Benci anak dipegang ibu sendiri

Gimana ya cara ngilangin perasaan gak suka /benci kalo anak dipegang sama ibu/bapak sendiri? Soalnya tiap main ke rumah ortu, anakku selalu di pegang terus sama ibuku , aku gak ada waktu sama anakku. Kalo lagi dipegang bapak/adekku terus anakku nangis, ujung2nya dikasih ke ibuku bukan ke aku. Serasa cuma jadi sapi perah aku disini. Cuma buat nyusuin aja. Tidur main mandi dll semua sama ibuku. Apa aku yg salah ya? Apa harusnya aku gak usa kesini aja? Tambahan : hey bunda2 yg julid. Maksud aku tuh bukan ga bersyukur. Aku tuh cuman mau membersamai anakku aja. Tapi gimana bisa membersamai kalau tiap saat dipegang ibuku? Hah? Dari mulai anakku bangun sampe tidur lagi cuma ketemu aku sebentarr. Selebihnya sama ibuku mulu. Sampe ga mau tidur bareng aku, nangis mulu kalo dikamarku. Gimana gak sedih anak sendiri ga mau bobok sama ibunya malah maunya sama neneknya? Iya sih aku bisa santai istirahat. Tapi lama2 rasanya kaya gak punya anak tau gak sih. Gak mandiin anak, gak main sama anak, gak stimulasi anak. Btw aku gak setahun sekali yaa ke rumah ortu, tapi tiap weekend. Tau gak ibuku malah nyuruh aku kerja, biar anakku di asuh dia. Padahal suamiku ngelarang aku kerja dan ngurus rumah&anak aja. So, what should i do???? Stress banget tau ga sihhh Aahhhgggrr

73 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan

Ts anonim.. saya mau tanya..itu anak Akrab nya saat main aja apa gimana si.. apa emang Ts nya main hari2 ke ortua nyaa.. yaa kalo anak g mau di pegang sama ortua nyaa.. jangan main terus k rumah ortua.. bukan sok2n malah nyemprot Netizen.. yaa wajarlah kalo lagi main ke rumah ortua anak main sama ortua TS...toh main juga sama kake nenek nya.. yang gak wajar itu anak nya main sama tetangga,sampe akrab g mau ke Bunda nyaa.. baru ngomel2.. ini cuma di asuh sama ortua.. lagian ngapain si bund main ke ortua hari2??? berarti klo gitu emang bunda nya g ada kerjaan lain kan.. makanya main trus ke rumah ortua... ohh atw rumah nya sebelahan apa gimana si?? ataw malah tinggal serumah?? klo misal rumah nya deketan..atw tinggal serumah,solusi nyaa yaa pindah rumah yang jauh jaraknya.. tapi biasa nya si anak nyaman sama orang lain berarti pengasuhan bunda atw bonding bunda nya yang kurang ke anak..mungkin bunda nya sering marah2.. kelihatan dari cara bikin postingan nya..yang suudzon nyemprot pembaca alias netizen.. sayaa satu rumah sama ortua saya.. dan ortua saya luar biasa baik nya sama anak.. bener2 ngmanjain anak2..apa yang anak2 mau di turutin.. bahkan demi cucu apa si yang enggak istilah nyaa.. tapi anak2 ttp aja mau deket2 nya sama saya..ada nenek nyaa.. ttp aja gelendot sama saya.. apa2 sama saya.. lebih sayang sama saya..padahal kake nenek nya yang malah suka nurutin apa mau mereka... tapi anak2 saya... mereka lebih ngikut aturan parenting saya... g ada jadi anak manjaan dll... sama ortua saya mereka akrab sewajar nyaa cucu ke kake nenek..segimana kakek nenek nya super segala2nya ke anak2.. saya seneng si mereka deket sama kake nenek nya apalagi ortua sendiri... jadi saya bisa melakukan aktifitas atw apapun tenang..g takut anak kenapa2... ngapain mesti benci ke ortua sendiri.. dan saya malah lebih percaya anak saya di bawah asuhan ortua sendiri daripada orang lain..bahkan sama mertua aja saya kurang percaya..padahal mertua juga sama bgt baik nya ke anak2.. hanya saja mertua tinggal nya berjauhan... ini yang mesti ditanyain diri sendiri sih bund.. gimana cara memperlakukan anak sendiri..cara pengasuhan nya dll..kenapa anak sampe g mau sama bunda nyaa tapi sama kake nenek nya sebegitu nyaman nyaa gituloooohhh. apalagi anak kecil itu tau dan berprasa..siapa yang bisa bikin mereka nyaman... nahh hayoooloh.. jangan2 emang bunda nya g bikin anak nya nyaman..😅

