imunisasi, tapi saya tetap ingin anak saya imunisasi lengkap. jadi saya tiap imunisasi anak pasti di bidan praktek, meski di situ memang bayar 125rb, tp untuk imunisasi yg sekiranya berdampak demam pasti dikasih penurun panasnya. jd begitu pulang imunisasi pasti langsung saya kasih paracetamol dr bidan itu, dan algamdulillah ga pernah demam tinggi. pernah ada demam tp hanya ringan

Baca lagi
2y ago

coba kasih pengertian bund suaminya. kalo ada anak yg tidak diimunisasi tp tetap sehat, itu sebenernya karena terlindungi oleh anak lain yg imunisasi. kalo skrg kebetulan tinggalnya di daerah yg sebagian besar anak diimunisasi mungkin masih aman dan sehat bund. tp kita kan tidak tahu ke depannya. siapa tahu kita berkunjung ke daerah yg kebetulan sebagian besar penduduknya tidak mendapatkan imunisasi lengkap itu jg bisa berbahaya. seperti kasus yg pernah terjadi di daerah mana saya lupa lg. hampir seluruh penduduk terjangkit wabah, dan setelah ditelusuri ternyata memang sebagian besar penduduk tidak mendapatkan imunisasi. coba dikasih pengertian lagi suaminya ya bund. semoga terbuka hati suami bunda ?

bunda imunisasi nya dimana? klu ga mau anak sakit di DSA/RS bund tp bayarnya agak mahal seperti anakku dari awal imunisasi smpe sekarang 10bulan no drama no sakit2..susah juga klu udh debat sm suami seperti itu pdhl imunisasi itu penting bund buat imun kekebalan tubuh dimasa mendatang juga..insyaAllah anakku imunisasi lengkap gpp merogoh koceng lebih dalem karna itu memang hak anak saya untuk dapat imunisasi..

Baca lagi
2y ago

sy imunisasi nya sllu dibidan bun. pernah di RS itu pas baru lahir krn memang lahiran nya di RS bun.

sya jga bund sekeluarga melarang anak kedua yg saya kandung ini untuk imunisasi karna memang pnya pengalaman buruk tentang imunisasi, anak pertama ku habis imunisasi campak panas tinggi, muntah muntah smpe dirawat bund tapi akhirnya nya meninggal? dokter spesialis anak pun membenar kan bahwa ga semua anak cocok untuk imunisasi, aku jd trauma bgt bund ??

Baca lagi
2y ago

setau saya ngga ada tes tunggal utk mengetahui apakah kita punya autoimun atau tidak krn autoimun penyakitnya jg macem2. utk bisa tau setau saya dr cek darah nya, mungkin tes paling sering dilakukan oleh medis profesional yaitu tes antibodi ya mba..

terus jelasin ke suami manfaat yg didapet kalau imunisasinya lengkapp. bilng juga hampir semua bayi kalau hbis dpt pasti badannya panas dan jd rewell. mungkin krn bekas suntikannya sakit. suruh bayangin ajaa, suami bunda kalau habis vaksin covid pasti kan badannya meriang, nah itu kemungkinan sama yg dirasakan sibayii. bedanya sibayi belum bisa ngomong jadinya ya cuma nangis ajaa.

Baca lagi
2y ago

nahh ini penyakitnya emang ada disuami bunda. suami bunda sendiri susah diajak vaksin ? mungkin suami bunda penganut pikiran org² jaman dulu yaa kalau imunisasi itu gapenting untuk bayii. padahal manfaatnya jangka panjangg ?

alhamdulillah anak saya masih proses imunisasi, semoga bisa lengkap. ikhtiar gak ada salahnya bun. coba yakinkan lagi ajah bun. kalau DPT gak mau demam atau rewel, ada DPT yang gak bikin demam bun. memang agak mahal, tapi lumayan berpengaruh. demam sih tapi gak lama kok. pas anak aku gak rewel alhamdulillah

Baca lagi

bilang ke suami nya bund,,Dpt 1 sampai 3 memang panas+rewel tapi gimana imun bayi nya kuat atau tidak.. klo anak saya allhamdulillah dpt 1 gapanas sama skli dan rewel juga bntr.. wajar ko Bu,semua anak pasti klo dpt pada rewel dan panas,ya balik lagi ke anak kita sndiri gth..

2y ago

iya waktu itu imunisasi nya sekaligus 2 bun DPT 1 + PCV