Persiapan Asi untuk bumil

Hai Moms. Saya sudah memasuki kehamilan 35 week ini anak pertama saya. Mau nanya pengalaman Moms dong apa yg bisa kita siapin sekarang untuk kelancaran meng Asi hi nantinya?

13 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

mom, banyakin belajar soal mengASIhi. jgn sampe gagal kaya aku :') mau sharing yang aku gatau diawal menyusui. 1. bayi bertahan sampai 3hari tanpa menyusu. 2. kebutuhan newborn hanya 5-7ml 3. terus susuin, kalo bayi rewel jgn nyerah dan berpikir kalo bayi kurang asi 4. 2 hal penting yg mengalahkan asi booster yg dijual : minum air minim 3lt perhari + selalu susuin ke baby. 2 itu kuncinya. semakin dikeluarin akan semakin terus berproduksi. 5. saat bayi ingin terus menyusu mungkin sedang berada di fase growth spurt 6. kok bayi menyusu lama bgt apa keluar dikit ya? coba bunda cari tau soal cluster 7. belajar pelekatan, pelekatan yg benar ga akan bikin sakit puting 8. kalo berniat mompa asi, cari corong yg pas (krn putingku kecil, bolak balik beli pompa ternyata masalahnya di corong yg kurang pas😭) 9. kalo mau asi kental, perbanyak makan protein hewani minta support penuh suami. minta tolong untung percayain urus anak sepenuhnya ke bunda, dan belain bunda kalo ada yg kontra soal asi. semangat bunda, semoga dilancarkan sampai lahir dan sukses menyusui😊

Baca lagi
1y ago

🥹🥹🥹

kalau saya, persiapannya dengan membersihkan puting payudara bun, dengan minyak olive, pijat pijat payudara juga (bisa lihat di google atau youtube), sehingga payudara tercipta untuk menyusui. kalau pas di RS, sama bidan/suster, ditarik² puting payudaraku, supaya daerah aerola tidak tebal, memudahkan bayi untuk menghisap, kalau terlalu tebal aerolanya, nanti bayi susah menghisap, dan bikin lecet puting. selebihnya banyak minum air putih, susu, dan persiapan diri + support system (suami, keluarga) untuk bantu proses mengASIhi. semangat bun, yg penting positif thinking kita pasti bisa menyusui. Kalau ada yg bilang : "asi nya kok dikit? " jangan didengerin bun, tetap percaya aja, kalo kita bisa.

Baca lagi

aku dari usia 7bln udah rembes bun asinya, gak banyak bgt tp kalo dirumah dasteran ga pake bra gitu pasti rembes ke baju, aku ga minum booster atau apa bun, cuma minum vitamin biasa dari bidan, aku orangnya suka minum air putih sehari bisa 2,5-3 ltr air, makan sayur juga hobi banget sayur ijo²an apa aja aku makan bun, mungkin kebiasaan itu bikin asiku merembes lebih awal bun, skrng masuk uk 36w

Baca lagi

banyakin belajar aj soal susu menyusui.. tetap makan makanan bergizi, minum air putih yg banyak, positig thinking dan selalu afirmasi positif ke diri sendiri "aku bisa mengasihi anaku" "asiku cukup buat bayiku" nanti klo sudh 37 week ke atas bisa ke konselor laktasi ya. pijat oksitosin (buat merangsang produksi asi dan induksi alami) sama breastcare dan belajar ttg susu menyusui lagi ..

Baca lagi

belajar tentang menyusui bun. karena belum praktek, ya teori dulu. terus WAJIB ajak support system buat belajar juga. kalo ada suami ya suaminya ikut belajar. kalo ortu, mertua, ipar, nenek, dsb suka ngebilang2in, ya sebaiknya mereka ikutan belajar juga. beneran deh, berhasil menyusui itu salah satu ya tergantung banget dengan support system.

Baca lagi

Saya dari UK 36w udah konsumsi Asi booster mom. Di UK 37 Asi'ku udah kluar, dan aku perah, sekalian jd induksi alami waktu itu. (Karena pingin cepet lahiran 😬) Minum Air putih yg banyak itu yg paling berpengaruh mom. Nanti klo dedek sudah lahir, belajar nyusuin mom, semakin bayi sering nyusu, semakin banyak pula produksi Asi'nya.

Baca lagi

lebih banyak baca artikel tentang menyusui bun, bagaimana asi diproduksi, apa itu kolostrum/foremilk/hindmilk, bagaimana ukuran lambung bayi, gimana pelekatan yg baik, tanda kecukupan asi apa aja, makin banyak tau makin tenang dan lebih percaya diri ketika menyusui, bahkan tanpa asi booster sekalipun..

Baca lagi

yang paling penting nih mom, panggil bidan laktasi ke rs/ke rumah buat diajarin menyusui. itu penting bangeeett. disiapin aja cari cari info bidan yang bisa homecare, dateng ke tempat

persiapan ilmu bun, ini nomor 1 banget harus bunda kuasai. gmn pelekatan yg benar, apa yg bikin asi seret, mitos2 gak bener tentang ASI dsb.

lebih baik konsul langsung ke konselor laktasi deh bun, diajarin step byk step nya, apa apa yg hrs diperhatikan untuk kesuksesan menyusui