Baca lagi
2mo ago

iya bener biarpun saya galak papanya sabar klo bobo juga mintax di keloni saya aplg klo saya lembutin lgsg kemantil sama saya sampe papany blg g inget tdi hbis dimarahin😁 tenang ibu itu sdh ada tahta sendiri di hati anak"nya g wajar klo sampe kita benci jujur bcax sedih dosa bgt g si pny pikiran sejelek itu k ortu sendiri?😢

Izin komentar yaa Gak ada yg salah dengan perasaan tersebut. Mungkin bunda lagi di fase menikmati peran sebagai ibu baru sekaligus ibu rumah tangga dan belum merasa jenuh dengan keseharian nya. Aku juga pernah ada diposisi itu, anak dipegang siapapun aku gakmau dan merasa cemburu. Menolak saran parenting dan bantuan dari siapapun karena merasa sanggup ngurus sendiri. Bahkan sekelas nagita slavina pun yg sanggup bayar 10 pengasuh pernah cerita di salah satu podcast kalau pas anak pertama nya lahir dia yg handle sendiri dan gak boleh siapapun pegang sampe umur rafathar anak pertama nya setahun baru pengasuh nya si mba lala boleh pegang. Enjoy your time ya bund… Alhamdulillah aku salut ibu muda seperti bunda gak merasakan apa itu baby blues. Tapi nanti entah kapan waktunya bunda pasti butuh bantuan sekedar pegang anak 1-2jam biar bunda sendiri bisa me time kesalon atau belanja dengan tenang. Atau merasa seharii aja kembali jadi gadis lagi dan kehidupan sebelum menikah. Kalo udah tiba difase itu jangan sungkan minta tolong orang sekitar. Dari sekarang tetap jaga hubungan dengan mereka. Karena aku yg dulu nya sok bisa ini juga lama2 sadar bahwa setelah jadi ibu ternyata kita juga masih butuh sosok ibu. Dan memang benar ada nya begitu. Apalagi pas hamil anak kedua dengan posisi mabok parah. Rumah orangtua bakalan jadi tempat penitipan anak paling best 😂 Nikmati masa kebersamaan dengan si baby. Jaga kewarasan dan juga jaga hubungan dengan orang terdekat. Semangat teruss yaa

Baca lagi
VIP Member

kasusmu sama seperti aku. bedanya kmu tiap weekend kan. nah aku 1 rumah. kebayang kan ? aku kadang sebel kalo misal anakku nangis . tiba2 datang secepat mungkin di tenangin. ibuki bsa alihkan . ketimbang ak. dan hasilnya anakku pernah ga deket sama aku. ngadu sama utinya, kalo sakit lari ke utinya, bahkan kalo main pun minta ke uti drdpa aku. suapin mandi minta ke utiny. ya karna aku saat itu sibuk, yg masak lah , ngurusin dapur lah, bersih rumah. ga mungkin aku sambil gendong anak sambil ngerjain. bsa sakit pinggang kepanjangan aku. bsa kebayang kan itu hampir tiap hari aku sbgai ibu pernah plonga plongo. saking anakku ga mau sama aku. ada rasa sebel sbnernya . cuma dstu aku blajar bund. gmana caranya supaya aku di notice anakku terus. dengan ajak main. walaupun garing . ajak becanda. ajak cerita ajak ngobrol. ajak nonton tv sama2. ajak bermain saat mandi makan. bikin dia ketawa. pokoknya anak lagi tdur kita aktifitas . kasi afirmasi terus. "nak. kmu main sebentar ya sama uti, mama masak dlu"hasilnya pelan2 anakku mulai deket lagi sama aku. dikit2 manggil aku . bikin dia betah sama kita. bukan malah ngebenci ibu. ga ada gunanya. itu caranya bunda. kasi tau ke dia lewat kenyamanan supaya dia tau mana ibu. mana utinya. karna anak umur sgtu taunya senang aja bund. taunya main.aku juga pernah denger luangkan 5 menit berkualitas buat bangun bonding anak sam ibu. sampai skrang anakku kdang ya masi main sama utinya tapi ga kaya kmren2. btw anakku mau 3 tahun.

