Hamil sambil menyusui

Bunda mau tanya disini ada yang pernah gak waktu sedang hamil tapi masih menyusui anak pertama . Boleh sharing pengalamannya bunda

29 Tanggapan
 profile icon
Tulis tanggapan
TapFluencer

Selamat atas kehamilannya. Menyusui saat hamil masih bisa dilakukan kok, asal kehamilan sehat, tidak ada riwayat keguguran berulang, tidak ada faktor risiko kelahiran prematur. Jika anak sudah usia 1 tahun atau lebih, fokus utamanya butuh makan gizi seimbang. Frekuensi menyusu sudah berkurang, bahkan jatah susu kurang lebih hanya sekitar 500ml karena kan kebutuhannya dominan dari makan. Bunda juga bisa baca artikel berikut : https://id.theasianparent.com/efek-samping-menyusui-saat-hamil/amp https://www.alodokter.com/ibu-hamil-menyusui-tetap-bisa-dijalani-dengan-aman Atau Bunda juga bisa cari opini dokter, kalau bisa yang konselor laktasi.

Baca lagi

Saya bun, sampai uk 3/4 bulan. Akhirnya terpaksa disapih krn saya mual kdg muntah dan sulit makan hingga kurang nutrisi. Sering kontraksi jg. Selama bunda tdk ada keluhan insyaallah gpp, tp memang asi lama kelamaan akan seret dan berubah rasa menjelang melahirkannkrn sdh berubah jd kolostrum. Kalau kuat silakan dilanjutkan, jika tdk maka sebaiknya lekas disapih demi kebaikan bersama. Teman2 sy jg banyak kok yg sampai melahirkan pun tetap menyusui si kakak, jd menyusui 2 anak sekaligus. Semangat ya bun, semoga sehat selalu ๐Ÿ’—

Baca lagi

Hai bunda, ijin berbagi info. Jika memang sudah dinyatakan hamil, misal dg pemeriksaan test pack sudah positif atau sudah usg dan memang benar hamil, dianjurkan tidak menyusui lagi ya. Sebab, menyusui itu seperti juga rangsangan diputing susu yang bisa menimbulkan kontraksi di rahim. Akibatnya perut terasa mulas dan terjadi kontraksi. Kondisi ini bisa memicu terjadinya flek khususnya jika masih ditrimester pertama, dengan begitu akan lebih aman jika tidak menyusui.

Baca lagi

Saya hamil pas anak pertama masih ASI usia 19 bulanan. Saya tetep terusin menyusui sampai akhirnya saya putuskan Utk menyapih di usianya sekitar 21 bulan karena ASI seret, anak juga kayak gak doyan makan maunya nen Mulu. Akhirnya setelah disapih anak saya jadi doyan makan daripada saat masih nen. Kalo saya pas Konsul ke bidan sih katanya aman ya hamil sambil menyusui. Tapi ada beberapa ibu yg gak bisa karena memicu kontraksi. Coba diliat dulu kondisi ibu sambil Konsul ke ahlinya.

Baca lagi

saya lagi hamil jln 5 bulan masih menyusui anak pertama bun,,, kalo kata bidanku gak boleh takute memicu kontraksi , tp ya gmn anaknya udah disapih tp ttep gak bs lepas asi, saya hanya berdo'a aja semoga semua baik2 saja dan sehat. tetap tenang bun, saya pernah kepikiran jd stres mlh tensi jd naik, jd saya tetap tenang, anakku yg pertama minta nyusu kalo mau bubuk saja bun.

Baca lagi

Saya hamil anak ke dua, usia si kaka masih 13bulan, dan lanjut Asi sampai usia nya 21bulan, kata dokter ku gpp di lanjut asi. walaupun banyak yang bilang gk boleh ngasi ASI kalau udah hamil lagi. tp puji Tuhan selama hamil dan menyusui gk ada keluhan apa pun dan anak ke dua juga lahir dengan sehat. Sekarang usia si kaka 27bulan dan si dede 3bulan๐Ÿ˜

Baca lagi

kalo kata bidan ku, klo anak msh nyusu dan kita sudah hamil lg lbh baik d sapih bund, krn gk baik jg buat anak yg sedang nyusu, tetangga ku kyk gt hamil lg tp msh ttep nyusuin anak ny, anak ny udh 14 bulan badan ny gk gede" msh kecil trs, kata bidan itu salah 1 ny klo hamil msh menyusui. klo bs lebih baik kontrol dan konsul ke bidan ny aja bund.

Baca lagi

kalau kata bidan ku.. gaboleh, harus di sapih segera karna memicu kontraksi.. tp kalo kata SpOG ku gapapa, selama tidak ada keluham bisa dilanjutkan asi nya.. tp asi perlahan seret + mampet sendiri.. jadi si Kakak udah Mimi sufor, tp kadang msh minta nenen (kalo lg rewel aja atau mau tidur) cuma dikenyot2 doang hehehe

Baca lagi

Aku bun, anak usia 21 bulan sekarang hamil 8minggu. Pas usia 6 minggu keluar flek coklat terus, akhirnya sm bidan disuruh bedrest dan nyapih. Tp gk ku lakuin krn dedenya gaada yg jaga dan masih ga tega klo disapih. Akhirnya malah keluar flek darah, dari situ bener2 baru disapih. Sekarang udah gak ngeflek2 lg.

Baca lagi
2y ago

Iya betul bun

saya lagi menjalani ini sekarang. kemarin konsul ke dokter nggak apa-apa selama nggak ada kontraksi+pendarahan. kalo ada gejala tersebut lebih baik dihentikan menyusui. syukurnya saya nggak ada keluhan dua-duanya. oiya, ada riwayat keguguran sebelumnya juga lebih baik berhenti menyusui.