Mandi Untuk Newborn

Hallo buibu.. Mau sharing aja nih.. Waktu anak saya umur 1 bulan, bidan langsung mandiin anak saya di bak (wastafel lebih tepatnya) dan langsung jerit kek kaget gitu looo.. Aku kira biasa ya.. Pas di rumah, aku juga mandiin di bak kayak bidan tsb. U know what buibu.. Nangis kejer kek pertama kali di mandiin.. Berlangsung sampe sebulan. Pokoknya kalo di mandiin di bak tuh nangis keras. Mungkin trauma ya ? Akhirnya saya beli baby bather. Alhamdulillah ga nangis buibu. Senengnya masyaallah. Sampe sekarang usia 7 bulan masih pake baby bather itu. Pertanyaan nya, sebenarnya bayi newborn itu mandinya di waslap aja apa di mandiin di bak sih??

40 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Mau sharing dikit. Anak saya awal lahir dimandiin di kamar tidur pake alas perlak dibasahin & sabunan trus di lap badan nya biar ga licin baru masukin jolang. Pas 6 bulan saya bawa mandi pake baby bather di kamar mandi & nangiiis kejer kaya abis diapain๐Ÿ˜… lama lama mulai terbiasa lah pake baby bather. Pas kerumah mertua&orangtua saya, kan gada baby bather tuh saya mandiin sambil berdiri sambil di guyur badan nya & kembali nangis kejeeeeer duuh๐Ÿ™„๐Ÿ™„ jd saya & suami putuskan dirumah pun skrg ga pake baby bather, jd mandi nya berdiri diguyur biar bs mandi dimana aja๐Ÿ˜†๐Ÿ˜† tp mesti hati2 jg apalagi anak yg badan nya kalo berdiri msh goyang goyang mesti ekstra. Sekiaaaan & terimakasih hihi

Baca lagi

Saya mandiin bayi saya pake washlap dulu trus dibilas di dalam bak mandi dengan air hangat. Anak saya juga awal2nya kalo mandi nangis (pas masih basuh rambut dan muka) trus lama2 diem sendiri sampai selesai mandi. Biasanya sebelum mandi saya sounding dulu "nak kita mau mandi ya" dan saya percikkan sedikit air di badannya biar gak kaget. Alhamdulillah sampai sekarang gak pernah nangis lagi kalau mandi.

Baca lagi

Saya mandiin dr lahir langsung pake ember khusus mandiin bayi . Cemplung aja gitu. Di pegangin di ketiaknya jdi dia enjoyy smbil mnikmati hangatnya air. Smbil di sabunin. Alhmdllh gk pernah nagis. Prnh sekali coba lgsg keran cuman cebok. Dianya kaget nagis jerit".. mgkn krn kaget itu dia jdinya nagis jerit".. apalgi kalo airnya dingin.

Baca lagi

Anakku dari umur sehari udh mandi di bak, tp aku liat cara bidan mandiin.. Pake air hangat, dibasahin dlu mukanya badannya, trs dikeramas dlu, baru diceburin.. Sampe sekarang aku praktekin ga nangis sama sekali, anteng banget gitu, diemmm aja.. Umurnya msh 3 minggu sih, mungkin kalo udh gede aku bakal biasain pake air dingin aja..

Baca lagi

Anak sy dr lahir smpe skeg 5 bln kl mandi di usap2 dulu pake waslap dikasih sabun diatas perlak yg ditaruh dikasur abis gitu bilas masukin ke bak mandi bayi. Dr kecil smpe skrg ga pernah nangis kl mandi. Mgkin bukan masalah bak nya. Tp tiap anak kan beda2 cara penangananya. Nah anak ibu lebih nyaman pake baby bather mgkin begitu.

Baca lagi
4y ago

Sama anak saya juga gitu .. Kalau uda byemplung keair gatau knpa seneng banget tgan kakinya bisa nendang".. Tpi skrg anaknya uda 4th skrg.. Jdi inget waktu bayi dlu ๐Ÿ˜

VIP Member

Anak saya dr lahir selalu di bak dan ga pernah nangis. Bidan jg heran yg mandiin ko nangis bentar trus udh ga nangis lagi smpe pake baju. Wktu ke kampung suami malah dimandiin sodara cuma dielapโ€ aja pdhl posisi udh mau 6 bulan baby. Aku ngerasa kurang bersih.

Sebulan pertama pke air anget bun.. lgsung di ember ๐Ÿ˜๐Ÿ˜.. ee sebulan lbih udh ga mau mandi air anget. Jd mandi air dingin. Seneng ya luar biasa klu kena air dingin ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚.. smpe udh gede skrang ga pernah mai mandi air hangat

Di RS dimandikan langsung Pulang dari RS saya mandikan juga di bak Pake air anget Tapi saya sabuni dan shampoin di tempat tidur yang dialasi perlak Memang awal-awal nangis Tapi udah 1 bln ke atas mulai senang mandi dibak

Baca lagi

Mungkin baby nya kaget bund...baby Qu pertama ngga langsung dicelupin di bak...tapi dilap dulu trus dioles sabun...baru dicelup ke bak...jadi dia ngga kaget...klo langsung kena air kadang baby kaget jadi langsung nangis.

VIP Member

kalo saya dilap2 dulu di perlak di kasur gitu bun, kasih sabun juga, trs baru ditaruh di bak dengan baby bather yg bisa dipasang di bak, trs keramas baru bilas2, dari newborn gitu terus alhamdulillah ga pernah rewel..