Baca lagi

halo, mungkin aku sedikit paham maksudnya. mungkin kamu perlu bicara sama suamimu untuk solusinya. karena namanya nenek (kebanyakan ya dari pihak ibu) sayang sekali sama cucunya. bukan maksud ambil alih atau gimana. cuma ya itu seringnya mereka ga paham. didikan generasti pasti beda, jd mungkin mereka ngerasa mau jaga cucu dan kamu istirahat dulu selama main ke rumah mereka. atau (mungkin) bisa juga jaga jarak dulu. senin-jumat kan sama kamu trus weekend sama ibumu, nah dikurangi intensitas kesana juga boleh asal kamu ngerasa aman dan nyaman. weekend bs jalan2 buat (mungkin kembali) kuatin bounding sama anak. perihal ibumu pasti mereka happy dan excited punya cucu. ini hal yg sebenernya MasyaaAllah yg harus disyukuri. TAPI kalo ternyata kamu ngerasa ada beban tersendiri, boleh dibicarakan ya ke suami atau ya ibu/bapak mu sendiri ☺️ semoga kuat terus ya. sehat terus. bagaimanapun juga anakmu butuh kamu, orang yg dia butuhkan nomer satu ya kamu💜

Baca lagi
VIP Member

Sy pernah punya perasaan sprti mama ke mertua dan ibu sy saat anak msh bayi dan sbg ibu sy maunya sama anak trs. Bukan sampai benci jg, cuma kurang nyaman sj jika orgtua megang bnyk peran thd anak🙂 tp seiring waktu sy memahami bahwa mereka sm bahagianya dg kita sbg ibunya dg kehadiran si kecil. Tenang sj maa anak mengenali ibunya, dan tetap seorang anak lbh tenang jika dekat dg ibunya. Mama jg nggk seatap sprtinya dg ibu, jd keseharian si kecil tetap lbh bnyk dg mama Berbaik sangka ya dg ibu, beliau hnya berusaha meringankan mama, nikmati waktu me time maa. Nanti kl anak udh toddler kdg justru kita pgn anak sm neneknya😁 ini yg sy rasakan, ngadepin anak makin gede, tenaga dan kesabaran kudu super ekstra, blm lg kerjaan rumah lainnya yg tiap hri menanti. Jd kadang sy blg k anak sy "dek k rumah mbah mau? main sm mbah ya" emaknya biar bs istirahat sejenak🤭

Baca lagi

anak di pegang sama nenek nya cuma pas main kerumah nenek nya doang kaan bun? mungkin nenek nya kangen sama cucu makanya jadi kya gitu. gak setiap saat juga kaan anak dipegang sama nenek nya nanti kalo balik kerumah sendiri juga bunda yg jagain kaan. sembari dijaga nenek nya kan bunda juga bisa istirahat. gak usah bilang benci juga bun itu kan ibumu, selama gk di ajak jalan jauh jugaa ya biarin kecuali di ajak jalan jauh dan kmu gak di ajak boleh deh kmu protes. kmu salah atau enggak yaa gak juga sih. setiap ibu pasti pengen anak dekat terus sama ibu nya tp kalo cuma utk sekadar sebentar pas main di rumah ortu doangg sy rasa kmu berlebihan klo sampai benci

Baca lagi
2mo ago

miris banget dah itu kata2 nya benci😁 padahal banyak banget orang yg pengen ketika punya bayi atau anak bisa dibantuin orang tua tanpa diminta ya nama nya juga manusia 🙁

toh tiap weekend kn bun tp bahasa bunda udh kaya tiap hari atw bahkan tinggal menetap di sana aja bun ga ngebela ibu nya bunda munkin dipegang terus ank bunda krna ketemunya cuma weekand aja bun,klo bunda ga mw di pegang terus anaknya bsa aja bunda kurangin kunjungannya kerumah ortu,misalnya dlm sebulan weekend nya 4 kali jadi sebulan dua kali aja kesana,klo q nerapin gt si bun q jg sma kek bunda kadang ga srek aja klo anak di timang" mulu tiap main kerumah ortu berasa yg di tunggu kedatangan nya bukan anknya tp cucunya jd mak nya ga pnting aja gt cucu terus yg di umek"😂bhkn udh ketemu kadang msh pro lg nnya" mulu di wa klo udh pulang kerumah,udh tidur kh cucu mbah udh mndi kh udh bangun kh jd q ya ku batasi bun bhkan kadang sebulan skli q kerumah ortu

Baca lagi

lah tak kirain ibu ts masih serumah sm ortunya... berarti ketemunya pas weekend aj kan ya? kalau si ibu gk nyaman klo anaknya dibawa neneknya terus setiap kali ke sana, ya gk ush sampai nginep, main aj trs pulang... kalau sy sih ya jujur lbh seneng klo anak diajak ortu sy sendiri daripada mertua, dn anak sy klo bareng sm ortu sy, sy malah seneng bisa rehat, bisa rebahan...krn rutinitas tiap hari kan sm emaknya terus, kadang sy mau makan, pipis, bab, selonjoran kadang aja gk sempet...jd ketika tak ajak ke rumah ortu sy, ya momen aku manjain diri sendiri lah, anakku disuapi, dimandiin, klo bab dicebokin, ya ampun itu tu healing yg menyenangkan lah, sejenak istirahat dari penatnya momong anak... itu klo sy...

Baca lagi

ya jangan main mbak kalo anak nya takut d pegang ibu nya😒 serba salah si emg org tua sama bumer ini, gak gendong anak nya dbilang gak perduli. ngegendong anak nya malah dbenci 🤦‍♀️🤦‍♀️ aneh!!! aku tuh y.. kalo ngrasa cpe bgt main ke rumah bumer, karna dsana banyak yg pegang (gendong) anak ku, ada bumer,nenek suami,adik ipar, jadi kalo aku main ksana bisa full istrhat mreka ngerti kalo aku capek. jd dsurh istirhat paling cm pas mau nyusu doang dkasih ke aku.. sbnrnya enak loh ada yang pegang gantiin gendong kita bisa istirahat, aku d kosan full siang mlem rawat anak sndrian gada yg gantiin, sngat melelahkan!!! tpi happy, suamiku krja pulang mlm trus suami pulang anak udh tidur..

Baca lagi

agak Laen kurasa bunda ts ini lahh , harusnyaa bersyukur bund , orangtuamu syang sama anakmu , dia mandikan anakmu ,main sama anakmu ituu palingan seminggu sekali , selebihnyaa kan samamu teruss , malah aku senang kalok ortuku main dan Syang sama anakku , ditambah lagi anakku cucu pertama + ponakan pertama dikeluargakuu , senang ajaa liat kedua ortuku full sayang sama anakku , malahan anakku sering dibawak jalan2 ke mall sama ortu dan tantenyaa ( adik kandung aku perempuan ) ,, terus aku dirumah bisa metime sehari sama paksu , diilangin yaa bund rasa benci terhadap ortumu , dia begitu karna syang sama kamu , sayang sama anak kamuu, banyak2 bersyukur yaa bund ☺️☺️

Baca lagi
2mo ago

emg rada anh sih post nya, mungkin dr dlu udh g akrab sm ibunya kali ya,jd abis lahiran jdi sensi bwaanya , aku aja sllu berdoa biar ibuku ngerasain punya cucu, main sm cucunya ,krna ankku yg pertma mninggal alhmdulillah skrg hmil lg 7w stelah sc 5 bulan 🥹☺️☺️